Sukses

15 Keistimewaan Al-Qur’an Dibanding Kitab Lainnya, Petunjuk bagi Manusia

Keistimewaan Al-Qur’an adalah bacaan sempurna lagi mulia.

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur’an adalah rahmat bagi seluruh makhluk dan umat manusia yang berisi pedoman hidup. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan, kitab suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Apa keistimewaan Al-Qur’an dibandingkan kitab-kitab lainnya? Al-Qur’an adalah kitab suci yang menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya.

Dalam buku berjudul Mengenal Qira-at al-Qur’an (1993) oleh Sya’ban Muhammad Ismail, Al-Qur’an adalah pedoman yang abadi untuk kemaslahatan umat manusia, merupakan benteng pertahanan syari’at Islam yang utama serta landasan sentral bagi tegaknya aqidah, ibadah, mu’amalah, dan akhlakul karimah.

Keistimewaan Al-Qur’an ada banyak sekali. Para ahli mengatakan bahwa tidak ada satu bacaan pun sejak manusia mengenal baca dan tulis, yakni lima ribu tahun yang lalu, yang dapat menandingi Al-Qur’an, ini keistimewaan Al-Qur’an berupa bacaan sempurna lagi mulia.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang keistimewaan Al-Qur’an dibanding kitab lainnya, Senin (13/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keistimewaan Al-Qur’an Dibanding Kitab Lainnya

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah penyembuh bagi segala penyakit.

Hadis riwayat Anas ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang sakit, maka hendaklah dia membaca Al-Qur'an, karena Al-Qur'an adalah penyembuh baginya." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah membuka pintu rezeki.

Hadis riwayat Uthman bin Affan ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an, maka Allah akan mempermudah baginya rezekinya dan memperberat beban hari kiamat." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah membuat hati tenang dan damai.

Hadis riwayat Uthman bin Affan ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an, maka hatinya akan tenang dan jiwanya akan terhibur." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah memiliki keutamaan yang luar biasa (Surah Al-Hujurat 49: 1)

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah pemelihara bagi orang yang membacanya.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an, maka Al-Qur'an akan menjadi pemelihara baginya." (HR. Bukhari)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah pemelihara bagi orang yang mengamalkannya (Hadis riwayat Muslim)

Hadis riwayat Aisyah ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang mengamalkan apa yang terkandung di dalam Al-Qur'an, maka Al-Qur'an akan menjadi tiang bagi hidupnya." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah penghibur bagi orang yang sedang dalam kesedihan.

Hadis riwayat Abu Darda ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an, maka Al-Qur'an akan menjadi penghibur baginya." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah penolong bagi orang yang meminta pertolongan kepadanya (Surah Al-Anbiya' 21: 83)

“Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya, ‘(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.’”

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Al-Qur’an Dibanding Kitab Lainnya

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah pemberi keselamatan bagi orang yang membacanya dan memahaminya.

Hadis riwayat Abdullah ibn Mas'ud ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Kebaikan itu akan digandakan 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah sumber kebahagiaan karena berisi kabar berita gembira. (Surah Al-Baqarah 2: 201)

"Dan ada di antara kamu sekelompok orang yang mencari kebahagiaanmu (kebahagiaan dunia); dan ada pula di antara kamu sekelompok orang yang mencari kesusahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui hal-hal yang kamu kerjakan."

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah petunjuk hidup bagi manusia (Surah Al-Baqarah 2: 2)

"Ini adalah kitab (Al-Qur'an) yang tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa."

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah cahaya bagi jalan hidup (Surah Al-Maidah 15)

"Katakanlah: "Hai orang-orang Yahudi, jika kamu mengakui kitab (Taurat) dan Injil, dan apa yang diterima wahyu kepadaku dari Tuhanmu, maka carilah petunjuk dengan petunjuk itu, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui (kebenaran).""

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah penebus dosa.

Hadis riwayat Abdullah ibn Mas'ud ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Kebaikan itu akan digandakan 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf." (HR. Tirmidzi)

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kitab lain (Surah Al-Maidah: 48)

"Dan barangsiapa memeluk agama Islam, maka ia telah memeluk suatu agama yang lurus."

- Keistimewaan Al-Qur’an adalah obat bagi hati dan jiwa.

Hadis riwayat Abu Sa'id al-Khudri ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah obat bagi hatimu. Maka teruslah membacanya." (HR. Ahmad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.