Sukses

BerAKHLAK adalah Core Values ASN dalam Bekerja, Pahami Maknanya

BerAKHLAK adalah core values Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sangat penting dipahami.

Liputan6.com, Jakarta BerAKHLAK adalah core values Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sangat penting dipahami. Istilah ini merupakan nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

Core values ini berbeda dengan tagar yang dimiliki ASN, yaitu #banggamelayanibangsa. Tagar ini merupakan Employer Branding ASN jaman now yang melayani sepenuh hati. BerAKHLAK adalah fondasi kerja ASN.

BerAKHLAK adalah singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Hal ini tentunya berhubungan dengan sikap kerja yang perlu diterapkan oleh setiap ASN, baik di pusat maupun daerah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan sumber lainnya, Selasa (17/1/2023) tentang BerAKHLAK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepanjangan BerAKHLAK

BerAKHLAK adalah singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Melansir ebtke.esdm.go.id, dalam rangka pembentukan karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Profesional dalam melaksanakan pelayanan publik, serta memiliki Nilai-nilai Inti ASN yang sama dalam memperkuat budaya kerja, maka Pemerintah telah memberikan arahan agar seluruh Instansi Pemerintah dan Daerah mengimplementasikan core value (nilai dasar) ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN "Bangga Melayani Bangsa". Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021, tanggal 26 Agustus 2021, tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN.

Core values BerAKHLAK ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, "ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama."

BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dan menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional

3 dari 4 halaman

BerAKHLAK adalah Core Values Aparatur Sipil Negara

BerAKHLAK adalah core values Aparatur Sipil Negara (ASN), yang tentunya wajib dipahami setiap ASN di pusat maupun daerah. Adapun BerAKHLAK sebagai Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah.

BerAKHLAK adalah akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:

Berorientasi Pelayanan

- Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

- Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.

- Melakukan perbaikan tiada henti.

Akuntabel

- Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas -tinggi.

- Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.

- Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten

- Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

- Membantu orang lain belajar.

- Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis

- Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

- Suka menolong orang lain.

- Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal

- Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

- Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.

- Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif

- Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.

- Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

- Bertindak proaktif.

Kolaboratif

- Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.

- Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

- Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

- ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

4 dari 4 halaman

Employer Branding #BanggaMelayaniBangsa

BerAKHLAK adalah core values Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sangat penting dipahami. Selain itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga mendapatkan suatu employer branding bersamaan dengan core values ini. Employer branding ini berbeda dengan core values yang dimiliki ASN BerAKHLAK tersebut. Tagar ini merupakan Employer Branding ASN jaman now yang melayani sepenuh hati. BerAKHLAK adalah fondasi kerja ASN.

Bersamaan dengan peluncuran core values ASN BerAKHLAK, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, juga mencetuskan employer branding #BanggaMelayaniBangsa di dalam sanubari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia.

Branding ini menunjukkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi yang bangga dalam melayani bangsa. Profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) patut dibanggakan karena ASN diberi pengakuan dan penghargaan yang adil, diberi kesempatan meningkatkan kompetensi seluas-luasnya, dan diberi kesempatan terbuka untuk berkarir.

Dengan kebanggaan tersebut, diharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi terhadap dirinya, dengan terus meningkatkan kinerja secara terus menerus, selalu belajar untuk meningkatkan kapasitas, dan menyesuaikan perilaku dengan core values.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.