Sukses

Telegram adalah Aplikasi untuk Berkirim Pesan, Ketahui Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Telegram adalah salah satu aplikasi layanan untuk berkirim pesan secara instan, di mana multiplatform ini berbasis cloud.

Liputan6.com, Jakarta Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan, yang kerap digunakan oleh banyak orang untuk kepentingan komunikasi. Melansir dari laman BT, Telegram adalah aplikasi pesan instan yang dapat digunakan secara gratis dengan menggunakan Wi-Fi atau kuota internet.

Telegram adalah aplikasi yang cara penggunaannya, tidak berbeda jauh dengan WhatsApp atau Facebook Messenger. Mengutip dari laman Telegram, aplikasi ini telah mencapai 400 juta pengguna bulanan aktif. Setidaknya, setiap hari ada 1,5 juta pengguna baru yang mendaftarkan diri ke dalam aplikasi Telegram.

Telegram adalah aplikasi yang menyajikan berbagai fitur seperti penyimpanan file, cloud, folder, dan lain-lain. Telegram sendiri didirikan oleh orang Rusia yang bernama Pavel Valerievich Durov pada tanggal 23 Oktober 2013. Aplikasi ini membuat Anda bisa bertukar dokumen dalam ukuran yang sangat besar, dengan banyak bervariasi, mulai dari doc, zip, hingga mp3. 

Berikut ini kegunaan Telegram yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi yang diluncurkan pada 2013 oleh dua bersaudara, Nikolai dan Pavel Durov. Mereka juga pendiri jejaring sosial populer Rusia VK, sebelum meninggalkan perusahaan karena alasan politik. Nikolai bertanggung jawab atas protokol MTProto, yang merupakan skema enkripsi berpemilik. Pada 2014, Telegram telah mencapai 35 juta pengguna bulanan dan 15 juta pengguna harian. Pada akhir tahun, jumlah itu mencapai 50 juta pengguna aktif. Aplikasi ini sudah melihat 1 miliar pesan per hari dan menambahkan satu juta pengguna per minggu.

Pertumbuhan Telegram terus berlanjut dan berkembang secara pesat, hingga pada awal 2016 jumlahnya mencapai 100 juta pengguna bulanan. Angka itu berlipat ganda pada awal 2018. Pada akhir 2021, Telegram memperoleh lebih dari 70 juta pengguna sebagai akibat dari pemadaman Facebook yang mencakup WhatsApp. Per Maret 2022, Telegram memiliki 500 juta pengguna aktif bulananTelegram menggunakan enkripsi untuk semua obrolan, tetapi hanya enkripsi end-to-end untuk "Obrolan Rahasia".

Percakapan Telegram umumnya akan disinkronkan ke seluruh perangkat berkat cloud, di mana akan dienkripsi dari klien ke server saja. Fitur privasi lain dari Telegram adalah, Anda tidak perlu memberikan nomor telepon Anda. Anda dapat membuat nama pengguna Telegram untuk dibagikan dengan orang lain dan merahasiakan nomor telepon Anda.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menggunakan Telegram

Melansir dari laman thepower, Anda bisa mengggunakan Telegram untuk banyak hal, beberapa di antaranya adalah: 

1. Mengirim pesan

Sebagai platform perpesanan instan, Anda dapat mengirim dan menerima pesan ke dan dari kontak yang dimiliki. Anda tidak perlu membagikan nomor telepon, dan bisa menyembunyikannya untuk melindungi privasi. Telegram memberi kemungkinan untuk membuat nama pengguna sendiri, sehingga Anda dapat ditemukan melalui mesin pencarian. Saat menggunakan aplikasi ini, maka dengan mudah Anda bisa mengirim video, audio, teks, dan melakukan panggilan video tanpa batas dengan banyak peserta. 

2. Menyimpan file

Tanpa diragukan lagi, Telegram adalah aplikasi yang memiliki cloud sendiri, jadi semua pesan dan file yang Anda miliki di obrolan akan disimpan sampai Anda menghapusnya sendiri. Aplikasi telegram juga memiliki kapasitas yang tidak terbatas, sehingga Anda bisa menyimpan video, audio, dan dokumen audiovisual apa pun.

3. Buat grup super

Membuat grup adalah fitur dasar dari semua aplikasi perpesanan instan, tetapi grup super adalah sesuatu yang sangat berbeda. Biasanya dengan WhatsApp Anda dapat membuat grup maksimal 250 anggota dan sudah lama tidak memperbarui persyaratan ini. Namun batasan yang ditawarkan Telegram lebih dari 20.000 anggota.

 

4. Membuat saluran

Saluran Telegram adalah alat yang luar biasa, terutama jika Anda memiliki usaha digital. Telegram adalah obrolan satu arah, di mana hanya administrator yang dapat mengirim pesan ke pelanggan mereka. Folder dapat bersifat publik atau pribadi dan berfungsi sebagai saluran komunikasi dengan komunitas. Saluran sangat bagus untuk merek yang sedang Anda bangun, karena memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan pelanggan potensial, untuk memberi tahu mereka tentang berita terbaru tentang produk atau layanan yang Anda miliki. 

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Telegram di PC

Setelah mengetahui manfaat dari Telegram, maka ada beberapa cara menggunakan aplikasi ini di PC yang wajib Anda simak. 

