Sukses

23 Cara Membuat Bibir Merah Alami dengan Cepat, Hindari Rokok dan Alkohol

Cara membuat bibir merah alami dengan cepat, bisa menggunakan madu dan juga minyak esensial.

Liputan6.com, Jakarta Bibir merah alami dapat dicapai dengan menjaga kesehatan bibir, dan memperhatikan beberapa faktor seperti asupan air yang cukup, meminimalisir paparan sinar matahari, dan menjaga kulit bibir tetap lembab. Cara membuat bibir merah alami bisa menggunakan bahan-bahan seperti madu, lemon, strawberry, dan cinnamon. 

Cara membuat bibir merah alami juga bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan E, zink, dan asam folat. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dan membuat bibir terlihat lebih merah, sedangkan zink dan asam folat dapat membantu menjaga kesehatan bibir dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga bibir tetap lembap dengan menggunakan pelembap bibir, terutama pada musim dingin atau saat bibir menjadi kering. Cara membuat bibir merah alami bisa menggunakan produk pelembab bibir yang dibuat sendiri dengan mencampurkan minyak kelapa atau minyak almond dengan sedikit madu.

Tetap ingat bahwa setiap orang memiliki warna bibir yang berbeda-beda, dan tidak semua orang memiliki bibir yang merah alami. Beberapa faktor seperti genetika, usia, dan kondisi kesehatan dapat memengaruhi warna bibir. Berikut ini cara membuat bibir merah alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bibir Merah Alami

1. Air Mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit bibir, karena memiliki kandungan antioksidan yang juga mencegah bibir berubah menjadi gelap. Cara membuat bibir merah alami menggunakan air mawar yaitu dengan mengoleskannya setiap hari secara rutin.

2. Daun Mint

Daun mint mengandung vitamin dan mineral yang dapat memerahkan bibir secara alami. Cara mengaplikasikan daun mint pada bibir, yaitu dengan menghaluskan dua lembar daun mint dan oleskan pada bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

3. Mentimun

Cara membuat bibir merah alami adalah dengan sepotong mentimun segar, dan potong bagian yang datar. Gosokkan bagian mentimun yang datar pada bibir Anda selama beberapa menit, lalu diamkan selama beberapa saat sebelum menghapusnya. Mentimun memiliki sifat membuat bibir merah dan melembabkan, sehingga bibir akan terlihat merah dan lebih lembab.

4. Bubuk cabai

Campurkan sedikit air ke dalam bubuk cabai hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta cabai pada bibir. Diamkan selama 5-10 menit sebelum menghapusnya. Bubuk cabai memiliki sifat yang dapat membuat bibir merah alami, dan juga memiliki efek pemoles yang baik untuk kulit bibir.

5. Lemon

Cara membuat bibir merah alami bisa menggunakan lemon, di mana Anda bisa ambil sejumput jus lemon lalu oleskan pada bibir Anda, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum tidur. Lemon memiliki sifat alami, yang dapat membuat bibir merah dan juga membantu melembabkan bibir.

6. Teh

Cara membuat bibir merah alami selain lemon, juga bisa menggunakan teh. Anda tinggal ambil sejumput air teh, dan oleskan pada bibir Anda, lalu diamkan selama beberapa saat. Meminum teh juga dapat membuat bibir merah alami, karena teh memiliki sifat menghambat produksi melanin.

7. Minyak esensial

Campurkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint atau raspberry ke dalam balsem bibir, lalu oleskan pada bibir seperti biasa. Minyak esensial memiliki sifat membuat bibir merah alami dan membantu melembabkan bibir.

8. Minyak almond

Kandungan emollient dalam minyak almond, dapat kamu gunakan sebagai cara membuat bibir merah alami. Minyak yang terkandung dalam almond dapat menghaluskan kulit bibir yang kusam, dan memerahkan bibir dengan alami. Oleskan minyak almond pada bibir dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa membantu mencerahakan bibir, dan membuatnya tampak merah merona. Minyak kelapa juga memiliki efek antimikroba, untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi. Cara membuat bibir merah alami dengan minyak kelapa cukup mengoleskannya ke bibir secara rutin.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bibir Merah Alami

10. Madu

Cara membuat bibir merah alami bisa menggunakan madu, di mana Anda bisa mengambil sedikit madu dan oleskan pada bibir, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum menghapusnya. Madu memiliki sifat melembabkan dan membuat bibir merah.

