Sukses

12 Cara Mengatasi Kesemutan pada Tangan dan Kaki, Bisa Tanpa Obat

Cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki dapat dihilangkan tanpa obat-obatan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki penting untuk diketahui. Kesemutan sering terjadi kepada siapapun, baik anak hingga orang dewasa. Kondisi ini sangat umum terjadi pada tubuh manusia.

Mengetahui cara mengatasi kesemutan sangatlah penting, supaya cepat menghilangkan rasa tidak nyaman seperti sensasi geli dan kaku pada tubuh bila digerakkan. Biasanya cara mengatasi kesemutan tergantung dari penyebabnya. 

Terlepas dari hal tersebut, ternyata cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki dapat dihilangkan tanpa obat-obatan. Bahkan cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki dapat anda lakukan di rumah.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kesemutan pada Tangan

1. Latihan

Cara mengatasi tangan kesemutan ini dapat membantu memperbaiki gejala dan meningkatkan kekuatan jika penderita juga memiliki kelemahan otot.

2. Obat pereda nyeri

Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas bisa dijadikan solusi cara mengatasi tangan kesemutan yang tak kunjung membaik. Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen atau aspirin, dapat membantu mengatasi nyeri ringan dan peradangan yang memengaruhi tangan, leher, dan area lainnya.

3. Menggunakan pelindung pergelangan tangan

Mengenakan pelindung pergelangan tangan atau belat menjaga pergelangan tangan tetap lurus untuk mengurangi tekanan pada saraf median. Cara mengatasi tangan kesemutan dengan pelindung bisa dipakai saat melakukan tugas yang berulang atau di malam hari.

4. Antidepresan

Ada beberapa jenis antidepresan mengobati nyeri neuropatik dengan mengganggu proses yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal rasa sakit. Obat ini dapat membantu dalam mengobati nyeri saraf yang disebabkan oleh diabetes dan kondisi lainnya.

5. Kepalkan dan buka kepalan tangan

Cara mengatasi keemutan pada tangan yang berikutnya adalah dengan mengepal dan membuka kepalan tangan secara berulang. Gerakan ini dipercaya akan membantu mengalirkan darah dengan cepat yang akan meredakan ketegangan pada saraf.

6. Obat anti kejang

Obat yang dikembangkan untuk mengobati epilepsi dapat meredakan nyeri saraf atau penyebab tangan kesemutan. Ini termasuk gabapentin (Gralise, Neurontin) dan pregabalin (Lyrica).

7. Goyangkan kepala

Cara mengatasi kesemutan pada tangan yang lainnya adalah dengan menggoyangkan kepala ke sisi kanan dan kiri dengan lembut. Hal ini untuk meredakan tekanan pada sekitar saraf leher. Efeknya bisa meredakan sensasi kesemutan pada tangan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kesemutan pada Kaki

1. Lakukan pijatan dengan perlahan

Cara mengatasi kesemutan pada kaki yang pertama adalah melakukan pijatan ringan secara perlahan. Dengan memijat bagian kaki yang merasa kebas atau kesemutan, peredaran darah yang semula tak lancar bisa kembali mengalir dengan normal.

2. Kurangi tekanan

Ketika anda sedang duduk dengan menyilangkan kaki atau tidur terlalu lama, maka lama-kelamaan sensasi kesemutan akan muncul secara bertahap. Ini bisa terjadi karena anda memberikan tekanan pada kaki tersebut. Alhasil, peredaran darah pun jadi terhambat dan anda merasakan kaku.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengambil posisi yang lebih nyaman dan tak menindih bagian kaki saat duduk maupun tidur. Selain itu, hindari juga menyilangkan kaki, penggunaan pakaian yang terlalu ketat, duduk jongkok, serta aktivitas lain yang bisa menekan tubuh anda. Dengan melakukan hal ini, maka aliran darah bisa kembali menjadi normal dan jadi tak kesemutan lagi.

3. Menggerakan kaki yang kesemutan

Cara mengatasi kesemutan pada kaki yang lainnya adalah menggerakannya. Dengan melakukan sedikit pergerakan atau peregangan, maka anda bisa mengembalikan aliran darah yang sempat tersumbat ke keadaan semula. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, seperti berjalan di dalam rumah maupun mengepel.

4. Mengubah sepatu

Cara mengatasi kesemutan pada kaki yang lainnya adalah dengan mengubah sepatu anda. Jika sedang merasakan kesemutan pada kaki, segeralah untuk mengubah sepatu anda menjadi sepatu yang lebih nyaman, pas, dan tidak membatasi pergerakan jari-jari kaki. Hal ini juga dapat membantu mengembalikan aliran darah yang sempat tersumbat.

5. Perawatan medis

Cara mengatasi kesemutan pada kaki yang berikutnya adalah dengan perawatan medis. Hal ini dilakukan bila kesemutan anda tak kunjung sembuh dan berangsur lama. Perawatan ini nantinya akan berdasarkan penyebab yang menyerang tubuh anda. Jika kesemutan disebabkan oleh kondisi seperti diabetes, ada obat resep yang digunakan untuk menenangkan saraf yang teriritasi sehingga gejalanya tidak terlalu parah. Suplemen juga dapat membantu meringankan gejala neuropati perifer. Obat-obatan ini, seperti neurontin atau pregabalin, juga dapat digunakan untuk mengobati kesemutan dan nyeri saraf yang disebabkan oleh penyakit lain.

Jika saraf terjepit atau tertekan oleh struktur lain di kaki atau pergelangan kaki, pembedahan dapat dilakukan untuk membebaskan saraf dari jaringan parut atau fasia di sekitarnya. Perawatan untuk kesemutan pada kaki atau neuroma dapat mencakup perawatan non-bedah seperti suntikan steroid dan pelepasan kaki depan dengan bantalan atau ortotik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.