Sukses

Arti Unhinged, Kata Slang yang Banyak Digunakan di Media Sosial

Dalam kamus thesaurus, arti unhinged dideskripsikan sebagai kondisi seseorang yang memiliki atau menunjukkan keadaan pikiran yang sangat tidak normal.

Liputan6.com, Jakarta Arti unhinged belakangan ini sering dicari oleh warganet, pasalnya kata slang dari bahasa Inggris ini kerap ditemui di media sosial untuk mendeskripsikan sebuah situasi. Warganet Indonesia yang bukan penutur asli Bahasa Inggris tentu tidak jarang merasa penasaran dan mencari apa arti unhinged.

Jika arti unhinged dicari melalui browser, akan muncul film Hollywood berjudul Unhinged. Kata unhinged yang dipakai sebagai judul memang mewakili garis besar cerita di dalam film yang dibintangi Russell Crowe ini. 

Kata unhinged sebetulnua cukup jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari, bahkan bagi penutur asli Bahasa Inggris. Namun, memahami arti unhinged dapat membantu seseorang mengerti banyak kontek dalam percakapan Bahasa Inggris. Berikut arti unhinged yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Unhinged

Seperti sudah disebutkan sebelumnya unhing merupakan kata yang cukup jarang digunakan oleh penutur asli Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa, unhinged relatif tidak populer bagi orang-orang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Melalui media sosial, mulai banyak orang yang mengerti arti unhinged dan kerap menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Media sosial memang sarana yang sangat efektif pertukaran budaya.

Dalam kamus thesaurus, arti unhinged dideskripsikan sebagai kondisi seseorang yang memiliki atau menunjukkan keadaan pikiran yang sangat tidak normal. Unhinged adalah kata sifat yang merujuk pada kondisi psikologis seseorang yang tidak seimbang atau sakit. Dalam Bahasa Inggris, unhinged dalam kontek ini memiliki kemiripan makna dengan psychotic, lunatic, insane, nuts, mad, maniac, crazy, wacko, dan paranoid.

Selain merujuk pada kondisi mental seseorang, arti unhinged juga dapat digunakan untuk menggambarkan tindakan yang dapat menyebabkan ketidak seimbangan mental pada seseorang. Konteks ini dapat dijelaskan pula sebagai tindakan yang mengganggu pikiran.

Contohnya, situasi perang yang penuh kekerasan dapat mengakibatkan gangguan mental pada orang yang terlibat di dalamnya. Sinonim unhinged dalam kontek ini, misalnya deranged, crazed, disturbed, frenzied, unbalanced, confused, distracted, maddened, dan unsettled.

Dapat disimpulkan arti unhinged adalah tidak sepenuhnya sadar atau tertekan, ental tidak seimbang atau gila, ada hal yang mengganggu di pikiran, Sangat terganggu dan tidak stabil secara mental. Apabila kata unhinged digunakan untuk mendeskripsikan kondisi seseorang, orang  tersebut berarti dalam kondisi sedang tidak stabil atau merasa tertekan. Penyebabnya bisa beragam, tapi yang pasti orang tersebut butuh ditenangkan.

Kata unhinged dalam konteks bahasa slang yang kerap digunakan di sosial media lebih cenderung menggambarkan situasi yang gila dalam konotasi yang negatif. Unhinged menggambarkan situasi yang tidak dapat dikendalikan dan dapat berdampak buruk bagi sekitar.

3 dari 3 halaman

Contoh Penggunaan Kata Unhinged

There's an anger there that was shrill, a step above what it needed to be, unmeasured and almost unhinged.

Ada kemarahan di sana yang melengking, satu langkah di atas yang seharusnya, tidak terukur dan hampir tidak terkendali.

 

Yet mercy separated from truth and unhinged from prudence can end up creating incentives that cause great harm.

Namun belas kasihan yang dipisahkan dari kebenaran dan terlepas dari kehati-hatian dapat berakhir dengan menciptakan insentif yang menyebabkan kerugian besar.

 

In the present-day, in a world without magic, he is separated from his power of prophecy and has become unhinged.

Saat ini, di dunia tanpa sihir, dia terpisah dari kekuatan ramalannya dan menjadi tidak waras.

 

I don't know how other people can not see he really is unhinged.

Saya tidak tahu bagaimana orang lain tidak bisa melihat dia benar-benar gila.

 

2020 Is most unhinged year for me.

2020 adalah tahun yang gila buat ku.

 

Somewhere along the way, her pursuit of a hot guy turned into an unhinged obsession.Is this a new brand of humour? Or is your brain really unhinged?" inquired Tommy.

Di suatu tempat di sepanjang jalan, pengejarannya terhadap pria seksi berubah menjadi obsesi gila. Apakah ini humor baru? Atau apakah otakmu benar-benar rusak?" tanya Tommy.

 

After Powell revealed herself to be too unhinged, both Lee and Roy moved on to John Eastman, another lawyer who took an arguably even more extreme approach to overturning the election.

Setelah Powell mengungkapkan dirinya terlalu gila, baik Lee maupun Roy beralih ke John Eastman, pengacara lain yang mengambil pendekatan yang bahkan lebih ekstrem untuk membatalkan pemilihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.