Sukses

6 Tanggapan Publik Figur soal Siswa SMPN 1 Ciawi Jago Dansa, Mendikbud Beri Dukungan

Agnez Mo hingga Nadiem Makarim tanggapi video siswa SMPN 1 Ciawi yang viral.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini ramai video siswa dan siswi SMPN 1 Ciawi, Bogor, yang berdansa. Video tersebut ramai hujatan karena disebut generasi rusak. Pihak sekolah pun memberi klarifikasi dan mengungkapkan bahwa dua siswa tersebut adalah atlet cabang olahraga Dance Sport.

“Anak-anak ini memang siswa/i dari sekolah kami, kebetulan mereka adalah atlet cabang olahraga Dance Sport, pemenang medali emas PORPROV Jabar 2022…,” tulis pihak sekolah dalam laman Instagram resmi SMPN 1 Ciawi.

Terlepas dari ada yang menghujat, banyak netizen hingga publik figur yang mendukung prestasi siswa dan siswi SMPN 1 Ciawi ini. Bahkan Mendikbud Nadiem Makarim pun turut mendukung kegiatan positif yang dilakukan dua siswa ini.

Dua siswa SMPN 1 Ciawi ini bernama Devina Anindita dan Keysha Aditia Putra. Foto dua siswa yang sudah sering mengharumkan nama sekolah ini sampai diunggah di laman Instagram resmi Nadiem Makarim.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang tanggapan publik figur soal siswa SMPN 1 Ciawi yang jago dansa, Rabu (18/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tanggapan Pihak Sekolah

Pihak sekolah SMPN 1 Ciawi memberikan penjelasan dengan detail atas video viral yang memperlihatkan dua siswanya berdansa. Pihak sekolah juga melampirkan press release Diskominfo Kabupaten Bogor pada November 2022.

“Kami izin klarifikasi. Anak-anak ini memang siswa/i dari sekolah kami, kebetulan mereka adalah atlet cabang olahraga Dance Sport, pemenang medali emas PORPROV Jabar 2022. Mereka secara mandiri ikut lomba atas nama sendiri, pihak sekolah hanya turut bangga dan mengapresiasi prestasi yang mereka persembahkan untuk Kabupaten Bogor.” Tulis pihak sekolah SMPN 1 Ciawi.

Pihak sekolah menambahkan jika Dance Sport merupakan cabang olahraga yang masih sedikit dikenal orang.

“Mungkin masih sedikit orang yang mengenal cabang olahraga ini. Dance Sport adalah cabang olahraga yang memadukan Seni Tari dan penguasaan teknik dan stamina fisik sehingga memberikan pertunjukan yang artistik. Dance Sport dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI), juga diperlombakan bagi atlet-atlet difabel, dimana mereka mengikuti Dance Sport dengan menggunakan kursi roda.” Tambahnya

Ada yang menyebut Dance Sport masuk ekstrakurikuler, namun pihak sekolah menegaskan jika di SMPN 1 Ciawi tidak ada ekskul Dance Sport.

“Jadi, sebelum mengambil kesimpulan mohon di kroscek dulu ke pihak terkait sebelum memposting dan memviralkannya. Di SMPN 1 Ciawi sendiri TIDAK ADA EKSKUL Dance Sport ataupun memasukkan Dance Sport ke dalam kurikulum pembelajaran sekolah. Sekali lagi kami luruskan, mereka ini atlet yang ikut atas nama pribadi dan dilatih oleh pelatih profesional Kabupaten Bogor untuk ikut dalam ajang PORPROV JABAR 2022 dan berhasil menyumbangkan 3 medali emas.” Tutupnya

3 dari 7 halaman

2. Agnez Mo

Setelah video dansa dua siswa SMPN 1 Ciawi viral, pihak sekolah langsung memberikan klarifikasi dan permohonan maaf lewat laman Instagram resminya. Netizen ramai bubuhkan komentar dukungan, bahkan Agnez Mo juga turut berikan tanggapan atas klarifikasi yang disampaikan pihak sekolah.

