Sukses

6 Fakta Terkini Tiko yang Rawat Ibunya Selama 12 Tahun, Disorot Hotman Paris

Dianggap menyudutkan keluarga ayahnya, Tiko pun meminta maaf secara langsung

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan ini media sosial dihebohkan dengan kisah seorang pemuda merawat ibunya seorang diri di rumah mewah yang terbengkalai. 12 tahun merawat ibunya sendiri dengan segala keterbatasan, kisah pemuda bernama Tiko pun viral. 

Sang ibu, Eny Suakaesih yang mengalami depresi usai bercerai dengan suaminya yang bernama Herman Muji Susanto 12 tahun lalu ini turut mendapat banyak sorotan dari para selebriti. Tapi siapa sangka bahwa kisah berbaktinya Tiko terhadap ibunya ini sempat dituduh mencemarkan nama baik keluarga besar dari sang ayah.

Karena dari kisah yang berkembang di media sosial, tidak sedikit netizen yang saling menyalahkan dan menuai perdebatan mengenai hubungan pihak Tiko dan mendiang sang ayah.

Berikut ulasan 6 fakta terkini Tiko yang hampir dipolisikan keluarga ayahnya yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Kamis (12/1/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kisah perjuangan rawat ibunya bikin haru dan mendapat sorotan publik

Kisah Tiko berbakti terhadap ibunya yang alami depresi setelah bercerai dengan sang ayah, Herman Muji Susanto 12 tahun lalu memang membuat banyak orang hari. Pada saat ia masih remaja kala itu, ia harus putus sekolah dan merawat ibunya dengan segala keterbatasan.

Rumah mewah yang ditempatinya pun kini terlihat terbengkalai tanpa air dan listrik. Bahkan untuk bertahan hidup, Tiko pun sempat menjual isi perabotan dalam rumah.

Namun sejak kisahnya viral, ia pun mendapat banyak sorotan dan bantuan dari publik. Kini air dan listrik pun sudah disambung dengan gratis dan banyak seleb maupun media yang menyorotinya.

 

3 dari 7 halaman

2. Kisahnya yang viral, ternyata dianggap menyudutkan keluarga dari sang ayah

Setelah kisah pilunya banyak diketahui publik, banyak sekali dukungan yang hadir untuk membantu Tiko dan ibu Eny. Beberapa selebriti pun sempat mengunjungi kediamannya yang melihat rumah mewah tersebut dalam kondisi tidak terawat.

Namun di balik kisahnya yang viral, pihak keluarga dari sang ayah ternyata tidak terima karena menganggap cerita Tiko menyudutkan ayahnya, Herman Muji Susanto. 

Pada kanal YouTube Pratiwi Noviyanthy, pada Sabtu (7/1/2023) wanita bernama Wuri Muji Astuti yang merupakan istri pertama dari ayahnya Tiko yang sudah meninggal ini tidak terima atas pernyataan Tiko yang menyebut suaminya pergi meninggalkan rumah bu Eny.

Wuri menyebut bahwa bu Eny selaku istri kedua yang menyianyiakan suaminya. Sehingga saat ayahnya dijemput dari rumah bu Eny kondisinya tidak terawat.

Akibatnya, pihak keluarga Herman Muji Susanto pun sempat akan melaporkan Tiko ke polisi akibat pencemaran nama baik.

4 dari 7 halaman

3. Perseteruannya dengan pihak sang ayah disorot Hotman Paris

Kasus viralnya Tiko ini pun Hotman Paris ikut angkat bicara. Pengacara nyentrik ini pun mengatakan bahwa yang dilakukan oleh Tiko terhadap ibunya tersebut wajar. Bahkan ia menyebut Tiko sebagai pahlawan.

"Saya kira, yang pertama, Tiko itu siapa dulu? Apakah dia anak kandungnya tidak? Yang kedua, yang digembar-gemborkan itu masih hal yang normal. Yang ketiga, dia bisa termasuk pahlawan juga, dia ngurus ibu yang sudah tua begitu dan juga ada yang bermasalah, sekali pun terlepas apakah dia anak kandung atau tidak," kata Hotman Paris, Senin (9/1/2023).

5 dari 7 halaman

4. Tiko dianggap tidak melanggar hukum

Pengacara kondang ini menyebut bahwa tidak beralasan bila melaporkan Tiko kepada polisi. Pasalnya Tiko yang merawat ibunya dengan kisahnya yang viral tidak menyerang secara personal. 

Bahkan apa yang dilakukannya ini memberi dampak positif terdahap dirinya dan ibunya. 

 

"Ya, kan si Tiko kan belum menyerang nama seseorang, bahwa dia memviralkan ibu itu dan kemudian mendapatkan tanggapan positif dan mendapatkan bantuan dari orang malah bermanfaat bagi ibunya kan. Jadi, di mana melanggar hukumnya?" jelas Hotman Paris.

6 dari 7 halaman

5. Hotman Paris mempertanyakan keberadaan keluarga besar

12 tahun sendirian dalam merawat sang ibu yang alami depresi usai bercerai dengan ayahnya, Hotman Paris mempertanyakan keberadaan keluarga besar. 

 

"Saya kira belum ada dasar. Buktinya selama puluhan tahun ada yang enggak saudaranya yang mengurusi ini? Nah itu pertanyaan. Ada enggak datang? Kalau memang belum, kenapa tiba-tiba sok mau urusin gitu kan," tutupnya.

 
7 dari 7 halaman

6. Tiko sudah meminta maaf terhadap keluarga pihak sang ayah

Akibat ramainya isu Tiko yang akan dilaporkan oleh pihak dari sang ayah, yaitu dari istri pertamanya membuat nama Tiko kembali viral namun dengan kasus yang berbeda. Namun saat ini Tiko sudah meminta maaf secara langsung terhadap keluarga dari sang ayah.  Karena cerita yang disebarkan ternyata salah. Keluarga Herman pun menerima maaf Tiko, dan akhirnya mereka berdamai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini