Sukses

Profil PT Selamat Sempurna Tbk, Perusahaan Penyedia Suku Cadang Otomotif Berbagai Merek

PT Selamat Sempurna Tbk merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi suku cadang otomotif dari berbagai merek.

Liputan6.com, Jakarta PT Selamat Sempurna Tbk merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi komponen otomotif seperti filter, radiator, oil cooler, kondensor, pipa rem, pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, knalpot, dan sebagainya.

PT Selamat Sempurna Tbk memiliki visi untuk menjadi perusahaan kelas dunia dalam industri komponen otomotif. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Selamat Sempurna Tbk menjalankan misi dengan memenuhi semua persyaratan melalui keunggulan dalam proses transformasi.

Untuk melancarkan bisnis dan mewujudkan visinya, PT Selamat Sempurna kini berkantor pusat di Wisma ADR, Jalan Pluit Raya I No.1, Jakarta Utara. Sedangkan untuk operasional dan produksi, PT Selamat Sempurna memiliki dua pabrik yang terletak di Jakarta dan Tangerang.

Untuk lebih memahami perusahaan seperti apakah PT Selamat Sempurna Tbk itu, berikut sejarah dan produk dari PT Selamat Sempurna Tbk, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Selamat Sempurna

PT Selamat Sempurna Tbk didirikan di Indonesia pada tanggal 22 Maret 1976. Pada 1994, PT Selamat Sempurna Tbk mengakuisisi saham PT Andhi Chandra Automotive Products (ACAP). Selanjutnya pada tahun 1995, PT Selamat Sempurna Tbk juga melakukan kegiatan investasi dengan berpartisipasi dalam PT Panata Jaya Mandiri, sebuah perusahaan patungan dengan Donaldson Company Inc, USA.

Pada 2020 PT Selamat Sempurna Tbk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya (sekarang Bursa Efek Indonesia) agar masyarakat dapat berpartisipasi untuk memiliki saham Perseroan.

Pada 2001 PT Selamat Sempurna Tbk membangun pabrik di Curug Tangerang, yang digunakan untuk kepentingan memproduksi filter. Kemudian pada 2004m PT Selamat Sempurna Tbk memperluas gudangnya ke gudang pusat baru seluas 10.000 m2 di Tangerang Banten.

Pada bulan Januari 2012, PT Selamat Sempurna Tbk melakukan perjanjian usaha dengan Tokyo Radiator MFG.Co., Ltd., (Tokyo Radiator) untuk membentuk PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna (TRSS). TRSS bergerak di bidang pembuatan radiator dan produk terkaitnya dan berkantor di Tangerang, Indonesia.

Pada 2022, Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan dan PT Selamat Sempana Perkasa (SSP) telah memutuskan untuk menggabungkan SSP dan Perseroan menjadi satu kesatuan yang terintegrasi sebagai PT Selamat Sempurna Tbk (Perusahaan Penerima Penggabungan).

3 dari 4 halaman

Komisaris PT Selamat Sempurna Tbk

1. Surja Hartono - Presiden Komisaris

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1972. Meraih gelar Sarjana dari California State University Long Beach, USA pada tahun 1994 dan Magister Manajemen dari Institut Pendidikan Pengembangan Manajemen, Jakarta pada tahun 1996. Bapak Hartono diangkat sebagai Presiden Komisaris Perseroan sejak Mei 2017.

2. Drs. Yusuf Pulo - Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1952. Meraih gelar Sarjana Akuntansi di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada tahun 1977 dan Magister Manajemen di Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 1993. Bapak Pulo diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan pada Juli 2022.

Direksi PT Selamat Sempurna Tbk

1. Eddy Hartono - Presiden Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1946. Beliau lulus dari SMA Negeri Medan pada tahun 1964. Beliau adalah pendiri ADR Group of Companies dan saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Adrindo Intiperkasa, Presiden Direktur PT Adrindo Intisarana, Presiden Direktur PT Panata Jaya Mandiri, dan Komisaris Utama PT Griya Inti Perkasa. Bapak Hartono diangkat sebagai Presiden Direktur Perseroan pada tahun 1983.

2. Djojo Hartono - Wakil Presiden Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1973. Meraih gelar BSc Accounting & Financial Management, UK pada tahun 1996 dan Post Graduate Diploma in Financial Service Management, UK pada tahun 1998. Bapak Djojo Hartono diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan pada Juli 2022.

3. Ang Andri Pribadi - Direktur Keuangan

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1966. Beliau lulus dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung pada tahun 1990 dan Universitas Indonesia, Jakarta dengan gelar Magister Manajemen pada tahun 1992. Bapak Pribadi diangkat sebagai Direktur Perseroan pada April 2004.

4. Aris Setyapranarka - Direktur Operasional

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1961. Beliau lulus dari Akademi Teknik Industri St Mikael, Solo pada tahun 1984. Bapak Setyapranarka diangkat sebagai Direktur Perseroan pada bulan Juni 2011. Bergabung dengan Grup Perusahaan ADR pada bulan April 2002. Beliau adalah mantan General Manager PT Indo Reco Asia dan PT IKU Furniture (1999- 2002) dan Direktur Independen Perseroan (2015-2022).

4 dari 4 halaman

Produk PT Selamat Sempurna Tbk

Ada dua produk utama yang menjadi andalan dari PT Selamat Sempurna Tbk, yakni produk filter dan radiator. Adapun produk filter dan radiator dari PT Selamat Sempurna Tbk, adalah Sakura Filter dan ADR Radiator.

Sakura Filter

Filter Sakura diproduksi oleh PT Selamat Sempurna Tbk., sebuah perusahaan yang telah menyediakan solusi suku cadang otomotif dan industri, untuk OEM/OES serta aftermarket, selama lebih dari 40 tahun.

Dalam bisnis filtrasi, Sakura menawarkan rangkaian aplikasi terbesar dengan lebih dari 6.000 nomor suku cadang. Ini mencakup otomotif, komersial, alat berat, kelautan dan industri untuk aplikasi Amerika, Eropa, dan Asia.

Radiator

Radiator ADR telah diekspor ke lebih dari 30 Negara. Radiator ADR diproduksi dengan kualitas tertinggi di bawah ISO/TS 16949:2009 dan Bantuan Teknis dari Jepang Dikombinasikan dengan pengalaman manufaktur kami selama lebih dari 40 tahun.

Produk Lain

Selain produk filter dan radiator, PT Selamat Sempurna Tbk juga memproduksi produk lain seperti karet, plastisol, pipa rem dan bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot. Produk rem dan pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot dikirim sebagai OEM di industri perakitan kendaraan di Indonesia. Dalam memproduksi pipa rem dan bahan bakar, Perseroan mendapat bantuan teknis dari Usui Kokusai Sangyo Kaisha Ltd., Jepang. Di bidang tangki bahan bakar, PT Selamat Sempurna Tbk telah menjalin perjanjian bantuan teknis dengan Tokyo Radiator Mfg. Co. Ltd., Jepang.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagian besar produk dari PT Selamat Sempurna Tbk meliputi suku cadang otomotif, yang telah dijual di dalam dan luar negeri. PT Selamat Sempurna juga memproduksi suku cadang otomotif untuk berbagai merek antara lain Daihatsu, Hino, Hitachi, Hyundai, Isuzu, kubota, Mazda, Nissan, Suzuki, Toyota, Volvo, dan sebagainya. Selain itu, masih ada merek otomotif lain yang suku cadangnya juga dibuat oleh PT Selamat Sempurna Tbk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.