Sukses

10 Contoh Teks Narasi, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Kumpulan contoh teks narasi.

Liputan6.com, Jakarta - Contoh teks narasi adalah berupa paragraf yang berisi rangkaian cerita dengan kejadian dan peristiwa yang ditulis secara berurutan. Teks narasi adalah bisa berupa cerita fiksi (dongeng, legenda, mitos) dan cerita non-fiksi atau sebenarnya (biografi dan otobiografi).

Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Madya (2007) oleh Nani Darmayanti & Fatrah Hasanah, teks narasi adalah teks yang di dalamnya menceritakan suatu kejadian secara runtut sesuai urutan waktu (kronologis).

Teks narasi dalam bahasa Inggris disebut sebagai teks naratif. Ini jenis teks yang sifatnya menguraikan. Contoh teks narasi harus selalu memiliki alur yang jelas dari awal sampai akhir. 

Contoh teks narasi tidak selalu menyajikan cerita. Teks narasi bisa berupa pengisahan cerita hingga pemaparan ilmu pengetahuan. Fungsi teks narasi adalah mengisahkan cerita, memperluas pengetahuan atau wawasan, menyampaikan pesan moral atau amanat, dan memaparkan secara jelas kejadian sekaligus sebab-akibat.

Dalam buku berjudul Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SD/MI kelas V oleh Tim tunas Karya Guru, cara membuat teks narasi adalah dimulai dengan membuat orientasi, komplikasi, resolusi, dan reorientasi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang contoh teks narasi dan cara membuatnya, Minggu (11/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Teks Narasi dan Cara Membuatnya

1. Contoh Teks Narasi Tentang Cerita Lutung Kasarung

Cerita lutung kasarung bisa ditemui di daerah Pasundan. Di daerah tersebut tinggal seorang raja yang sangat bijaksana bernama Prabu Tapak Agung. Raja ini mempunyai dua orang anak yang bernama Purbasari dan Purbararang. Di akhir hidup sang ayah, ia berpesan kepada kedua anaknya bahwa ia ingin turun tahta.

Ia meminta Purbasari agar menggantikan kedudukannya sebagai seorang pemimpin di kerajaannya. Kakaknya merasa tidak terima mendengar pesan tersebut karena ia merasa lebih pantas menggantikan ayahnya. Purbararang akhirnya ingin mencelakai adiknya dengan menemui seorang nenek sihir.

Akibat dari nenek sihir tersebut kulit adiknya kini penuh dengan totol-totol berwarna hitam. Keadaan tersebut ia pakai untuk mengasingkan Purbasari ke dalam hutan. Purbasari mempunyai teman yaitu dari hewan-hewan yang tinggal di sana sehingga ia tidak merasa kesepian.

Salah satu hewan yang menemaninya adalah seekor kera yang selalu membawakan buah serta bunga untuk menghiburnya. Kera tersebut pada suatu malam bersemedi. Kemudian secara tiba-tiba muncul air yang membentuk sebuah telaga dengan air yang jernih dan wangi.

Lalu Purbasari diminta mandi di telaga tersebut oleh sang kera. Tubuhnya seketika berubah menjadi seorang putri yang cantik seperti semula. Purbararang pada suatu ketika menjenguk Purbasari. Melihat adiknya sudah kembali cantik membuatnya terkejut. Ia kemudian meminta untuk adu panjang rambut kepada sang adik.

Hasilnya adalah rambut Purbasari ternyata adalah yang lebih panjang. Purbararang juga meminta Purbasari agar mau adu tampan dengan tunangannya. Purbasari kala itu menggandeng seekor kera yang sudah menemaninya hidup di hutan selama ini.

Keajaiban terjadi pada kera yang tiba-tiba berubah menjadi seorang laki-laki yang sangat tampan. Bahkan ia lebih tampan dibandingkan dengan tunangan Purbararang sehingga adu tampan tunangan dimenangkan oleh Purbasari. Kemudian Purbararang meminta maaf kepada Purbasari dan mengakui kesalahannya.

Setelah itu Purbasari akhirnya menjadi seorang pemimpin kerajaan warisan dari ayahnya yang bijaksana bersama lutung tersebut. Kakaknya juga sudah dimaafkan oleh Purbasari. Ia tidak berniat untuk memberikan hukuman kepada kakaknya tersebut.

