Sukses

Cara Membuat Power Bank Rakitan Sendiri, Mudah dan Murah

Liputan6.com, Jakarta Perangkat mobile menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dihindari di zaman yang serba online seperti sekarang. Power bank menjadi salah satu alat pendukung untuk menyuplai energi yang dibutuhkan perangkat mobile agar dapat berfungsi dengan baik. Sayangnya, power bank adalah perangkat elektronik yang tergolong mahal, oleh sebab itu banyak yang mencari tahu cara membuat power bank rakitan sendiri yang lebih murah.

Cara membuat power bank rakitan menjadi alternatif perangkat penyimpan energi yang mudah dan mudah dibuat. Power bank rakitan dapat digunakan untuk mengisi energi telepon seluler, kamera, tablet, atau kamera digital saat sedang bepergian. Sama seperti power bank yang dibeli di toko, power bank rakitan jug dapat diisi ulang dayanya.

Keberadaan power bank akan sangat membantu orang-orang yang memiliki intensitas penggunaan perangkat mobile yang tinggi. Dengan cara membuat power bank rakitan, seseorang dapat mengisi daya baterai di mana saja dan kapan saja. Berikut cara membuat power bank rakitan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Power Bank: Alat dan Bahan

Tahap cara membuat power bank rakitan yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan baru yang berkualitas agar power bank dapat bekerja dengan baik. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat power bank rakitan.

Alat: 

- Solder

- Timah

- Gunting

- Amplas halus

- Lem tembak

- Penjepit kabel

- Multimeter (opsional)

Bahan:

- Baterai Li-ion 18650

- PCB (printed circuit board)

- Port charger

- Port USB female

- Kabel USB

- Kotak untuk memasukkan baterai

- Saklar on/off

Jumlah bahan yang dibutuhkan dapat berbeda tergantung dari kapasitas power bank yang ingin dibuat. Jumlah baterai yang dibutuhkan misalnya, akan tergantung pada kapasitas yang ingin dicapai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Power Bank

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat power bank rakitan

1. Langkah pertama adalah menghubungkan baterai Li-ion 18650 dengan PCB. Ini dapat dilakukan dengan menjepit kedua ujung kabel pada masing-masing baterai dan memasukkannya ke lubang PCB yang sesuai. Jangan lupa untuk mengecek apakah sambungan kuat dan aman.

2. Setelah baterai terhubung dengan PCB, pasang kabel USB dengan solder. Kabel ini harus terhubung dengan baik pada PCB dan baterai, sehingga power bank dapat terhubung ke perangkat lain seperti ponsel, tablet, atau laptop.

3. Setelah semua komponen terpasang dengan baik, letakkan baterai, PCB, dan kabel USB ke dalam kotak. Pastikan semua bagian terlindung dari benturan dan air.

4. Tambahkan saklar on/off untuk memastikan baterai tidak terisi saat tidak digunakan. Ini akan membantu menjaga umur pakai baterai.

5. Sebelum menggunakan power bank, pastikan bahwa ia bekerja dengan baik. Coba terhubung dengan perangkat lain dan pastikan baterai dapat mengisi perangkat tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Power Bank: Hal yang Harus Diperhatikan

Cara membuat power bank rakitan membutuhkan perhatian dan ketelitian. Jika tidak memiliki pengalaman dalam bekerja dengan baterai dan aliran listrik, disarankan untuk meminta bantuan dari profesional atau mengikuti tutorial yang tersedia secara online. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan power bank:

1. Keselamatan: Bekerja dengan baterai dan aliran listrik memiliki risiko, sehingga sangat penting untuk melakukan dengan bijak dan mematuhi tata cara yang aman. Jangan memodifikasi atau membuka baterai, dan pastikan untuk menyimpan baterai dan power bank dalam lokasi yang aman dan kering.

2. Kualitas bahan: Pastikan bahwa bahan yang digunakan berkualitas baik dan sesuai dengan spesifikasi. Baterai harus memiliki kapasitas dan voltage yang sesuai, dan PCB harus memiliki ukuran yang sesuai dengan baterai.

3. Koneksi: Pastikan semua komponen terhubung dengan baik, dan sambungan harus kuat dan aman. Periksa koneksi dengan multimeter jika perlu.

4. Desain: Desain kotak harus memastikan bahwa semua komponen terlindung dari benturan dan air. Juga pastikan bahwa kabel USB dapat terhubung dengan baik ke perangkat lain.

5. Uji coba: Sebelum menggunakan power bank, pastikan bahwa ia bekerja dengan baik. Coba terhubung dengan perangkat lain dan pastikan baterai dapat mengisi perangkat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.