11. Kayu Manis

Cara membuat bibir merah alami bisa menggunakan kayu manis, yang juga bertindak sebagai exfoliator alami dan membantu cara membuat bibir merah alami. Campur masing-masing setengah sendok makan bubuk kayu manis, madu, dan minyak zaitun lalu aplikasikan pada bibir dan gosok lembut untuk mengangkat sel kulit mati. 

12. Menjaga kesehatan bibir

Cara membuat bibir merah alami adalah menjaga kesehatan bibir Anda. Bibir yang sehat, akan terlihat lebih merah dan segar. Pastikan untuk menjaga kelembaban bibir dengan menggunakan balsam bibir yang mengandung bahan-bahan alami seperti beeswax, minyak kelapa, atau minyak almond.

13. Hindari menggosok bibir

Gosokan bibir dapat menyebabkan kulit bibir pecah dan membuat bibir terlihat kasar. Gunakan saja balsam bibir atau oleskan bahan alami seperti minyak kelapa untuk melembabkan bibir.

14. Minum cukup air

Cara membuat bibir merah alami adalah minum cukup air setiap hari, di mana langkah ini dapat membantu Anda membuat kulit bibir lebih sehat dan membuat bibir terlihat lebih merah.

15. Cokelat

Cara membuat bibir merah alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cokelat. Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Ini bisa meningkatkan hidrasi dan ketebalan jaringan kulit di bibir. Anda bisa mencampur satu sendok makan bubuk cokelat, dua sendok makan gula, 3/4 sendok teh madu, dan dua sendok teh minyak zaitun. Aplikasikan pada bibir dan gosok dengan gerakan memutar secara lembut, lalu bilas dengan air hangat. 

16. Menghindari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit bibir kering dan menjadi pecah-pecah. Pastikan untuk menggunakan lip balm yang mengandung SPF saat beraktivitas di luar ruangan.

17. Menghindari rokok dan alkohol

Cara membuat bibir merah alami adalah menghindari rokok dan juga alkohol. Kedua hal ini dapat menyebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah, sehingga bibir terlihat kurang merah dan segar. Dengan menghindarinya, maka kulit bibir akan terlihat lebih sehat dan merah, sehingga membuat bibir terlihat lebih merah alami.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Bibir Merah Alami

 18. Strawberry

Strawberry bisa digunakan sebagai cara membuat bibir merah alami, karena kandungan vitamin C-nya. Cara membuat bibir merah dengan stroberi adalah pertama-tama belah buah stroberi jadi dua bagian, oles-oleskan pada bibir. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

19. Susu

Susu mengandung asam laktat yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit termasuk mencerahkan bibir. Kamu dapat mengoleskan susu murni pada permukaan bibir sebagai cara membuat bibir merah alami, juga melembabkan dan mengangkat sel kulit mati pada bibir.

20. Kapur

Campurkan sedikit kapur dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada bibir. Kapur memiliki sifat melembabkan dan membantu membuat bibir lebih merah. Karena kapur memiliki warna merah muda, olesan kapur pada bibir dapat membuat bibir terlihat lebih merah.

21. Daun rosella

Campurkan beberapa helai daun rosella dengan sedikit air, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada bibir dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Daun rosella memiliki warna yang mencolok dan memiliki sifat melembabkan, sehingga dapat membuat bibir menjadi lebih merah dan sekaligus lebih lembab.

22. Kurma

Cara membuat bibir merah alami, cukup oleskan kurma yang sudah dikupas pada bibir lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air. Kurma memiliki sifat melembabkan dan dapat membuat bibir terlihat lebih merah dan segar.

23. Alpukat

Cukup oleskan bagian dalam buah alpukat pada bibir, lalu diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Alpukat memiliki sifat melembabkan dan membantu membuat bibir terlihat lebih merah dan lembab. Pastikan untuk mencoba bahan yang paling sesuai dengan kondisi kulit bibir Anda, dan hindari menggunakan bahan yang menyebabkan iritasi atau alergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.