Bahkan kata balas dendam pada sang kakak tidak terbesit sedikit pun. Purbasari akhirnya sudah hidup dengan bahagia bersama dengan sang kekasih hatinya.

2. Contoh Teks Narasi Tentang Cerita Roro Jonggrang

Zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yaitu Prambanan dan Prabu Baka merupakan raja yang memerintah. Ada sebuah kerajaan besar namanya Kerajaan Pengging di tempat yang lainnya. Seorang kesatria yang bernama Bondowoso dimiliki oleh Kerajaan Pengging.

Karena Bondowoso mempunyai senjata khusus dengan nama Bandung, ia lebih terkenal dengan nama Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso juga mempunyai bala tentara jin yang sering dipakainya untuk membantunya dalam berperang. Selain itu juga digunakan untuk memperluas wilayah serta menyerang kerajaan lainnya.

Suatu ketika sang raja yang angkuh memintanya untuk melakukan penyerangan terhadap Kerajaan Prambanan. Bandung Bondowoso meminta bantuan para jin untuk merebut Kerajaan Prambanan dalam rangka mensukseskan rencananya tersebut.

Bandung Bondowoso diminta untuk mengurus harta benda kerajaan tersebut dan juga keluarga Prabu Baka sesudah memenangkan pertempuran tersebut. Kala itu ia melihat seorang wanita yang sangat cantik bernama Roro Jongrang dan ia menyukainya.

Kemudian Roro Jongrang diminta oleh Bandung Bondowoso supaya menjadi permaisurinya. Roro Jongrang merasa bingung karena ia membenci Bandung Bondowoso yang sudah membunuh ayahnya. Tetapi untuk menolaknya ia juga merasa takut. Roro Jonggrang pada akhirnya mempunyai sebuah ide.

Idenya adalah agar Bandung Bondowoso membuatkannya candi berjumlah seribu beserta 2 buah sumur hanya dalam waktu satu malam saja. Syarat tersebut disetujui oleh Bandung Bondowoso karena ia merasa yakin bisa menyelesaikannya dengan bantuan para jin.

Bondowoso pada malam harinya mengumpulkan para jin untuk membantunya membuat candi seperti yang diinginkan oleh Roro Jonggrang. Roro Jongrang secara diam-diam mengamati yang dilakukan oleh Bandung Bondowoso dan merasa gelisah.

Ia memikirkan cara untuk membuat Bondowoso gagal di dalam memenuhi syarat yang diberikannya. Agar para jin yang membantu Bondowoso segera pergi, ia akhirnya meminta bantuan para warga untuk membuat keadaan agar seolah-olah hari sudah menjelang fajar. Jerami dibakar yang membuat langit terlihat merah.

Suara dari lesung juga mulai bersaut-sautan. Bau harum bunga-bunga mulai tercium dan ayam jago juga mulai berkokok. Keadaan ini membuat para jin menjadi pergi karena mereka mengira pagi telah tiba. Roro Jonggrang kemudian menemui Bandung Bondowoso lalu mengatakan bahwa ia sudah gagal memenuhi persyaratannya.

Bandung Bondowoso menjadi sangat marah dan memutuskan untuk mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung yang keseribu. Nah, itulah asal mula terjadinya Candi Prambanan atau bisa disebut juga dengan Candi Roro Jongrang. Sedangkan Candi Sewu merupakan candi yang ada di sekelilingnya.

3. Contoh Teks Narasi Tentang Cerita Gunung Merapi

Disebutkan dalam Babad Tanah Jawa, Panembahan Senapati sedang bertapa di Nglipura, dekat Bantul. Setelah selesai bertapa, kemudian Ki Juru Mertani bertanya kepadanya, “Apakah yang kau dapatkan di dalam tapamu?”

PanembahanSenapati menjawab, “Saya mendapatkan lintang johar di Nglipura.”

Segera Ki Juru Mertani bertanya kembali, “Apakah lintang johar Itu mampu menghilangkan marabahaya’?”

“Tidak, Paman,” ujar Panembahan Senapati.

“Kalau begitu, bertapalah lagi,” kata Ki Juru Mertani. Ki Juru Mertani melanjutkan perkataannya. “Hanyutkanlah sebatang kayu di sungai. Naiklah Kau di atas kayu yang hanyut itu. Setelah sampai di Laut Kidul, kau akan menjumpai Ratu Kidul.” Panembahan Senapati ménjalankan apa yang dikatakan Ki Juru Mertani. Di dalam Babad Tanah Jawa disebutkan tentang pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Laut Kidul. Ratu Laut Kidul bersedia membantu Panembahan Senopati _ . dengan bala tentara makhluk halus. Panembahan Senopati kemudian menemui Ki Juru Mertani.  Nah , sekarang apa yang kau dapatkan dari tapamu?” Benar kata paman, saya dapat bertemu dengan Ratu

Kidul.” “Lantas, apa yang kau dapatkan?” tanya Ki Juru Mertani.

“Saya diberi minyak Jayangkatong dan Telur Degan,” jawab Panembahan Senapati.

“Telur yang kau dapatkan itu berikanlah pada Juru Taman” kata Ki Juru Mertani. Singkat cerita, setelah Ki Juru Taman memakan telur itu. Terjadi keanehan dalam diri Ki Juru Taman. Tubuhnya berubah wujud menjadi raksasa yang besar dan mengerikan.

Selanjutnya, raksasa itu ditugaskan menjaga Gunung Merapi. Adapun tempat penjagaannya adalah Plawangan. Maka, apabila terjadi bencana yang diakibatkan oleh Gunung Merapi, raksasa itulah yang menjaga dan menahan agar bencana tidak menjalar ke arah selatan, khususnya Kraton Yogyakarta. ltulah sebabnya, lahar yang disemburkan Gunung Merapi tidak pernah mengalir ke selatan. Dengan demikian, daerah sebelah selatan senantiasa terhindar dari bencana.

Sedangkan minyak Jayangketong diperintahkan agar dibuang. Namun sebelumnya, dibuka dahulu dan diusapkan pada dua anak laki-Iaki dan perempuan yang ada di sana. Setelah terkena Jayangkatong, raga keduanya tidak kelihatan. Si anak laki-laki yang tidak nampak itu dijuluki Kyai Panggung, sedangkan si anak perempuan menjadi Nyai Koso. Sampai sekarang, mereka dipercayai masih setia menjaga Beringin Putih di utara Masjid yang ada di sebelah selatan jalan.

3 dari 3 halaman

Contoh Teks Narasi dan Cara Membuatnya

4. Contoh Teks Narasi Tentang Lingkungan

Meli selalu menyaksikan tetangganya membuang sampah sembarangan. Ia ingin menegur, tetapi tidak enak hati. Jika musim hujan datang dan parit dekat rumah mereka tersumbat maka yang kebanjiran bukan hanya rumah tetangga Meli yang buang sampah sembarangan saja, tapi mereka semua yang tinggal di lingkungan itu akan terkena dampaknya.

Ketika hujan datang di suatu malam, dampak dari tetangga Meli yang membuang sampah sembarangan, banjir pun datang air masuk ke dalam rumah mereka. Kesal hati Meli, tteapi percuma karena salahnya juga kenapa tidak menegur tetangganya itu. Dampaknya mereka semua kesusahan.

5. Contoh Teks Narasi Tentang Liburan Sekolah

Libur semester ini aku pulang ke kampung halaman, di sana aku bertemu kedua orang tuaku dan adikku yang sangat aku sayangi. Lama sekali waktu berjalan jika kita sedang merindu.

Aku ingin bicara aku rindu tidur di kasur empuk kamarku, aku ingin makan masakan ibuku dan liburan ini waktunya. Aku pulang disambut oleh keluargaku, dengan masakan kesukaanku yang telah terhidang. Selama liburan dirumah aku sangat senang, aku seperti mengulangi masa kecilku dulu, ingin aku bilang aku mau di sini saja, aku tak mau lagi kembali ke kota.

6. Contoh Teks Narasi Tentang Sejarah

Pada 8 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbour, untuk melumpuhkan kekuatan Amerika Serikat di Pasifik. Dengan demikian, penyerangan Jepang ke negara-negara Asia Tenggara dapat berjalan lancar, hingga berhasil menjajah ke wilayah Indonesia.

7. Contoh Teks Narasi Tentang Pengalaman

Akhirnya, hari ini tiba. Aku dan keluargaku akan pergi ke Planetarium Jakarta. Aku bangun pukul 05.00 pagi, kemudian membantu ibu mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa.

Sebelum pergi, kami sarapan terlebih dulu hingga pukul 07.00 kami berangkat menuju kebun binatang Planetarium. Ayah dan ibuku duduk di depan, sedangkan aku dan kakakku duduk di belakang mobil.

Contoh narasi pendek ini menceritakan persiapan rekreasi sebuah keluarga ke Planetarium Jakarta. Cerita dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga 07.00 pagi dan dituliskan dengan efektif sebagai suatu contoh teks narasi pendek yang baik.

8. Contoh Teks Narasi Tentang Cerita Inspiratif

Pada suatu hari ada seorang anak laki-laki bernama Heri sedang yang berjualan demi melanjutkan pendidikan untuk cita-citanya. Suatu ketika, Heri yang tidak memeiliki uang, sudah tidak kuat menahan lapar, sehingga ia berniat meminta makanan, yang ada di sebrang jalan. Kemudian, ada wanita muda membuka pintu yang berbaik hati memberinya segelas susu secara gratis. Atas kebaikan wanita itu, dia kemudian bertekad untuk lebih semangat mengejar mimpinya.

Bertahun-tahun berlalu, akhirnya Heri berhasil menjadi seorang Dokter. Suatu ketika ia mendapatkan pasien wanita tua, dan ternyata wanita tua itu adalah wanita yang dulu pernah menolongnya dan memberinya segelas susu. Setelah selesai melakukan konsultasi dan pemeriksaan penyakitnya, wanita itu lekas mendapat surat tagihan untuk membayar. Ketika wanita itu menerima surat tagihan, dalam surat tersebut tertulis, Dr. Heri telah membayar seluruh tagihannya, dengan menulis:

"Sudah dibayar lunas dengan segelas susu".

Dari contoh cerita teks narasi inspiratif di atas, pesan moral yang bisa kita ambil adalah bahwa kebaikan akan di balas dengan kebaikan. Terlihat dalam cerita tersebut rangkaian cerita disajikan secara kronologis dan beralur maju.

9. Contoh Teks Narasi Tentang Kehidupan

Di sebuah kota, hiduplah seorang pemuda yang ingin jadi pahlawan. Ia pun berlatih keras dengan melakukan sit up 100 kali, push up 100 kali, squat jump 100 kali, dan lari 3 km setiap harinya, sehingga menjadi pemuda yang perkasa. Pada suatu hari, ia menolong seorang pria paruh baya yang hampir dibunuh oleh penjahat. Ia berhasil mengalahkan penjahat itu tanpa kewalahan sedikit pun dan menyelamatkan pria tersebut.

10. Contoh Teks Narasi Tentang Cerita Masa SMA

Masih terbersit di benakku akan satu hal yang begitu menyita waktu, tenaga, dan pikiranku. Saat itu, tepat setelah pengumuman ujian nasional SMA selesai, hari di mana saya harus menentukan bagaimana nasib pendidikanku selanjutnya.

Pada saat tersebut, perdebatan sengit terjadi, bagaikan langit serasa ingin runtuh. Aku tak menyangka bahwa ibu dan ayahku berbeda pendapat denganku tentang masalah proses pendidikan selanjutnya, seakan memaksaku menentukan sebuah pilihan yang begitu sulit bagiku. Hal itu berawal dari pembicaraan kamu membahas perguruan tinggi apa yang harus saya pilih.

Dari lubuk hatiku yang paling dalam begitu mendambakan perguruan tinggi di bidang kesehatan. Seolah mereka tak mempedulikan sama sekali keinginanku, betul saja keinginan mereka berbeda 180 derajat dari keinginanku. Saya sangat sayang kedua orang tuaki sehingga saya tidak ingin mereka kecewa. Dengan niat yang ikhlas dan ridha dari Allah SWT, akhirnya saya mengikuti pilihan mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.