Sukses

Gadget adalah Salah Satu Perangkat Elektronik, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Gadget adalah perangkat elektronik, berikut ini pengertian, ciri-ciri, jenis dan manfaat utama dari gadget

Liputan6.com, Jakarta Gadget adalah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan di era perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Dalam kehidupan saat ini, kita berusaha untuk menyelesaikan tugas kita sebaik-baiknya dalam waktu tertentu, dan gadget adalah device atau alat yang kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan tersebut.

Tanpa menggunakan gadget, aktivitas sehari-hari yang kita lakukan tanpanya akan memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak, daripada ketika dilakukan dengan menggunakan. Gadget adalah perangkat elektronik yang memudahkan kita dan dapat menyelesaikan tugas kita dengan lebih efektif.

Meski sering dijumpai dan digunakan, sayangnya masih banyak orang yang belum memanfaatkan gadget dengan maksimal dan mengetahui tentang apa itu gadget seutuhnya. Padahal manfaat yang bisa didapatkan dengan penggunaan gadget yang benar, sangatlah banyak. 

Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/12/2022). Pengertian gadget, ciri-ciri gadget, jenis gadget dan manfaat utama gadget dalam kehidupan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gadget Adalah

Gadget Adalah

Gadget adalah perangkat elektronik keras atau aksesori yang membuat hidup anda lebih nyaman atau lebih menyenangkan. Gadget adalah perangkat atau mesin kecil yang memiliki tujuan atau fungsi tertentu. 

Sedangkan berdasarkan Cambridge Academic Content Dictionary mendefinisikan gadget sebagai perangkat atau mesin kecil dengan tujuan tertentu. Sebagian besar gadget dirancang untuk membantu kita menyelesaikan tugas atau melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kita. 

Banyak gadget, seperti smartphone modern, telah merevolusi sepenuhnya cara kita melakukan sesuatu. Karena smartphone kita sekarang dapat mengirim email saat bepergian, mengambil foto berkualitas tinggi, dan dengan mudah mengunggah dan membagikan konten ke media sosial langsung dari ponsel kita. 

Meskipun ada beberapa teori tentang etimologi istilah gadget, yang paling populer kembali ke tahun 1884-1885, ketika perusahaan Prancis yang bertanggung jawab atas pendirian Patung Liberty, "Gadget, Gauthier & Cia", memutuskan untuk menjual miniatur replika monumen untuk membiayai proyek.

Ada teori lain yang mengatakan, di bidang navigasi, yang memastikan bahwa itu berasal dari istilah bahasa Prancis gâchette atau gagé. Bagaimanapun, istilah itu mulai digunakan dan menjadi populer di negara-negara Anglo-Saxon pada 1980-an.

Menurut Lexico , kata tersebut mungkin berasal dari kata Prancis gâchette 'mekanisme kunci' atau dari kata dialek Prancis gagée 'alat'. Kemunculan kata tersebut pertama kali dicetak pada tahun 1886, dalam buku Spun Yarn and Spindrift oleh Robert Brown. 

Gadget bisa dengan mudah dikenali jika memiliki ciri dan fitur sebagai berikut :

1. Portability: gadget apapun fungsinya selalu kecil dan kompak. Jika kebetulan strukturnya lebih besar, bisa dikompresi atau dilipat. Nyaman dan mudah dibawa-bawa.

2. Gadget tidak tahan lama: ini karena sifatnya yang ringkas. Tidak peduli seberapa keren atau mahalnya mereka, umur mereka biasanya pendek.

3. Cerdas: mereka memiliki sedikit kecerdasan buatan yang tergabung di dalamnya dan memiliki sensor yang digunakan untuk beroperasi dan berinteraksi.

