Sukses

Arti Typo Adalah Salah Ketik, Kenali Jenis dan Cara Menghindarinya

Arti typo adalah salah ketik, berikut pengertian lengkapnya serta jenis-jenis typo dan cara menghindarinya.

Liputan6.com, Jakarta Arti typo adalah salah ketik, yang berarti terdapat kesalahan dalam ejaan yang disebabkan oleh kesalahan pengetikan. Typo adalah kesalahan pengetikan yang menjengkelkan yang kita semua lakukan dari waktu ke waktu. Typo sangat menjengkelkan karena membuat kita terlihat tidak profesional dan membuat tulisan kita terlihat meragukan. 

Arti typo sendiri adalah singkatan dari typographical error. Secara teknis, arti typo mencakup kesalahan yang disebabkan oleh kerusakan mekanis atau tangan atau jari yang terpeleset. Namun, tidak mengandung kesalahan yang disebabkan oleh ketidaktahuan, seperti kesalahan ejaan atau pengubahan dan penyalahgunaan kata.

Penyebab kesalahan yang paling umum adalah ketika anda mengetik terlalu cepat untuk mengikuti pikiran anda yang tidak kalah cepat. Meskipun hampir tidak mungkin untuk menjadi sempurna 100 persen sepanjang waktu, anda dapat menghindari kesalahan ketik yang memalukan jika anda mengikuti tip dibawah ini.

Lantas bagaimana cara menghindari munculnya typo dalam tulisan? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (23/1/2023). Pengertian typo, jenis-jenis typo dan cara menghindarinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Typo Adalah

Arti Typo Adalah

Arti typo adalah salah eja yang disebabkan oleh kesalahan pengetikan. Jika pengguna mengetik terlalu cepat, mereka mungkin lupa mengetik karakter, menggunakan huruf yang salah untuk mengeja kata, atau mengetik dua huruf dengan urutan yang salah. Kesalahan ketik menyebabkan kebingungan dalam pesan teks dan obrolan online. 

Kata typo adalah istilah umum yang sering terdengar dalam penulisan dan penelitian, terutama di ruang kelas dan di dunia kerja. Typo adalah singkatan dari typographical error. Typo adalah cara sederhana untuk mengatakan ada kesalahan ketika sesuatu diketik atau dicetak secara tertulis. 

Typo paling sering terjadi saat pekerjaan dilakukan menggunakan komputer atau mesin tik. Kesalahan ketik juga disebut sebagai kesalahan atau salah cetak. Typo terjadi ketika manusia mengetik terlalu cepat atau terburu-buru mengerjakan proyek dengan banyak pikiran yang mengganggu mereka sekaligus. 

Kesalahan ketik hanyalah salah satu contoh kesalahan dasar manusia, dan program seperti pemeriksa ejaan adalah cara yang bagus untuk menghindari dan membantu membersihkan kesalahan yang tidak diinginkan dalam menulis. Namun, metode terbaik untuk mendeteksi dan mengoreksi kesalahan ketik adalah dengan melakukan pengoreksian dokumen kata demi kata.

Kesalahan diklasifikasikan sebagai kesalahan ketik ketika kata yang ingin diketik oleh penulis salah. Dalam kebanyakan kasus, kata tersebut bisa saja hilang, memiliki huruf tambahan, atau ada huruf yang hilang, yang terkadang menciptakan kata baru dengan arti yang sama sekali berbeda. Mungkin juga ada kesalahan dengan tanda baca atau sebuah kata berulang. 

Penting bagi penulis untuk mengenali kesalahan ketik ketika mereka mengoreksi karya mereka sehingga makna yang dimaksudkan dapat ditafsirkan dengan benar. Istilah ini juga memiliki arti penting dalam typosquatting, suatu bentuk cybersquatting di mana peretas mengandalkan pengunjung internet yang tidak menaruh curiga untuk salah memasukkan URL ke dalam browser, yang akan mengarahkan mereka ke situs web dengan perangkat lunak berbahaya. 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Typo

Jenis-Jenis Typo

Ada beberapa jenis typo atau kesalahan ketik, yang semuanya penting untuk diketahui. Setiap kesalahan tipografi berikut ini umum terjadi dalam penulisan, berikut penjelasannya : 

1. Typo yang disengaja

Kesalahan ketik yang sengaja ditulis dengan sengaja dan tidak dimaksudkan untuk diperbaiki, setidaknya di mata penulis. Mereka digunakan untuk sejumlah alasan dan telah terbukti sangat efektif dalam penggunaannya. Salah satu kegunaan paling populer untuk salah ketik yang disengaja adalah untuk menarik lalu lintas sebagai teknik pemasaran. 

Alasan lain kesalahan ketik yang disengaja untuk tetap menulis adalah untuk menciptakan humor, karena perubahan kata menjadi arti yang berbeda atau kesalahan ejaan kata dapat memberikan konotasi yang beragam di antara pemirsa. Humor dapat digunakan untuk memberikan rasa realitas yang salah atau mengalihkan perhatian dari topik yang lebih serius. 

 

2. Marking Typo

Karena kesalahan tipografi adalah bagian umum dari sifat manusia, kemampuan untuk mengidentifikasi dan menandai kesalahan ketik terkadang menjadi tantangan. Untungnya, ada banyak program untuk melakukan tugas ini untuk penulis penulis. Bentuk awal dari alat ini termasuk memotong surat saat menggunakan mesin tik. 

Ini adalah identifikasi yang mudah bahwa kesalahan dibuat dan menyelamatkan penulis dari tugas yang membosankan karena harus mengetik ulang seluruh halaman pekerjaan. Namun, juga jelas bagi pembaca bahwa telah terjadi kesalahan dan tidak terlihat baik secara profesional.

Saat ini, komputer membuat kesalahan ketik menjadi lebih mudah. Microsoft Word memiliki fitur yang dikenal sebagai pemeriksa ejaan, yang akan menyorot dan memberi penulis daftar opsi yang disarankan untuk memperbaiki kesalahan ini. Hal ini memastikan bahwa tulisan tetap rapi dan profesional selama pengoreksian sebelum dikirim ke orang lain.

 

3. Atomic Typo

Atomic typo mungkin merupakan jenis kesalahan ketik yang paling umum dan jenis kesalahan ketik yang paling penting untuk diketahui. Dalam kesalahan ketik atom, satu atau dua huruf keluar dari kata yang dimaksud dan membuat kata yang sama sekali berbeda dengan arti yang sama sekali berbeda. Huruf dapat ditambahkan, dihilangkan, atau dibalik untuk membuat kata yang berbeda. 

Pemeriksa ejaan tidak dapat mendeteksi atau menyarankan perubahan pada kesalahan ketik atom karena kesalahan semacam ini menghasilkan kata lain yang sudah ada. Kata-kata yang sering salah eja sering menjadi korban kesalahan ketik atom, tetapi kata-kata yang tampak sama dan memiliki arti yang berbeda juga bisa menjadi kesalahan ketik.

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Typo

Cara Menghindari Typo

Meluangkan beberapa menit ekstra untuk membersihkan cerita anda sangat penting untuk menjaga kredibilitas anda sebagai penulis. Berikut adalah enam cara mudah untuk mengoreksi dan menghindari typo dalam tulisan yang telah kita buat:

1. Baca ulang

Baca cerita anda untuk terakhir kalinya, sepenuhnya seperti yang dilakukan pembaca. Jangan berhenti untuk mencari sesuatu atau mengubah apa pun. Beri tanda jika ada sesuatu yang mengganggu anda dan kembali kesana setelah selesai membaca semuanya.

Jika anda kembali dan melakukan perubahan, berhati-hatilah agar tidak memasukkan kesalahan baru. The American Copy Editors' Society mengatakan itu adalah salah satu penyebab kesalahan ketik yang paling umum. Anda juga kemungkinan akan menangkap kata-kata rangkap selama membaca ulang jenis ini. 

 

2. Ubah formatnya

Jika anda merasa terlalu akrab dengan cerita anda, ubahlah cara anda membacanya. Cetak tulisan anda, jika anda sedang mengerjakan layar. Mengubah font atau ukuran font. Jadikan teks atau latar belakang warna yang berbeda. Bacakan dengan lantang untuk diri sendiri atau orang lain atau mintalah orang lain membacakannya untuk anda.

Setiap kali anda membaca tulisan dengan cara yang sama, anda membaca lebih sedikit dan membaca lebih banyak dari ingatan.  Hal inilah yang kemudian membuat otak anda melewatkan kesalahan. Jadi ubahlah format yang sudah ada dengan format yang berbeda untuk mempermudah anda menemukan kesalahan dalam tulisan yang anda buat.

 

3. Istirahat Sejenak

Berjalan-jalan, menonton video pendek, menelepon, atau membaca sesuatu tentang topik yang sama sekali tidak berhubungan. Berikan otak anda waktu untuk istirahat. Saat anda kembali ke cerita anda, ubah keadaan menggunakan beberapa saran di atas untuk merefresh otak anda.

 

4. Periksa ejaan dan tata bahasa 

Gunakan teknologi untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa yang benar. Alat pemeriksa ejaan dan tata bahasa adalah garis pertahanan pertama yang bagus. Namun, mudah untuk membiasakan diri dengan coretan merah dan hijau kecil itu dan membacanya. Pertimbangkan untuk melakukan satu kali pembacaan di mana anda hanya berfokus pada kata dan frasa yang digarisbawahi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.