Sukses

PT Saptaindra Sejati, Perusahaan Penyedia Layanan Pertambangan Anak Perusahaan PT Adaro Energy

PT Saptaindra Sejati merupakan bagian dari PT Adaro Energy, yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan modern.

Liputan6.com, Jakarta PT Saptaindra Sejati merupakan bagian dari PT Adaro Energy, yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan modern. PT Saptaindra Sejati menyediakan jasa pertambangan serta industri terkait di Kalimantan, dengan lebih dari 7200 karyawan dari berbagai keahlian.

PT Saptaindra Sejati menyediakan berbagai layanan mulai dari pembangunan infrastruktur dan layanan penambangan mulai dari pemindahan lapisan penutup hingga pengiriman batubara ke lokasi pengapalan klien.

Didukung oleh lebih dari 850 unit peralatan andal, tenaga ahli pertambangan yang kompeten dan berpengalaman di industri pertambangan, PT Saptaindra Sejati terus berkomitmen untuk terus memberikan layanan pertambangan yang andal.

Untuk mengenal lebih dalam PT Saptaindra Sejati, berikut profil selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Adaro Energy

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Saptaindra Sejati merupakan salah satu divisi bisnis dari PT Adaro Energy. PT Adaro Energy Tbk adalah perusahaan pertambangan unggul dan produsen batu bara terbesar kedua di Indonesia.

PT Adaro Energy telah berkembang menjadi organisasi yang terintegrasi secara vertikal, dengan anak-anak perusahaan yang berpusat pada energi termasuk pertambangan, transportasi dengan kapal besar, pemuatan di kapal, pengerukan, jasa pelabuhan, pemasaran dan penghasil listrik.

PT Adaro Energy memiliki visi untuk menjadi grup perusahaan terbaik di bidang pertambangan dan energi. Untuk mencapai visi tersebut, PT Adaro Energy menjalankan misi di antaranya adalah dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan serta keselamatan kerja.

PT Adaro Energy sendiri memiliki banyak lini bisnis yang terkait dengan pertambangan. Adapun lini bisnis dari PT Adaro Energy antara lain mencakup pertambangan, layanan, energi, logistik, dan masih banyak lagi lini bisnis yang terkait dengan pertambangan.

Di antara lini bisnis tersebut, PT Saptaindra Sejati menjadi salah satu anak perusahaan yang fokus pada lini bisnis layanan milik PT Adaro Energy. Lini bisnis layanan pertambangan didirikan untuk merampingkan semua penyedia jasa pertambangan di dalam Grup Adaro.

Pilar ini berfokus pada penyediaan layanan dukungan berkualitas tinggi untuk industri pertambangan mulai dari eksplorasi, teknik dan teknis, hingga kontrak dan terakhir pemasaran dan perdagangan. Perusahaan-perusahaan di bawah pilar ini, termasuk PT Saptaindra Sejati, terus mengembangkan keahlian di bidangnya masing-masing dan melayani sebagian besar perusahaan pertambangan batubara dalam Grup Adaro, sambil secara aktif membangun hubungan dengan pelanggan pihak ketiga untuk memperluas pangsa pasar.

3 dari 4 halaman

PT Saptaindra Sejati

Salah satu anak perusahaan PT Adaro Energy adalah PT Saptaindra Sejati. PT Saptaindra Sejati adalah salah satu kontraktor pertambangan terkemuka dan terbesar di Indonesia.

PT Saptaindra Sejati menyediakan berbagai layanan untuk industri pertambangan batubara. Adapun layanan yang disediakan PT Saptaindra Sejati antara lain mencakup layanan kontrak pertambangan, pekerjaan sipil, dan pembangunan infrastruktur hingga logistik darat.

PT Saptaindra Sejati merupakan kontraktor pertambangan yang berkembang dengan sangat pesat. Pada tahun 2021, PT Saptaindra Sejati bahkan mencapai volume pengupasan lapisan penutup sebesar 161,1 Mbcm, turun 1,3% y-o-y dibandingkan tahun 2020. Volume produksi batubara PT Saptaindra Sejati pada tahun 2021 meningkat sebesar 4,5% y-o-y menjadi 43,4 Mt.

Pada akhir tahun 2021, PT Saptaindra Sejati telah memiliki lebih dari 2.800 unit alat berat, termasuk face shovel dan excavator kelas 400 ton, serta dump truck berkapasitas 200 ton.

4 dari 4 halaman

Penghargaan PT Saptaindra Sejati

Selain berusaha mempertahankan kualitas layanannya di bidang tambang, PT Saptaindra Sejati juga memperhatikan faktor keselamatan dalam operasional perusahaannya. Maka tidak mengherankan jika dalam beberapa tahun terakhir, PT Saptaindra Sejati telah menerima sejumlah penghargaan, antara lain sebagai berikut:

1. Penghargaan Terbaik dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk bisnis standardisasi dan jasa pertambangan untuk sektor pertambangan, subsektor pengupasan lapisan penutup di lokasi proyek mineral Adaro Indonesia pada tahun 2020.

2. Penghargaan Utama dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk bisnis standardisasi dan jasa pertambangan untuk sektor pertambangan, subsektor pengupasan lapisan penutup di lokasi proyek mineral Adaro Indonesia pada tahun 2020.

3. Penghargaan Utama dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk usaha standardisasi dan jasa pertambangan untuk sektor pertambangan, subsektor pengupasan lapisan penutup di lokasi proyek mineral Borneo Indobara pada tahun 2020.

4. Penghargaan Utama dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk bisnis standardisasi dan jasa pertambangan untuk sektor pertambangan, subsektor angkutan truk di lokasi proyek Adaro Indonesia pada tahun 2020.

5. Penghargaan Zero Accident dari Kementerian Tenaga Kerja & Gubernur Kalimantan Selatan untuk lokasi proyek Adaro Indonesia dan Balangan Coal.

6. Peringkat GOLD dari Kementerian Tenaga Kerja & Gubernur Kalimantan Selatan untuk Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS di lokasi proyek Adaro Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.