4. Gadget tidak melakukan seluruh tugas. Mereka membantu dalam melakukan tugas kecil atau bagian dari tugas.

5. Salah satu karakteristik utama yang juga dimiliki oleh gadget adalah bahwa mereka modis.

3 dari 4 halaman

Jenis Gadget Dan Contohnya

Jenis Gadget Dan Contohnya

Semua jenis gadget memiliki komponen listrik dan mekanik serta terkomputerisasi. Berikut ini adalah jenis-jenis gadget beserta dengan contohnya :

1. Gadget komputer

Ini adalah perangkat kecil yang digunakan bersama komputer (laptop atau desktop). Mereka membantu komputer sepenuhnya dan dengan mudah menjalankan fungsi-fungsi yang diperlukan dan juga menambahkan fungsi-fungsi tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh komputer sendiri. Mereka termasuk; pembaca kartu, webcam, kabel keamanan, modem eksternal, mouse dan keyboard nirkabel, dudukan laptop atau tablet, dan penahan gelombang.

2. Gadget komunikasi 

Ini terutama digunakan bersama instrumen komunikasi. Mereka termasuk; Perangkat Bluetooth, modem, telepon pintar , dan kartu jaringan.

3. Gadget game

Kumpulan gadget ini membuat game lebih menyenangkan dan nyata. Mereka termasuk keyboard gaming hyperX, HTC vive cosmos, Xbox one S, kursi gaming rocker.

4. Gadget medis

Gadget ini dapat ditemukan di rumah sakit, pusat penelitian medis, atau laboratorium dan di rumah. Beberapa disesuaikan untuk penggunaan kesehatan pribadi. Mereka termasuk Monitor Jantung Jarak Jauh, Monitor Tekanan Darah Nirkabel, Monitor Asma AirSonea, Botol Air Pembersih Mandiri Cerdas, stetoskop Bluetooth, EKG Pribadi (elektrokardiogram), dan Smartwatch Berorientasi Kesehatan.

 

Ada juga gadget yang digunakan oleh orang yang berbeda dalam berbagai profesi seperti programmer, fotografer dan untuk siswa. Kemudian Gadget populer yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari meliputi :

- Ponsel dan Tablet

- Speaker Bluetooth

- Sikat Gigi Elektrik

- Router Wi-Fi

- Mouse dan keyboard Bluetooth

- Earbud nirkabel

- Jam tangan pintar

- Webcam dan kamera Wi-Fi pintar luar ruangan

4 dari 4 halaman

Manfaat Gadget

Manfaat Gadget 

Dalam kehidupan kita sehari-hari, gadget memainkan peran penting dalam mempermudah aktivitas kita. Berikut beberapa manfaat gadget :

1. Gadget meningkatkan efisiensi

Sebelum pengenalan telepon dan, baru-baru ini, email, pesan, dan surat dapat memakan waktu berhari-hari untuk mencapai tujuannya. Perangkat lunak untuk aplikasi internet dan telekomunikasi tidak lebih dari kumpulan perangkat teknis. Perangkat ini telah meningkatkan produktivitas manusia secara signifikan dan menjadikan dunia tempat tinggal yang lebih baik.

2. Gadget membuat anda lebih bahagia

Terpisah dari keluarga dan teman tidak lagi mengerikan berkat adanya penemuan webcam dan gadget video lainnya. Signifikansi mesin ini dapat membawa hal-hal yang jauh lebih dekat dengan manusia dan membuat aksesibilitas manusia menjadi lebih mudah.

3. Gadget membantu dalam konservasi ruang

Selama hari-hari awal telekomunikasi, handset kabel hanya dapat ditempatkan pada posisi tertentu untuk konektivitas. Ponsel diciptakan sebagai hasil dari kemajuan teknologi, memungkinkan pengguna untuk melakukan dan menerima panggilan saat bepergian. Saat bepergian, blackberry juga bisa digunakan untuk mengakses internet.

5. Gadget memberikan kita hiburan

Kemajuan teknologi ini memiliki kemampuan untuk membuat kita bahagia dengan mengakses emosi dan kebutuhan kita. Mereka adalah instrumen yang dapat digunakan untuk melawan perasaan terasing. Mereka sangat menyenangkan sehingga memasukkannya ke dalam hidup kita menjadi suatu keharusan.

6. Gadget menginspirasi kreativitas dan inovasi

Teknologi merangsang otak untuk melakukan yang terbaik karena sulit. Dulu cukup sulit untuk membangun bisnis; anda membutuhkan banyak uang dan hanya memiliki akses terbatas ke informasi bisnis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.