Sukses

Contoh Personal Letter, Pengertian, Struktur, dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh personal letter perlu kamu pahami dalam belajar bahasa Inggris. Personal letter dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan surat pribadi. Surat pribadi adalah jenis surat yang ditulis oleh seseorang dan tidak bersifat resmi. Sesuai namanya, surat ini biasanya berisi keperluan pribadi saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat pribadi adalah surat yang ditujukan kepada perseorangan, bersifat pribadi, dan untuk kepentingan pribadi. Surat pribadi biasanya dikirimkan kepada keluarga, teman, dan lain sebagainya.

Contoh personal letter untuk teman, guru, dan keluarga bisa kamu buat sendiri. Jenis surat pribadi ini biasanya ditulis tidak menggunakan bahasa yang terlalu baku, bahkan cenderung bebas. Namun, kamu tentunya tetap harus memperhatikan sopan santun dalam berbahasa.

Penggunaan bahasa yang sopan dan beretika harus disesuaikan dengan latar belakang orang yang akan menerima surat pribadi atau personal letter. Berikut Liputan6.com rangkum dari repositori.kemdikbud.go.id, Jumat (9/12/2022) tentang contoh personal letter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Personal Letter

Sebelum mengenal contoh personal letter, kamu perlu memahami apa itu personal letter terlebih dahulu. Surat dalam bahasa Inggris disebut dengan letter. Personal Letter (Surat Pribadi) merupakan surat tidak resmi yang ditulis untuk perseorangan. Biasanya, yang terlibat adalah dua orang yang saling mengenal dengan baik.

Mengutip buku Bahasa Inggris Kelas XI Semester 2 disebutkan bahwa: Personal letters are letters you write to people you have already known well or been familar with, such as family members, friends, classmates or pen friends. Jadi, kamu bisa menulis surat pribadi untuk orang tua, kakak atau adik, teman akrab, sahabat yang pernah tinggal di dekatmu, dan lain sebagainya.

Sebelum mengenali contoh personal letter, kamu juga perlu memahami strukturnya. Struktur sebuah surat pribadi meliputi: tempat dan tanggal surat dibuat, alamat, salam dan nama, pembukaan, isi, penutup, salam penutup dan tanda tangan. Unsur kebahasaan yang dipelajari meliputi ungkapan keakraban yang lazim digunakan dalam surat pribadi, nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya, serta ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

3 dari 5 halaman

Struktur Personal Letter

- Date (Tanggal) = Biasanya tanggal ini ditulis pada kiri paling atas. Tanggal ini menunjukkan kapan waktu surat ditulis. Misalnya: 12th January 2014

- Address (Alamat) = Bagian ini adalah tempat dimana kamu menulis surat atau alamat asal si pengirim tinggal. Alamat ditulis pada bagian kanan atas. Misal: 35 Senggigi Raya Lombok 75009 Nusa Tenggara Timur

- Salutation & Name (Salam & Nama) = Bagian ini menuliskan salam pembuka dan nama penerima surat. Misalnya: My Dear Lovely Siti, Dear..., Dearest..., Sweetheart, Darling, My love, dan lain-lain.

- Introduction (Pembukaan) = Biasanya dimulai dengan sebuah kalimat seperti tanggapan dari surat sebelumnya atau bisa juga awal perkenalan diri jika kalian baru memulai surat-menyurat.

- Body (Isi Surat) = Bagian ini merupakan isi atau inti dari surat. Pada bagian body ini kalian menceritakan seluruh isi surat yang ingin kalian tuliskan.

- Closure (Penutup) = Bagian ini berfungsi untuk menutup pembicaraan, yang menunjukan bahwa surat akan segera berakhir.

- Complimentary Close (Salam Penutup) = Bagian ini merupakan ungkapan penutup pendek. Misalnya: With love, Sincerely yours, dan lain-lain.

- Signature (Tanda Tangan) = Bagian ini berada di bawah complementary close, kalian bisa membubuhkan kalian tangan atau bisa juga hanya inisial nama kalian saja.

4 dari 5 halaman

Jenis Personal Letter

Contoh personal letter bisa kamu pahami dari jenis-jenisnya. Personal letter terdiri dari:

1. Family Letter: Written to a family members to share recent news (ditulis untuk anggota keluarga yang bertujuan membagi berita terbaru).

2. Pen friend letter: Written to a pen friend (sahabat pena).

3. Fan Mails: Written to someone you idolise or admire (ditulis untuk seseorang yang kamu idolakan atau kagumi)

4. Holiday/Celebration letter (surat ucapan selamat berlibur/ peringatan hari tertentu)

5. Farewell letter: Written to say goodbye to someone who is moing interstate or overseas, or changing school (ditulis untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang pindah negara bagian atau keluar pulau. Atau juga pindah sekolah)

6. Get well letter: Written to wish someone a speedy recovery from illness. (ditulis untuk mengharapkan seseorang sebuah pemulihan yang cepat dari sakit).

7. Congratulations letter (surat ucapan selamat atas pencapaian prestasi tertentu)

8. Thank You letter

9. Love letter

5 dari 5 halaman

Contoh Personal

Contoh Personal Letter 1

Contoh personal letter pertama bisa kamu lihat seperti di bawah ini:

 

Kupang, April 2, 2018

 

Dear Paula,

Hello Paula, how are you? It’s been a month since l last heard from you. Well l just wanted to tell you that I was in a hospital last week. According to the doctor l was infected by dengue fever.

At first, I felt my body became weak then fainted when was studying in the classroom. Then, I was taken to the hospital because of the high fever.

At the hospital, I was brought into the emergency unit. The doctor immediately gave some treatments. Finally, l had to stay there for one week. Everyday the doctor kept me on a drip. At the seventh day, my condition was getting better. After the final check, the doctor gave me permission to go home. Now, I’m okay and because of my illness, I am now more careful about keeping in my house clean especially my room, I don’t want to get the same illness again.

OK, think that’s all from me, write to me soon ok? I am looking forward to seeing you soon.

Regards

Nadira

 

Contoh Personal Letter 2

Contoh personal letter kedua bisa kamu lihat seperti di bawah ini:

 

Surabaya, February 1st, 2017

 

Dear Nathan How are you? Hope everything is okay with you. I’m all right here. We are going to have the national examination, aren’t we? Are you well prepared for it?

Well, to be honest, I just have some difficulties in preparing for it, especially in Science. There are extra lessons in my school and I take them all. But, I feel that they don’t help. I’m still confused in solving Mathematic problems.

I’m just worried that I fail the national examination. Do you have any suggestion for me? I really appreciate your help.

I look forward to hearing from you.

 

Your buddy, Rendy

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS