Sukses

Cryptocurrency adalah Mata Uang Digital, Ini Cara Kerja dan Risikonya

Cryptocurrency adalah mata uang digital, yang merupakan bentuk pembayaran alternatif yang dibuat menggunakan algoritma enkripsi.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah membaca tentang beberapa jenis cryptocurrency paling populer seperti Bitcoin, Litecoin, dan Ethereum. Cryptocurrency adalah alat tukar alternatif yang semakin populer untuk pembayaran online.

Apa itu cryptocurrency? Cryptocurrency adalah mata uang digital, yang merupakan bentuk pembayaran alternatif yang dibuat menggunakan algoritma enkripsi. Penggunaan teknologi enkripsi ini memungkinkan cryptocurrency memiliki fungsi yang sama dengan uang sebagai sistem pembayaran virtual.

Untuk menggunakan cryptocurrency, Anda memerlukan dompet cryptocurrency. Dompet ini dapat berupa perangkat lunak yang merupakan layanan berbasis cloud atau disimpan di komputer atau perangkat seluler Anda. Dompet adalah alat yang Anda gunakan untuk menyimpan kunci enkripsi yang mengonfirmasi identitas Anda dan menautkan ke mata uang kripto Anda.

Cryptocurrency merupakan sistem mata uang yang masih relatif baru, dan pasar untuk mata uang digital ini sangat fluktuatif. Cryptocurrency juga tidak seperti uang konvensional yang nilai dan peredarannya diatur oleh bank. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Berikut adalah penjelasan selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (23/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang yang ada secara digital atau virtual dan menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi. Tidak seperti mata uang konvensional yang memerlukan bank sentral sebagai lembaga yang memiliki otoritas untuk mengatur dan menerbitkan, cryptocurrency menggunakan sistem terdesentralisasi untuk mencatat transaksi dan mengeluarkan unit baru.

Cryptocurrency adalah sistem pembayaran digital yang tidak bergantung pada bank untuk memverifikasi transaksi. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang bekerja dengan sistem peer-to-peer. Sistem ini memungkinkan siapa saja dan dari mana saja untuk mengirim dan menerima pembayaran.

Cryptocurrency tidak seperti e-money yang dapat ditarik secara tunai. Cryptocurrency adalah mata uang yang hanya bisa digunakan untuk pembayaran digital ke database online yang menjelaskan transaksi tertentu. Saat Anda mentransfer dana cryptocurrency, transaksi dicatat dalam buku besar publik.

Disebut cryptocurrency karena mata uang digital ini karena enkripsi kriptografi untuk memverifikasi transaksi. Kriptografi adalah sistem pengkodean yang berhubungan dengan keamanan informasi, yang mencakup otentikasi dan kerahasiaan. Dengan kata lain, transaksi dengan cryptocurrency melibatkan sistem pengkodean tingkat lanjut dalam menyimpan dan mengirimkan data cryptocurrency antara dompet dan ke buku besar publik.

3 dari 7 halaman

Cara Kerja Cryptocurrency

Cryptocurrency berfungsi sebagai alat tukar pada buku besar publik terdistribusi yang disebut blockchain. Dalam blockchain terdapat semua catatan transaksi yang diperbarui dan dipegang oleh pemilik cryptocurrency.

Cryptocurrency diterbitkan dari proses yang disebut penambangan. Penambangan yang dimaksud adalah penambangan secara virtual yang melibatkan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah matematika rumit yang menghasilkan koin. Pengguna juga dapat membeli mata uang dari broker, lalu menyimpan dan membelanjakannya menggunakan dompet kriptografi.

Jika Anda memiliki cryptocurrency, Anda tidak memiliki sesuatu yang nyata. Dengan kata lain, cryptocurrency tidak memiliki wujud fisik seperti e-money yang memiliki bentuk uang tunai yang dapat ditarik dari bank. Yang Anda miliki adalah kunci yang memungkinkan Anda memindahkan catatan atau satuan ukuran dari satu orang ke orang lain tanpa pihak ketiga.

Meskipun Bitcoin telah ada sejak 2009, cryptocurrency dan aplikasi teknologi blockchain telah muncul dalam istilah keuangan. Diperkirakan, penggunaan cryptocurrency akan semakin populer di masa depan. Transaksi obligasi, saham, dan aset keuangan lainnya pada akhirnya dapat diperdagangkan menggunakan cryptocurrency.

4 dari 7 halaman

Contoh Cryptocurrency

Sampai saat ini, ada ribuan jenis cryptocurrency. Namun ada beberapa cryptocurrency yang begitu populer, yang telah banyak digunakan banyak orang untuk bertransaksi secara online. Adapun sejumlah contoh cryptocurrency yang populer antara lain sebagai berikut:

1. Bitcoin

Bitcoin merupakan cryptocurrency yang muncul pada tahun 2009. Bitcoin adalah cryptocurrency pertama dan menjadi yang paling banyak diperdagangkan. Mata uang ini dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto – diyakini secara luas sebagai nama samaran untuk individu atau kelompok orang yang identitas persisnya masih belum diketahui.

2. Ethereum

Ethereum merupakan cryptocurrency yang dikembangkan pada tahun 2015. Ethereum adalah platform blockchain dengan mata uang kriptonya sendiri, yang disebut Ether (ETH) atau Ethereum. Ini adalah cryptocurrency paling populer setelah Bitcoin.

3. Litecoin

Mata uang ini paling mirip dengan bitcoin tetapi bergerak lebih cepat untuk mengembangkan inovasi baru, termasuk pembayaran dan proses yang lebih cepat untuk memungkinkan lebih banyak transaksi.

4. Ripple

Ripple adalah sistem ledger terdistribusi yang didirikan pada tahun 2012. Ripple dapat digunakan untuk melacak berbagai jenis transaksi, bukan hanya mata uang kripto. Perusahaan di belakangnya telah bekerja sama dengan berbagai bank dan lembaga keuangan.

Cryptocurrency non-Bitcoin secara kolektif dikenal sebagai "altcoin" untuk membedakannya dari yang asli.

5 dari 7 halaman

Cara Membeli Cryptocurrency

Cara yang paling sederhana untuk mendapatkan cryptocurrency adalah dengan membelinya. Setidaknya ada tiga langkah penting yang perlu Anda ketahui untuk dapat membelinya, yakni sebagai berikut:

1. Memilih Platform

Langkah pertama adalah memutuskan platform mana yang akan digunakan. Secara umum, Anda dapat memilih antara broker tradisional atau pertukaran cryptocurrency khusus.

Broker tradisional adalah broker online yang menawarkan cara untuk membeli dan menjual cryptocurrency, serta aset keuangan lainnya seperti saham, obligasi, dan ETF. Platform ini cenderung menawarkan biaya perdagangan yang lebih rendah tetapi lebih sedikit fitur crypto.

Ada pula platform khusus untuk membeli cryptocurrency. Ada banyak platform yang menawarkan cryptocurrency yang berbeda, penyimpanan dompet, opsi akun berbunga, dan banyak lagi. Banyak bursa membebankan biaya berbasis aset.

Saat membandingkan berbagai platform, pertimbangkan cryptocurrency mana yang ditawarkan, berapa biaya yang dikenakan, fitur keamanannya, opsi penyimpanan dan penarikan, dan sebagainya.

2. Membuat Akun

Setelah memilih platform, langkah selanjutnya adalah membuat akun sehingga Anda dapat segera membeli cryptocurrency. Sebagian besar platform crypto memungkinkan pengguna untuk membeli cryptocurrency menggunakan mata uang konvensional, seperti Dolar AS, Poundsterling, atau Euro, dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

3. Menempatkan Pesanan

Anda dapat melakukan pemesanan melalui platform yang telah Anda pilih. Jika Anda berencana membeli mata uang kripto, Anda dapat melakukannya dengan memilih "beli", memilih jenis pesanan, memasukkan jumlah mata uang kripto yang ingin dibeli, dan mengonfirmasi pesanan. Proses yang sama berlaku untuk menjual.

6 dari 7 halaman

Apa yang bisa dibeli dengan cryptocurrency?

Saat pertama kali diluncurkan, Bitcoin dibuat untuk menjadi alternatif alat tukar yang memungkinkan untuk membeli segala sesuatu mulai dari secangkir kopi, komputer, bahkan barang mahal seperti rumah. Meski saat ini belum bisa terwujud, namun perlahan cryptocurrency mulai dapat diterima sebagai alat tukar yang sah, meski transaksi besar yang melibatkan cryptocurrency jarang sekali terjadi. Kendati demikian, cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi di beberapa platform digital, antara lain sebagai berikut:

1. Website dan E-commerce

Beberapa perusahaan yang menjual produk teknologi menerima pembayaran dengan cryptocurrency di situs web mereka, seperti newegg.com, AT&T, dan Microsoft. E-commerce seperti Overstock adalah salah satu situs pertama yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran yang sah. Shopify, Rakuten, dan Home Depot juga menerima pembayaran dengan menggunakan cryptocurrency.

2. Barang Mahal

Anda juga bisa membeli barang mewah dengan menggunakan cryptocurrency. Sebagai Bitdials, mereka menjual sejumlah barang mewah seperti jam tangan Rolex, Patek Philippe, dan jam tangan kelas atas lainnya, dan menerima pembayaran dengan cryptocurrency.

3. Asuransi

Pada April 2021, perusahaan asuransi Swiss AXA mengumumkan bahwa mereka telah mulai menerima Bitcoin sebagai cara pembayaran untuk semua lini asuransinya kecuali asuransi jiwa. Premier Shield Insurance, yang menjual polis asuransi rumah dan mobil di AS, juga menerima Bitcoin untuk pembayaran premi.

7 dari 7 halaman

Risiko Cryptocurrency

Cryptocurrency bekerja dengan menggunakan teknologi blockchain, yang merupakan buku besar digital transaksi mata uang kripto yang sulit dirusak oleh peretas.

Selain itu, transaksi memerlukan proses autentikasi dua faktor. Misalnya, Anda mungkin diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk memulai transaksi. Kemudian, Anda mungkin harus memasukkan kode autentikasi yang dikirim melalui SMS ke ponsel pribadi Anda.

Meski menggunakan sistem pengamanan dengan autentikasi dua faktor, bukan berarti cryptocurrency tidak bisa diretas. Beberapa peretasan bernilai tinggi telah merugikan banyak pemula yang baru saja terjun di cryptocurrency.

Selain itu, risiko dari cryptocurrency adalah nilainya yang fluktuatif. Ini karena cryptocurrency tidak diatur dan dikontrol oleh bank sentral, sehingga nilainya sepenuhnya didasarkan pada penawaran dan permintaan. Sehingga nilai cryptocurrency bisa naik signifikan dan menghasilkan keuntungan, atau sebaliknya, merosot dan merugikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.