Sukses

Kisah Siswa SMP Jadi Buruh Batu Bata Demi Bayar Study Tour, Bikin Guru Terenyuh

Liputan6.com, Jakarta Sekolah tidak hanya melulu tentang belajar mengajar di dalam kelas. Misalnya, pada saat duduk di bangku SMP, para murid akan merasakan liburan bersama alias study tour, paling tidak sekali dalam 3 tahun masa sekolah. Study tour biasanya diadakan untuk diikuti oleh siswa kelas 8 menjelang kelas 9.

Bagi sebagian besar siswa, study tour menjadi momen paling menyenangkan semasa sekolah. Namun, study tour tidak serta merta karena wajib diikuti. Pasalnya, siswa juga harus membayar biaya kunjungan tersebut. Bagi siswa yang orangtuanya mampu, pasti akan mudah untuk mengikutinya. Namun, tidak semua seperti itu.

Seperti yang dirasakan oleh seorang siswa kelas 9 dari sebuah SMP di Lampung. Kisahnya yang bikin guru sampai terenyuh itu kemudian viral. Video tersebut diunggah di laman TikTok @perilalaaa. Dalam video yang berdurasi 20 detik tersebut menampilkan seorang siswa laki-laki yang mengeluarkan uangnya untuk biaya study tour.

Pemilik akun yang merupakan seorang guru tersebut menerangkan bahwa siswa laki-laki itu merasa kesulitan membayar biaya study tour. Hingga akhirnya, ia harus bekerja menjadi buruh batu bata demi bisa ikut study tour bersama teman-teman lainnya. Simak ulasan ceritanya yang dihimpun Liputan6.com dari laman TikTok @perilalaaa, Rabu (25/1/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jadi buruh batu bata untuk biaya study tour

Dalam video, sang guru memceritakan perjuangan salah satu muridnya yang rela bekerja untuk mendapatkan uang guna membayar study tour. Ia menjelaskan kalau suasana di dalam ruang guru tersebut tiba-tiba berubah haru setelah siswa SMP yang tidak diberi tahu namanya itu mengeluarkan uang hasil kerja kerasnya.

Saking inginnya ikut study tour, siswa laki-laki itu sampai harus nyicil dengan uang receh puluhan ribu. Tidak ada biaya tidak membuatnya menyerah. Ia rela bekerja menjadi buruh batu bata agar bisa mengumpulkan uang untuk biaya. Dalam keterangan video, sang guru juga menyemangati anak muridnya itu.

"Ya Allah di ruang guru tadi nangis dan terharu dengar siswa ini cerita saking penginnya ikut study tour, dengan biaya yang nggak ada, dia nyicil dan uangnya receh-recehan puluhan ribu," tulis pemilik akun dalam video unggahan.

Setelah ditanya oleh guru, ternyata anak laki-laki tersebut kerja buruh bikin batu bata. Uang hasil bekerja, ia kumpulkan sedikit demi sedikit untuk bayar study tour. Sikapnya tersebut juga membuat sang guru berpikir bahwa kelak saat dia dewasa, ia akan menjadi seorang kepala rumah tangga yang bertanggung jawab.

"Besok kalo udah jadi suami jadi bapak pasti tanggung jawab nih huhu, semangat ya nak," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video yang sudah ditonton oleh 3,1 juta pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang merasa iba dengan siswa SMP tersebut. Tak sedikit pula yang ternyata punya nasib yang sama, tidak bisa ikut study tour. Viralnya video tersebut juga membuka hati para dermawan untuk ikut membantu.

"Dulu di kelas aku ada yang ngga bisa ikut study tour karena biaya. tapi temen sekelas plus walikelas iuran buat bayarin dia bayar study tour akhirnya ikut," tulis akun @jodohmu791.

"Aku dulu ngga ikut study tour, sekarang jadi guru nemenin tour juga," tulis akun @bulir_padi.

"Study tournya kapan kak? Aku mau tambahin uang jajannya sedikit," tulis akun @xxxhhc15.

"Proses hidupnya ini pembelajaran berharga utk kesuksesannya kelak," tulis akun @rinabelcya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS