Sukses

Profil PT Kalbe Farma, Sejarah, dan Produk-produknya

Liputan6.com, Jakarta PT Kalbe Farma merupakan salah satu perusahaan farmasi paling terkenal di Indonesia. Perusahaan ini telah berkembang dan bertransformasi menjadi penyedia soulsi kesehatan terkemuka di Indonesia melalui 4 kelompok divisi usahanya.

Kelompok divisi usaha dari PT Kalbe Farma tersebut di antaranya adalah Divisi Obat Resep (kontribusi 23%), Divisi Produk Kesehatan (kontribusi 17%), Divisi Nutrisi (kontribusi 30%), serta Divisi Distribusi and Logistik (kontribusi 30%).

PT Kalbe Farma adalah salah satu perusahaan penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki keunggulan dengan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi Kalbe, Jumat (9/12/2022) tentang PT Kalbe Farma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Kalbe Farma

PT Kalbe Farma adalah perusahaan yang memberikan akses kesehatan bagi masyarakat, seperti penyediaan obat generik, alat kesehatan dan diagnostik melalui program jaminan kesehatan nasional. Dalam memerangi stunting, PT Kalbe Farma bekerja sama dengan Keluarga Berencana Nasional Indonesia dan Universitas YARSI untuk mendukung nutrisi bagi ibu dan anak.

Semetnara itu, melalui Klikdokter, PT Kalbe Farma memfasilitasi pendidikan dengan memberikan kemudahan konsultasi dan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Melalui Divisi Distribusi dan Logistik, PT Kalbe Farma menyediakan titik distribusi yang luas dengan 71 cabang untuk melayani 200 ribu outlet di seluruh Indonesia.

Kalbe juga aktif mendistribusikan vaksin dan memberikan vaksinasi kepada lansia, masyarakat umum dan karyawan. PT Kalbe Farma juga telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat inisiatif ESG, melalui efisiensi energi dan energi terbarukan, ekosistem jahe merah, implementasi Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan, dan pengelolaan vendor yang berkelanjutan.

Kantor Pusat PT Kalbe Farma berada di Jl, Let. Jend Sprapto Kav 4 Jakarta 10510 – Indonesia.

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Kalbe Farma

PT Kalbe Farma adalah perusahan yang berdiri pada tahun 1966, Kalbe telah jauh berkembang dari usaha sederhana di sebuah garasi menjadi perusahaan farmasi terdepan di Indonesia. Melalui proses pertumbuhan organik dan penggabungan usaha & akuisisi, Kalbe telah tumbuh dan bertransformasi menjadi penyedia solusi kesehatan terintegrasi melalui 4 kelompok divisi usahanya: Divisi Obat Resep (kontribusi 23%), Divisi Produk Kesehatan (kontribusi 17%), Divisi Nutrisi (kontribusi 30%), serta Divisi Distribusi and Logistik (kontribusi 30%).

Keempat divisi usaha ini mengelola portofolio obat resep dan obat bebas yang komprehensif, produk-produk minuman energi dan nutrisi, serta usaha distribusi yang menjangkau lebih dari satu juta outlet di seluruh kepulauan Indonesia. Di pasar internasional, PT Kalbe Farma telah hadir di negara-negara ASEAN, Nigeria, dan Afrika Selatan, dan menjadi perusahaan produk kesehatan nasional yang dapat bersaing di pasar ekspor.

Sejak pendiriannya, PT Kalbe Farma menyadari pentingnya inovasi untuk mendukung pertumbuhan usaha. Kalbe telah membangun kekuatan riset dan pengembangan dalam bidang formulasi obat generik dan mendukung peluncuran produk konsumen dan nutrisi yang inovatif. Melalui aliansi strategis dengan mitra-mitra internasional, PT Kalbe Farma telah merintis beberapa inisiatif riset dan pengembangan yang banyak terlibat dalam kegiatan riset mutakhir di bidang sistem penghantaran obat, obat kanker, sel punca dan bioteknologi.

