Sukses

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia, Perusahaan Manufacturing Kendaraan Bermotor dan Kereta

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia adalah perusahaan Manufacturing yang memproduksi suku cadang kendaraan bermotor dan kereta.

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun 1997, PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia sudah mulai memproduksi suku cadang yang berkualitas prima, dengan berbagai standar ISO yang dimiliki oleh Perseroan. Perusahaan ini adalah salah satu supplier terpercaya bagi industri otomotif di Indonesia.

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia memiliki 3 plant, yang mana masing-masing memiliki peran penting dan tetap kokoh hingga sekarang mensuplai suku cadang seperti Pulley Damper yang diproduksi di plant 1, Anti-Vibration yang diproduksi di plant 2, dan plant ke-3 yang digunakan untuk memproduksi Brake & Seals.

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia menggunakan beberapa teknologi untuk mengikat rubber dan metal, seperti memproduksi anti-vibration untuk mengurangi getaran dan suara pada kendaraan. Produk anti-vibration telah berkontribusi di otomotif, rel kereta api, dan industri permesinan konstruksi. Perseroan sekarang paling banyak digunakan pada industri otomotif Indonesia.

Berikut ini Produk PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Produk PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia

1. Railways and Shinkansen

Selain memenuhi kebutuhan spare part automotive, Fukoku Tokai Rubber Indonesia memproduksi spart part kereta api dan telah bekerjasama dengan PT Kereta Commuterline Indonesia. PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia juga mampu produksi part yang telah diproduksi di Global Fukoku.

Part Global Fukoku

- Rubber Parts for Axle Box Suspension

Karet anti getar FUKOKU untuk Axel Suspension sudah terpasang di banyak kendaraan di Jepang. Perseroan telah mengembangkan Axle Support Rubber untuk tipe Axel Arm, yang digunakan untuk Tokaido Shinkansen. Perusahaan juga telah mengembangkan Axle Support Rubber untuk tipe Chevron yang di gunakan pada gerbong tangki berisi bahan bakar bensin. 

- Elastic Directly Fastened

Fukoku juga memproduksi suku cadang karet, yang digunakan dalam kotak anti-getaran untuk trek kopling langsung yang elastis. Peralatan ini meletakkan kotak FRP di atas track bed beton dan mencapai perawatan hemat yang hanya dapat menggantikan suku cadang karet.

- Rubber Bushing for Traction

Fukoku juga memproduksi suku cadang karet, yang digunakan dalam kotak anti-getaran untuk trek kopling langsung yang elastis. Peralatan ini meletakkan kotak FRP di atas track bed beton dan mencapai perawatan hemat yang hanya dapat menggantikan suku cadang karet.

- Rail Pad

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia juga memproduksi banyak produk di rel kereta api, di mana Perseroan ini memproduksi Rail Pads yang disisipkan di antara rel dan bantalan seperti bantalan, pelat pengikat, dan pelat.

- Slab Mats

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia juga memproduksi banyak produk di rel kereta api. Kami memproduksi Ballast Mats untuk Ballast Trucks dan Slab Mats untuk Slab Trucks.

- Sleeper Mat

Sleeper Mat yang diproduksi oleh Fukoku dipasang di bagian bawah Sleeper Mat PC (Plastic) untuk mengurangi getaran dan kebisingan serta mencegah Ballast pecah dan menjadi lebih halus.

- Cushion Rubber for Draft Gear

Karet Bantalan untuk Draft Gear ini adalah salah satu produk PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia, yang memiliki fungsi menyerap percepatan saat memulai, mempercepat, memperlambat, dan menghentikan kendaraan kereta api, dan meningkatkan kerusakan coupler dan kualitas pengendaraan akibat benturan.

 

3 dari 5 halaman

Produk PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia

2. Pulley Dumper

Produk PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia yang khas adalah pulley Damper, di mana hanya sedikit pabrik automotive di Indonesia yang memproduksi Pulley Damper. Pulley adalah komponen engine yang memindahkan tenaga dari poros engkol Torque Rod Komponen ini berfungsi ganda, selain menyerap getaran juga berfungsi konstruksi. Torque Rod biasa dipasang sebagai penyeimbang gerak antar dua pasang roda belakang truk-truk besar. Pulley Damper adalah perpaduan Pulley dengan Dampernya yang menyerap getaran berlebihan yang. membuat getaran mesin secara keseluruhan menjadi lebih dapat diredam

3. Anti Vibration

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia mengelompokkan komponen karet yang memiliki fungsi Anti-Vibration, dan fungsi safety sehingga kendaraan menjadi lebih nyaman. Fungsi Anti-Vibration adalah kombinasi dari dimensi, kekerasan dan kekenyalan karet. Paduan karet dan logam sesuai dengan design tertentu menghasilkan konstanta spring baik statis maupun dinamis.Desain komponen ini bisa datang dari pabrikan kendaraan maupun dari desainer Fukoku dengan pola RDDP (Request for Design and Development Parts).

4. Brake And Seal

Produk yang berfungsi sebagai bagian pada sistem pengereman kendaraan, yang mengutamakan fungsi safety. Fukoku Tokai Rubber Indonesia memproduksi Booster Diaphragm, komponen utama yang membantu gerak pengereman pada kendaraan menjadi ringan. Cover Diaphragm sebagai pelindung minyak rem pada wadahnya dari kontaminasi luar.

4 dari 5 halaman

Teknologi PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia

Fukoku Tokai Rubber Indonesia memproduksi suku cadang berkualitas prima, dengan dukungan teknologi canggih serta manpower berkompeten. 

a. Fukoku Equipment

1. Dimensional measuring machines

- CMM

- Microscope

- Projector

- Tensilon

- Inston

- KS / KD

- FN Test

2. Radius measuring machine

- Image Dimension

- Contracer

3. Hardness measuring machine

- Micro Vickers

- Rondcom Brinell

- Rockwell

b. Fukoku Machine

1. Mixing Rubber Saction

- Kneder

- Open Roll

- Barwel

- Cutting Rubber

2. Machining Pulley Saction

- Machining NC

- Broaching

- Balancer

3. Curing Saction

- Injection Molding

- Hot Press Molding

5 dari 5 halaman

Awards & Achievements PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia

PT Fukoku Tokai Rubber Indonesia selalu menyajikan performa terbaik dalam segala hal bagi seluruh Customer, terbukti dengan sejumlah penghargaan yang diperoleh Perseroan diantaranya: 

- Excellent Quality & Delivery tahun 2019 - 2020

- Appreciation of Best Kaizen Contribution pada tahun 2020

- Special Contribution Award pada tahun 2021

- Delivery Target Achievement pada tahun 2022

- Zero Deffect Quality Achievement tahun 2022

- Delivery Target Achievement pada tahun 2021

- Zero Deffect Quality Achievement tahun 2021

- Appreciation of Delivery Achievement pada tahun 2020

- Appreciation of Delivery Achievement tahun 2021

- The Best Vendor Performance Quality & Delivery pada tahun 2021

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.