“Hi, :) @smpn1ciawi_bogor this is Agnez Mo. Kalo boleh, sepertinya punya prestasi itu bukan sesuatu yang harus “minta maaf” kok. Punya anak perprestasi itu dibanggakan aja.. :) krn menurut saya, biar itu bisa boost their confidence. Justru malah, yang kaya gini harus dibanggakan oleh sekolahnya, biar bisa jadi contoh jg buat yang lain, bahwa BERPRESTASI itu lebih penting dibandingkan hanya go viral aja.” Tulis Agnez Mo.

Penyanyi berusia 36 tahun ini menambahkan jika jago dansa merupakan prestasi yang harus dibanggakan. Agnez Mo turut mendukung penuh prestasi yang telah diukir dua siswa bernama Devina dan Keysha Aditia ini.

“…Go viral karena PRESTASI itu sesuatu hal yang harus dibanggakan.. so please please please, support them always, and stand on their sides pada saat ada oknum2 tertentu dengan closed and judgmental minds yang pengen menjatuhkan mereka. This is truly important. Kalo boleh, please let me know their contacts/IG. I want to congratulate them.” Tambahnya.

4 dari 7 halaman

3. Ibunda Cinta Laura

Bangga dengan prestasi dua siswa SMPN 1 Ciawi yang viral, Herdiana Kiehl, ibunda Cinta Laura turut memberikan komentar positif di kolom komentar unggahan klarifikasi SMPN 1 Ciawi.

“Tetap semangat anak2ku sayang. Dance Sport adalah adalah olah raga yang baik, sama dengan olahraga2 lainnya. Salam sehat!💓.” Tulis Herdiana Ibunda Cinta Laura.

Selain di kolom komentar unggahan SMPN 1 Ciawi, Herdiana Kiehl juga bubuhkan komentar di Instagram Nadiem Makarim. Herdiana berharap pemerintah bisa membantu dan mendukung anak berprestasi seperti Devina dan Keysha.

“Semoga Pemerintah segera membantu dan membimbing mereka untuk menjadi penari jenis Dance Sport professional hingga ke tingkat Internasional.🙏.” Jelasnya.

5 dari 7 halaman

4. Cinta Laura

Selain sang bunda, Cinta Laura juga memberikan tanggapan atas video viral dua siswa yang berdansa lewat Story Instagramnya. Cinta Laura akui sakit hati dan kecewa karena seni dipandang negatif.

“Sakit hati sekali melihat bagaimana bentuk seni yang indah dapat dipandang secara negatif dan dikutuk dengan alasan yang sangat tidak masuk akal…” Jelas Cinta Laura.

6 dari 7 halaman

5. Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim turut memberikan semangat untuk siswa SMPN 1 Ciawi setelah viral disebut generasi rusak karena pengaruh budaya asing ini.

“Bangga sekali dengan Keysha Aditia Putra Winardi dan Devina Anindita dari SMP 1 Ciawi yang bisa menari sekeren ini. Terus semangat untuk berkarya, berprestasi dan mengejar mimpi.” Tulis Nadiem Makarim di laman Instagramnya (18/1/2023).

7 dari 7 halaman

6. Dukungan Selebriti dan Influencer

Banyak artis dan influencer yang bubuhkan komentar untuk memberikan dukungan dan semangat kepada dua siswa SMPN 1 Ciawi. Sederet artis dan influencer ini turut berbangga atas prestasi yang diukir Devina dan Kesysha.

“KERENNNNNN🔥🔥🔥🔥🔥🔥.” Tulis Asri Welas.

“TAPI PERCAYALAH TIDAK PERCUMAH JADI BERLIAN DI TEMPAT SAMPAH !!! SUATU SAAT KALIAN AKAN ADA DI TEMPAT DIMANA KALIAN DI HARGAI BUKAN DI KUBANGAN SAMPAH SEPERTI SEKARANG❤️.” Timpal Widhiarjuna.

“They’re fireee! Amazing🔥🔥🔥🔥.” Tulis Kevin Samuel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.