- Langkah pertama, Anda bisa membuka desktop.telegram.org, lalu unduh aplikasi Telegram melalui aplikasi browser di PC. 

- Setelah web terbuka, maka Anda bisa klik ‘Get Telegram for Windows’, jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi yang bukan Windows, maka ada pilihan ‘Show All Platforms’ yangn bisa Anda klik. 

- Langkha selanjutnya, klik 'Show All Platform’ dan terdapat beberapa pilihan sistem operasi lainnya, seperti MacOs, Linux 32 bit, dan Linux 64 bit.

- Anda bisa mengunduh aplikasi Telegram sesuai dengan sistem operasi yang biasanya digunakan di PC atau laptop. 

- Langkah berikutnya tunggu proses unduhan hingga selesai,  selanjutnya install aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi yang berhasil di unduh.

- Selanjutnya akan muncul opsi untuk memilih bahasa yang ingin digunakan untuk menginstal aplikasi, maka Anda bisa pilih ‘OK’ setelah itu pilih bahasa yang akan digunakan.

- Langkah berikutnya klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk memilih lokasi file aplikasi yang akan diinstal, dan ‘Next’ lagi pada opsi untuk membuat folder di Data C yang ada di PC kamu.

- Masih dengan klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat shortcut di Dekstop PC, kemudian klik tombol install dan tunggu proses install aplikasi Telegram hingga selesai.

- Setelah aplikasi berhasil diinstal, klik tombol finish lalu Anda bisa membuka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada PC. Setelah aplikasi Telegram tersebut terbuka, nantinya akan muncul halaman pembuka lalu klik ‘Start Messaging’.

- Anda bisa memilih negara Indonesia pada bagian ‘Country Code’ (panah cokelat) dan masukkan nomor ponsel yang akan kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Telegram (panah biru atau di samping +62). Kemudian klik tombol ‘Next’.

- Langkah terakhir, Anda akan menerima pesan singkat atau SMS berisikan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar pada aplikasi Telegram. Setelah itu, masukkan kode tersebut pada bagian kolom verifikasi.

 

 

5 dari 5 halaman

Fitur Telegram

1. BOT Telegram

Telegram adalah layanan aplikasi yang memiliki fitur BOT, di mana sebagai pengguna Anda bisa mendapat banyak kegunaan dalam aplikasi chat tersebut. Banyak sekali BOT yang bisa dicari dengan menu search di Telegram. BOT biasa digunakan untuk keperluan tertentu seperti BOT Al-Qur'an yang fungsinya dapat mencari ayat-ayat di Alquran, BOT Chat untuk bisa mengobrol dengan kecerdasan buatan ataupun orang lain, atau BOT Downloader yang biasa digunakan untuk mendownload video maupun audio di internet.

2. Unlimited Cloud Storage

Bagi Anda yang memiliki akun Telegram, maka secara otomatis mendapatkan cloud storage dengan penyimpanan tak terbatas. Tidak perlu membayar, sebab fitur ini memang sengaja disediakan oleh Telegram secara gratis. Fitur ini akan cocok sekali untuk mencadangkan file-file penting jika semisal kalian tidak ingin menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive dan juga OneDrive.  

3. People Nearby

Telegram adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk bisa mengobrol dengan orang-orang pengguna Telegram, salah satunya yang jaraknya dekat di sekitar posisi kalian berada. Untuk mengakses fitur ini pastikan kalian telah mengaktifkan GPS di smartphone kalian. Maka secara otomatis, aplikasi ini akan memberi tahu siapa saja orang-orang pengguna Telegram yang berada dekat dengan kalian. Tidak hanya orang-orang saja, People Nearby ini juga bisa mencari grup-grup chat lokal yang terbentuk di sekitar Anda. 

4. Fitur Two-Step Verification

Saat fitur ini diaktifkan, maka sebagai pengguna akan diminta untuk selalu memasukkan password saat masuk ke akun Telegram di perangkat baru maupun lama. Password ini adalah pelengkap fitur OTP (one-time password) saat pengguna masuk di perangkat baru. Ketika Anda menggunakan fitur ini, akan sangat berguna untuk melindungi akun pengguna dari pencuri identitas yang berusah untuk meretas akun Telegram mereka

5. Fitur Lock Chat

Sebagai pengguna, Anda dapat memastikan akses Telegram di perangkat lebih aman, karena aplikasi dapat terkunci secara otomatis saat tidak digunakan. Untuk mengaktifkan fitur ini, maka pengguna tinggal membuka fitur Settings, pilih Privacy and Security, lalu Passcode and Touch ID. Setelah itu, pasang PIN atau Touch ID, lalu pengguna tinggal memilih durasi waktu kapan fitur ini akan aktif.

6. Secret Chat

Dengan adanya fitur Secret Chat, tentu menawarkan keamanan yang lebih baik bagi pengguna saat melakukan percakapan di Telegram. Hal ini karena fitur ini membantu Anda mengaktifkan end-to-end encryption, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat percakapan. Penggguna dapat mengaktifkan fitur ini, dengan mengklik kontak orang yang akan dikirimkan pesan. Setelah itu, pilih Start Secret Chat pada ikon More.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.