Sukses

12 Cara Mengolah Lidah Buaya yang Wajib Disimak, Ketahui Ragam Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya (Aloe vera) adalah tanaman sukulent yang berasal dari wilayah Afrika dan Arabia. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau, serta mengandung gel yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara mengolah lidah buaya cukup beragam, dan bisa digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, rambut, dan kesehatan, termasuk jus, krim, sabun, serta obat-obatan tradisional.

Cara mengolah lidah buaya juga digunakan dalam industri farmasi dan pangan. Hal ini karena manfaat lidah buaya dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi atau menggunakan produk dari lidah buaya jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Lidah buaya juga dipercaya memiliki sifat yang dapat memperkuat sistem imun, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu dalam proses penyembuhan luka dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bekas jerawat. Berikut ini cara mengolah lidah buaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengolah Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa cara mengolah lidah buaya:

1. Membuat jus lidah buaya

Cara mengolah lidah buaya yang pertama bisa Anda lakukan adalah, potong daun lidah buaya yang masih segar dan cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian, blender daun tersebut hingga halus. Saring jus yang dihasilkan dengan kain atau saringan supaya tidak ada serat-serat daun yang ikut masuk. Jus yang dihasilkan bisa langsung di minum atau disimpan dalam wadah tertutup di kulkas selama maksimal 3 hari. Pastikan juga untuk mengonsumsi jus lidah buaya dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan anjuran dokter jika anda memiliki kondisi medis tertentu.

2. Membuat masker lidah buaya

Cara mengolah lidah buaya menjadi masker adalah, cukup campurkan satu sendok makan jus lidah buaya dengan satu sendok makan tepung jagung, atau tepung beras hingga tercampur rata. Aplikasikan masker ini pada wajah yang bersih, dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Masker ini dapat digunakan 1-2 kali seminggu. Namun sebaiknya untuk mencobanya dahulu pada kulit sensitif dan pastikan tidak ada reaksi alergi sebelum digunakan secara rutin.

3. Membuat sabun lidah buaya

Campurkan dua sendok makan jus lidah buaya dengan satu cangkir sabun cair. Aduk hingga tercampur rata dan tuangkan ke dalam cetakan sabun. Diamkan hingga keras dan kemudian ambil sabun yang dihasilkan. Sabun ini dapat digunakan untuk mandi atau cuci tangan dan bisa digunakan sebagai sabun wajah. Namun sebaiknya untuk mencobanya dahulu pada kulit sensitif dan pastikan tidak ada reaksi alergi sebelum digunakan secara rutin.

4. Mengolah lidah buaya untuk rambut

Campurkan dua sendok makan jus lidah buaya dengan satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Aduk hingga tercampur rata dan oleskan pada rambut yang bersih, lalu dibungkus dengan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan shampoo. Namun sebaiknya untuk mencobanya dahulu pada rambut sensitif, pastikan tidak ada reaksi alergi sebelum digunakan secara rutin.

3 dari 5 halaman

Cara Mengolah Lidah Buaya

5. Mengolah lidah buaya untuk kesehatan

Cara mengolah lidah buaya untuk kesehatan cukup mudah dilakukan, karena lidah buaya dapat diolah menjadi teh atau ditambahkan dalam jus-jus segar untuk memperkuat sistem imunitas. Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang besar atau jika memiliki kondisi medis tertentu. Lidah buaya juga bisa diolah menjadi obat tradisional yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, demam, dan masalah pencernaan.

6. Membuat gel lidah buaya

Potong daun lidah buaya yang masih segar dan cuci bersih. Kemudian, blender daun tersebut hingga halus. Tambahkan sedikit garam atau asam jawa untuk mempercepat proses pengembangan gel. Kemudian saring dan simpan dalam wadah tertutup di kulkas. Gel ini dapat digunakan untuk meredakan sakit otot, sakit sendi, dan untuk luka.

7. Membuat minuman lidah buaya

Cara mengolah lidah buaya sangat beragam, Anda tinggal campurkan dua sendok makan jus lidah buaya dengan satu cangkir air putih atau air lemon. Tambahkan sedikit gula atau madu sesuai selera. Aduk hingga tercampur rata dan minum segera. Minuman ini dapat digunakan untuk memperkuat sistem imunitas dan membantu dalam proses detoksifikasi.

4 dari 5 halaman

Cara Mengolah Lidah Buaya

8. Mengolah lidah buaya untuk kecantikan

Lidah buaya dapat digunakan untuk membuat masker rambut, krim wajah, serta obat luar lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan kulit seperti krim malam, sabun, dan toner. Masker rambut dari lidah buaya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, dan mengurangi rambut rontok.

9. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan unggu seperti krim malam, krim siang, dan lotion. Lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit. Produk perawatan ini dapat digunakan setelah mandi atau saat kulit kering.

10. Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan lainnya seperti sabun cuci tangan, sabun mandi, serta produk perawatan rambut dan kulit lainnya. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bekas jerawat, mengurangi kerutan dan menjaga kulit tetap lembap.

11. Dalam produk perawatan rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan rambut seperti sampo, conditioner, dan masker rambut.

12. Lidah buaya juga dapat digunakan dalam industri farmasi sebagai bahan dasar dalam produk obat-obatan. Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli farmasi sebelum mengonsumsi produk obat yang mengandung lidah buaya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Setelah Anda mengetahui cara mengolah lidah buaya, maka berikut ini adalah beberapa manfaat yang lebih rinci dari lidah buaya:

- Menurunkan tekanan darah, karena lidah buaya mengandung senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

- Menurunkan kadar gula darah, di mana lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

- Menurunkan kolesterol, dikarenakan lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

- Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit dan peradangan.

- Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan kulit seperti krim malam, sabun, dan toner. Lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit.

- Menjaga kesehatan rambut, di mana lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan rambut seperti sampo, conditioner, dan masker rambut. Lidah buaya dapat membantu menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, dan mengurangi rambut rontok.

- Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi masalah mulut seperti sariawan dan infeksi gusi. Lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan gangguan lambung.

- Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Namun perlu diingat sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi atau menggunakan produk dari lidah buaya jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS