Sukses

Cara Membuat Power Bank Kapasitas Besar, Lebih Murah dan Sederhana

Cara membuat power bank kapasitas besar sebenarnya tidak begitu sulit.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat power bank kapasitas besar tentunya diminati oleh semua pengguna smartphone. Smartphone yang hadir dengan berbagai fitur lengkap dan membuat kamu melakukan banyak pekerjaan sekarang sudah menjadi kebutuhan utama.

Penggunaan smartphone dengan intensitas yang cukup sering ini tentunya membuat baterainya cepat habis. Untuk itu, sekarang ini telah ada power bank sebagai alat pengisian daya baterai yang praktis. Dengan baterai smartphone memiliki kapasitas semakin besar, tentunya kamu membutuhkan power bank dengan kapasitas yang lebih besar pula. 

Cara membuat power bank kapasitas besar sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu tinggal menyiapkan beberapa bahan dan mengikuti beberapa langkah yang harus dikerjakan dengan konsentrasi. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan power bank rakitanmu sendiri.

Ada beberapa cara membuat power bank kapasitas besar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti beberapa langkah-langkah dan menyiapkan bahannya, tidak hanya mendapatkan power bank dengan kapasitas yang mumpuni, kamu juga dapat menghemat biaya membeli power bank.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/3/2020) tentang cara membuat power bank kapasitas besar cocok untuk smartphone mu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara membuat power bank kapasitas besar yang pertama adalah tanpa menggunakan module. Kamu juga bisa mengikuti cara membuat power bank kapasitas besar dengan menggunakan module.

Membuat power bank sendiri tentunya lebih aman dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Apalagi, kamu juga bisa memilih berbagai bahan yang berkualitas supaya power bank rakitanmu bisa tahan lama dan cepat mengisi daya baterai.

Sebelum mengikuti cara membuat power bank kapasitas besar tanpa module, kamu harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 4 buah baterai nimh/nicd, lebih bagus menggunakan nimh (kapasitas sesuai kebutuhan, makin besar makin bagus) usahakan beli baru.

- Pcb bekas ukuran 2cmx4cm.

- Port charger nokia lama(contohnya port charger nokia 3230/bisa tanya di tukang service hp).

- Port USB female.

- Kabel merah dan hitam.

Alat-alat yang dibutuhkan:

- Solder

- Timah

- Gunting

- Amplas halus

- Lem tembak

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Power Bank Kapasitas Besar

Berikut langkah-langkah cara membuat power bank kapasitas besar yang bisa kamu ikuti:

- Bersihkan permukaan kutub kutub baterai menggunakan amplas.

- Keempat baterai dihubungkan secara seri sehingga akan didapat tegangan sekitar 4.8- 5.2volt, lalu solder kabel merah pada kutub positif dan kabel hitam pada kutub negative. Kemudian susun sedemikian rupa sehingga membentuk persegi.

-Solder USB pada pcb

- Kabel tadi dihubungkan ke port charger nokia dan USB female, sebelum itu ketahui dulu jalur positif dan negatif nya, untuk port charger nokia dapat dihubungkan dengan charger dan cek menggunakan multimeter, untuk USB (dilihat dari belakang) paling kiri adalah negative dan paling kanan adalah positive, setelah dihubungkan susun dengan rapi.

- Letakkan port charger nokia di celah keempat baterai tadi dan pcb dapat diapit diantara empat baterai.

- Gunakan glue gun untuk merekatkan port dengan baterai dan juga pcb.

- Bila perlu dilapisi dengan stiker agar kelihatan rapi.

Untuk baterai baru bisa langsung digunakan, namun ada baiknya untuk dicharge terlebih dahulu (untuk metode pengechargean bisa baca artikel dibawah).

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Power Bank Kapasitas Besar dengan Module

Kamu juga bisa mengikuti cara membuat power bank kapasitas besar menggunakan module. Dalam penerapannya, kamu perlu memerhatikan beberapa hal yang penting untuk membuat power bank mu bisa berfungsi dengan baik.

Berikut salah satu cara membuat power bank kapasitas besar yang bisa kamu ikuti:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- Cell baterai senter Police (V= 3.7 Volt)

- Module Charger Micro USB + Protector Battery 18650 3.7 Volt

- Module Kits Battery 16850 3.7 Volt to 5 volt USB Charger (Step up 3.7 V to 5 V)

- Kabel 

- Casing tempat rangkaian, sesuai keinginan

Perhatikan hal-hal berikut sebagai Cara Membuat Power Bank Kapasitas Besar: 

- Pada proses perangkaian, jangan sampai terbalik posisi polaritas (+) maupun (-).

- Agar kapasitas powerbank bertambah, kreasikan untuk merangkaikan baterai secara paralel.

- Kabel warna merah ialah (+) dan kabel warna hitam/biru ialah (-).

- Jika ingin menambah kapasitas baterai, maka rangkaian baterai paralelnya ditambah juga.

Contoh perhitungan sederhana seperti ini, jika kapasitas 1 baterai ialah 1200 mAh, maka untuk mendapatkan kapasitas powerbank 3600 mAh dibutuhkan 3 buah baterai. Sedangkan jika diharapkan kapasitas powerbank 13200 mAh, maka dibutuhkan 6 baterai dengan kapasitas masing-masing 2200 mAh.

Itulah proses merangkai yang perlu kamu perhatikan untuk membuat power bank kapasitas besar. Memiliki teman yang lebih mengerti tentang pembuatan power bank ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam menerapkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini