Sukses

15 Macam-Macam Surga dan Penghuninya, Simak Dalilnya

Ada total lima belas macam-macam surga dalam Islam yang disebutkan dalam Al-Qur'an dari seratus tingkatan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Macam-macam surga dalam Islam digambarkan berupa taman dengan banyak pohon. Surga dalam Islam adalah tempat keabadian. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan surga adalah alam akhirat yang membahagiakan roh manusia yang hendak tinggal di dalamnya (dalam keabadian).

"Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus." (HR Abu Sa'id Al Khudri)

Ada total lima belas macam-macam surga dalam Islam yang disebutkan dalam Al-Qur'an dari seratus tingkatan yang ada. Penghuni macam-macam surga ini adalah orang-orang saleh, sabar, selalu berbuat baik, bertakwa, beriman, dan selalu memelihara sholatnya. 

Dalam buku berjudul 49 Teladan dalam Al-Quran oleh Ririn Rahayu Astutiningrum, surga dalam Islam adalah digambarkan berupa taman dengan banyak pohon. Gambaran surga seperti taman tersebut adalah tempat yang kekal di akhirat, diperuntukan bagi hamba Allah yang beriman.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang lima belas macam-macam surga, penghuni, dan dalilnya dalam Al-Qur'an, Rabu (8/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Surga dan Penghuninya

Ada tujuh macam-macam surga dalam Islam yang paling umum sebagaimana dijelaskan dalam buku berjudul Misteri Bidadari Surga oleh Joko Syahban. Kementerian Agama Provinsi Banjarnegara menjelaskan penghuni tujuh macam-macam surga ini orang-orang saleh, sabar, selalu berbuat baik, bertakwa, beriman, dan selalu memelihara sholatnya.

Ini penjelasan dari macam-macam surga dan penghuninya yang dimaksudkan:

1. Surga Ma’wa

Surga Ma’wa artinya tempat tinggal. Ma'wa menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat Malaikat Jibril dan lainnya bersemayam. Penghuni surga ma'wa adalah di dalamnya ada burung hijau yang membangunkan syuhada dan jiwa-jiwa syahid yang disemayamkan.

2. Surga Adn

Surga Adn memiliki arti tinggal untuk selamanya. Adn menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat yang di dalamnya ada sungai yang sangat indah. Penghuninya akan mendapatkan gelang-gelang yang terbuat dari mutiara dan emas.

Penghuni surga adn adalah  orang-orang yang beriman karena kesempurnaan iman dan Islamnya. Sekaligus diperuntukkan bagi orang atau umat muslim yang senantiasa bersabar dalam hidupnya.

3. Surga Na’im

Surga Na’im artinya taman kenikmatan. Na'im menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat yang di dalamnya ada semua nikmat. Baik nikmat makanan, minuman, wewangian, pemandangan, tempat tinggal dan nikmat lahir dan batin.

Penghuni surga na'im adalah orang-orang yang beriman dan selalu mengerjakan amal saleh ketika hidup di dunia.

4. Surga Darus Salam

Surga Darus Salam artinya rumah keselamatan. Darus salam menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat yang di dalamnya ada rasa kedamaian karena berada di sisi Allah SWT. Penghuninya akan diberikan apa saja yang mereka inginkan.

Penghuni surga darus salam adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Mereka orang-orang yang selalu merenungkan tanda-tanda kebesaran-Nya dan orang yang selalu mengakui kebesaran Allah SWT.

5. Surga Darul Khuldi

Surga Darul Khuldi artinya rumah keabadian. Darul khuldi menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat yang di dalamnya ada taman dengan pepohonan yang teduh dan berbuah. Para penghuninya ini tidak akan merasa kelelahan.

Penghuni surga darul khuldi adalah orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya

6. Surga Al Maqamul Amin

Surga Al Maqamul Amin artinya aman. Ini menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat yang di dalamnya ada tempat yang aman dari semua keburukan dan bencana. Penghuni surga al maqamul amin adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa.

7. Surga Firdaus

Surga Firdaus artinya tingkatan surga tertinggi. Firdaus menjadi salah satu dari macam-macam surga sebagai tempat yang di dalamnya ada kebun yang dipenuhi pepohonan rimbun. Penghuni surga firdaus adalah orang-orang yang selalu memelihara sholat.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Surga Selanjutnya

Gambaran surga dalam Islam, memiliki luas yang seluas langit dan bumi. Umat manusia yang berada di surga atau jannah akan senantiasa mendapat kecukupan nikmat tanpa kesulitan. Macam-macam surga sebenarnya ada seratus tingkatan.

"Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus." (HR Abu Sa'id Al Khudri)

Selain tujuh macam-macam surga dan penghuninya yang sudah disebutkan, masih ada macam-macam surga lainnya yang perlu diketahui. Ada delapan macam-macam surga lainnya yang namanya disebutkan dalam Al-Qur'an.

Ini macam-macam surga dan dalilnya yang dimaksudkan:

8. Surga Darul Qarar

Surga Darul Qarar artinya tempat yang kekal. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Ghafir ayat 39: 

يَا قَوْمِ إِنَّمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَإِنَّ الْآخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ 

"Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal."

9. Surga Darul Muttaqin

Surga Darul Muttaqin adalah surga sebagai hadiah bagi orang-orang yang bertakwa pada Allah SWT dengan menjauhkan dirinya dari perbuatan antara lain syirik dan munafik. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat an-Nahl ayat 30: 

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ الْآخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ الْمُتَّقِينَ 

"Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa."

10. Surga Al-Husna

Surga Al-Husna adalah surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa semasa hidupnya di dunia. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Yunus ayat 26:

 لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya."

11. Surga Darul Muqomah

Surga Darul Muqomah adalah tempat yang kekal dan abadi. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Fatir ayat 35:

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

"Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu."

12. Surga Al-Maqoom Al-Amin

Surga Al-Maqoom Al-Amin adalah tempat yang aman sehingga setiap orang yang ada di dalamnya terhindar dari kemalangan dan segala macam marabahaya. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat ad-Dukhan ayat 51: 

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman."

13. Surga Maq'adi Sidqi

Surga Maq'adi Sidqi adalah tempat yang sangat disenangi Allah. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat al-Qomar ayat 55:

فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ 

"Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa."

14. Surga Darul Hayawan

Surga Darul Hayawan adalah tempat tinggal kehidupan yang kekal di mana tidak ada kematian lagi yang akan dialami oleh penghuninya. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat al-Ankabut ayat 64:

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

"Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui."

15. Surga Al-Ghurfah

Surga Al-Ghurfah adalah tempat hunian tertinggi di surga dan penghuninya orang-orang yang memiliki banyak pahala sabarnya. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat al-Furqan ayat 75: 

أُولَٰئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا

"Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.