Didukung lebih dari 17.000 karyawan, kini PT Kalbe Farma telah tumbuh menjadi penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia, dengan keunggulan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan. PT Kalbe Farma juga merupakan perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp79,2 triliun dan nilai penjualan Rp20,2 triliun di akhir 2017.

4 dari 5 halaman

Produk dan Jasa Kalbe Farma

1. Obat Resep

Divisi Obat Resep PT Kalbe Farma memiliki rangkaian produk yang lengkap untuk semua segmen, mulai dari obat generik tanpa merek, obat generik bermerek, hingga obat berlisensi. Produk-produk tersebut didistribusikan ke rumah sakit, apotek, dan toko obat di seluruh nusantara melalui jaringan distribusi yang terintegrasi.

Kalbe juga memiliki tim pemasaran yang kuat, dibagi menjadi beberapa kelompok yang didedikasikan untuk setiap segmen dan kelas terapi, memungkinkan upaya pemasaran yang terfokus dan efektif. Beberapa produk top dari PT Kalbe Farma berupa obat resep adalah Brainact, Broadced, Cefspan, Cernevit, Cpg, Cravit, Hemapo, Mycoral, Neuralgin, Neurotam.

2. Produk Kesehatan

Divisi Produk Kesehatan PT Kalbe Farma meliputi kategori produk obat bebas bersifat kuratif serta produk-produk konsumsi yang memiliki manfaat kesehatan seperti suplemen dan produk bersifat preventif lainnya, minuman energi serta produk minuman kesehatan. Portofolio kategori produk obat bebas Kalbe mencakup lebih dari 6 kelas terapi obat bebas dengan merek-merek dominan yang menguasai pangsa pasar dalam beberapa dekade terakhir.

Beberapa produk top dari PT Kalbe Farma berupa produk kesehatan adalah Cerebrofort Gold, Cerebrofort Marine Gummy, Cerebrovit, Entrostop, Extra Joss, Fatigon, H2 Health & Happiness, Hydro Coco, Kalpanax, Komix Herbal, Komix Kid, Komix OBH, Love Juice, Mixagrip, Procold, Promag, Promag Herbal, Sakatonik ABC, Sakatonik Liver, Woods, Xonce.

3. Nutrisi

Divisi Nutrisi PT Kalbe Farma menawarkan ragam produk-produk nutrisi yang lengkap untuk seluruh lapisan usia konsumen, mulai dari bayi, balita, anak-anak, pra-remaja, dewasa, ibu hamil dan menyusui, hingga usia senja; serta produk-produk nutrisi untuk konsumen dengan kebutuhan khusus. Beberapa produk top dari PT Kalbe Farma berupa nutrisi adalah Diabetasol, Diva Beauty Drink, Entrasol, Fitbar, Milna, Nutrive Benecol, Prenagen, Slim & Fit, Zee.

4. Distribusi dan Logistik

Divisi Distribusi dan Logistik yang dikelola oleh anak perusahaannya PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT), bertanggung jawab atas distribusi produk-produk Kalbe dan produk prinsipal pihak ketiga ke lebih dari 1 juta outlet di seluruh pelosok Indonesia. Di samping itu, Kalbe juga telah memperluas portofolio bisnis Divisi tersebut dengan perdagangan bahan baku kimia, peralatan kesehatan serta layanan jasa kesehatan secara ritel.

Jaringan distribusi dan logistik PT Kalbe Farma merupakan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia untuk produk farmasi. Dengan dukungan 2 Pusat Distribusi Regional (Regional Distribution Center atau RDC) di kota Jakarta dan Surabaya serta 74 cabang yang tersebar di 54 kota, Kalbe mampu menjangkau lebih dari 1 juta outlet di seluruh Indonesiasecara langsung dan tidak langsung bekerja sama dengan perusahaan sub-distribusi lokal.

5. Layanan Kesehatan

Enseval melalui anak perusahaannya, PT Millenia Dharma Insani, menyediakan jasa pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, melalui Klinik Mitrasana. Jaringan Klinik Mitrasana akan terus diperluas, menjangkau tidak hanya area jabodetabek, namun akan terus dikembangkan ke daerah-daerah lain, seiring dengan semakin meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perawatan kesehatan.

