Sukses

10 Cara Memilih Buah Durian yang Dagingnya Tebal dan Bagus, Terasa dari Beratnya

Cara memilih buah durian yang dagingnya tebal tidak bisa asal-asalan.

Liputan6.com, Jakarta - Buah durian yang dagingnya tebal, lebih nikmat dan bikin ketagihan. Cara memilih buah durian yang dagingnya tebal wajib diketahui para pecinta King of Fruit ini. Memilih durian yang dagingnya tebal dan bagus tidak bisa asal-asalan.

Ini karena tidak semua buah memiliki kualitas sama meskipun dipanen dari pohon yang sama dan dalam waktu bersamaan.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia dilansir dari situs website resminya pada, Selasa (7/2/2023) mengungkap buah durian yang berat belum tentu isinya tebal dan banyak. Lalu bagaimana cara memilih buah durian yang dagingnya tebal dan pasti bagus?

Cara memilih buah durian yang dagingnya tebal, bagus, dan manis totalnya ada sepuluh. Mulai dari memperhatikan bentuk, berat, tangkai, duri, bau, bunyi, tampilan kulit, dan masih banyak lagi. Jangan sampai salah pilih, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara memilih durian yang dagingnya tebal, bagus, dan manis, Selasa (7/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Buah Durian yang Dagingnya Tebal

Buah durian yang dagingnya tebal, lebih nikmat dan bikin ketagihan. Begini cara memilih buah durian yang dagingnya pasti tebal yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Bulat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengungkap buah durian yang berat belum tentu isinya tebal dan banyak. Cara memilih buah durian yang dagingnya tebal adalah pilih yang bentuknya bulat. Pencinta durian yang memilih durian berbentuk bulat akan mendapatkan durian matang berdaging kuning dengan isi lebih banyak.

2. Tidak Berat

Cara memilih durian yang dagingnya tebal, jangan memilih yang berat, tetapi yang diangkat terasa lebih ringan. Mengapa demikian? Dijelaskan, buah durian yang berat berarti bijinya besar dan daging buahnya tipis. Semantara buah durian yang ringan, ini ciri-ciri buah durian matang dengan daging tebal dan bijinya kecil.

3. Tangkai Tebal dan Pendek

Buah durian yang dagingnya tebal pun bisa diamati dari tangkainya. Cara memilih buah durian yang dagingnya tebal adalah memiliki tangkai yang tebal dan pendek. Perhatikan, jika tangkai durian lebih ramping dan panjang, ini pertanda daging durian lebih sedikit dan tidak terlalu tebal.

Pada dasarnya, tangkai buah durian memiliki fungsi menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Bila tangkai besar dan pendek, tandanya asupan karbohidrat dalam daging buah sangat banyak.

Bagaimana lagi cara memilih durian yang dagingnya tebal?

4. Duri Tidak Lancip

Cara memilih buah durian yang dagingnya tebal dan manis adalah tampak dari durinya yang tidak lancip dan tangkainya pendek, penjelasan ini diungkap melalui situs website resmi Wiradesa.

Pembibit Tanaman Buah di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Mulyono Harsosuwito pada 22 Desember 2022 menuturkan bahwa jika ingin durian yang rasanya manis, maka pilih yang durinya tidak lancip atau jaraknya lebar.

 

3 dari 3 halaman

Cara Memilih Buah Durian yang Bagus Selanjutnya

Buah durian yang bagus dan matang masih ada banyak sekali kriterianya. Begini cara memilih buah durian yang bagus lainnya Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Duri Pendek

Duri dari kulit durian memang terkesan seperti pajangan atau hiasan saja. Cara memilih buah durian yang bagus bisa dilihat dari bentuk duri kulit yang dimiliki oleh durian. Buah durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, dipercaya lebih manis dibandingkan duri panjang dan berdempet atau terlalu banyak.

2. Baunya Menyengat

Ciri khas buah durian adalah memiliki aroma menyengat yang bagi sebagian orang sedap dan sebagian lagi mengganggu. Cara memilih buah durian yang bagus sangat bisa mengandalkan aroma durian. Aroma buah durian yang harum menandakan ada daging yang kuning dan manis.

Cukup angkat durian, lalu dekatkan ke hidung, maka aroma harum bisa tercium tanpa harus menyayatnya. Jangan ragu untuk membelinya!

3. Berbunyi "Bluk Bluk"

Cara memilih buah durian yang bagus bisa dengan mengetuknya. Jika takut dengan durinya, bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu cermati bunyi yang timbul. Jika durian sudah matang, maka bunyinya akan terdengar sedikit berat dan terendam seperti "bluk-bluk". Jika suaranya terdengar seperti rongga, tandanya buah durian sudah tidak lagi segar.

4. Permukaan Kulit

Jika diamati lebih teliti, buah durian memiliki juring atau kamar yang terisi dengan biji dan daging buah. Untuk melihat jumlah juring dari durian, lihatlah dari permukaan kulit yang seolah membentuk garis dari atas sampai bagian bawah buah.

Cara memilih buah durian yang baik, idealnya memiliki jumlah juring sebanyak lima. Durian dengan jumlah juring lima kebanyakan berbuah manis dan berdaging tebal. Pastikan benar, minta bantuan kepada pedagang jika perlu.

5. Menikmati di Musim Kemarau

Memperhatikan musim termasuk salah satu cara memilih buah durian yang bagus. Saat musim hujan, biasanya daging buah durian memiliki rasa tidak terlalu manis. Lebih direkomendasikan untuk menikmati buah durian di musim panas atau kemarau, karena terasa lebih manis.

6. Menggoncangnya

Coba goncangkan dengan perlahan-lahan dan lakukan lagi dengan sedikit lebih keras untuk cara memilih buah durian yang bagus. Jika sudah merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah sudah kering dan matang. Isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam.

Untuk isi yang lembap atau terlalu lunak akan melekat. Selain menggoncang, cara memilih durian yang bagus bisa dengan memperhatikan tampilan kulitnya. Pastikan kulit luar buah durian tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya seperti busuk atau lubang ulat, hindari.

Kondisi kulit buah durian yang demikian memiliki kemungkinan isi di dalamnya sudah busuk dan tidak dapat dinikmati. Perhatikan baik-baik, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.