5 dari 5 halaman

Produk dan Jasa Kalbe Farma

6. Alat Kesehatan

PT Enseval Medika Prima (EMP) didirikan pada November 2007. EMP adalah unit bisnis strategis PT Kalbe Farma Tbk, dengan fokus bisnis pada Penjualan dan Pemasaran alat kesehatan dan diagnostik In-vitro. Selain bermitra dengan pemain global Alat Kesehatan di Indonesia, EMP juga membangun Brand sendiri khususnya untuk produk medis habis pakai di Rumah Sakit (E-Care) dan produk kesehatan untuk pengunaan personal (Elvasense).

Pada tahun 2019, EMP mulai membangun fasilitas produksi melalui anak perusahaan: PT. Forsta Kalmedic Global, dengan lini produk benang bedah steril.

Line of Business:

Hospital Specialty: Barang medis habis pakai dan radiologi

Hospital Equipment: Peralatan elektromedik dan perabotan rumah sakit

Hospital laboratory Core: Peralatan laboratorium diagnostik in-vitro

Hospital Laboratory Emerging: Peralatan laboratorium untuk industri dan sektor berkembang

Personal Health: Peralatan kesehatan untuk penggunaan personal/rumah

Surgery: Peralatan bedah

7. Biofarma

Innogene Kalbiotech Pte. Ltd. (Innogene) adalah pusat riset PT Kalbe Farma di bidang bioteknologi dalam kegiatan akuisisi, serta pengembangan dan komersialisasi produk. Di antaranya, pusat riset ini telah mengembangkan TheraCIM, produk antibodi monoklonal untuk terapi kanker secara terarah.

8. Veteriner

Kalbe Animal Health merupakan Unit Bisnis Strategis (SBU) dibawah PT Kalbe Farma, Tbk yang berdiri pada tahun 1978 dengan fokus bisnis di kesehatan hewan. Kalbe Animal Health memiliki produk portofolio yang lengkap dan brand yang kuat dalam bentuk produk jadi (Kalbe own Product) dan produk lisensi, di antaranya kategori farmasetik, injeksi steril, imbuhan pakan, suplemen pakan, desinfektan, alat identifikasi ternak dan peralatan hewan besar. Kalbe Animal Health memiliki sertifikat yang legal untuk memproduksi, mengimpor dan juga mendistribusikan produk kesehatan hewan di Indonesia.

Kalbe Animal Health telah sukses mendistribusikan produk inovatif berkualitas tinggi dari berbagai prinsipal kelas dunia diantaranya Ardes (Prancis), Biolink (Inggris), Bioproton (Australia), Jurox (Australia), Nutriad (Belgia), Syva (Spanyol), Theseo (Prancis) and Vetoquinol (Prancis). Beberapa produk top dari PT Kalbe Farma berupa produk veteriner adalah Aquaxygen, Bio Energy Inj, Calvid C Coated Aquatic, Calviddog, Doris Anti Flea, Hi-G Pro, Kalmiral, Kaloxy LA, Kalvimix RX, Legantor Milku, Mefisto, TH4+

9. Bisnis Internasional

Bidang usaha internasional PT Kalbe Farma terus meraih pertumbuhan yang menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir. Total pendapatan ekspor mencapai Rp997,6 miliar di tahun 2016, tumbuh 12,3% dari Rp888,7 miliar di tahun 2015. Selain pasar ASEAN, produk-produk kesehatan, nutrisi dan obat resep Kalbe juga diterima dengan baik di beberapa negara lain di Asia dan Afrika, yang memiliki karakteristik pasar yang serupa dengan Indonesia. Dengan kantor pusat di Singapura, Kalbe Internasional bertanggung jawab mengelola kantor-kantor cabang dan kantor-kantor perwakilan Perseroan di 9 negara: Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Cambodia, Sri Lanka, Nigeria dan Afrika Selatan.

10. E-Health

KlikDokter telah memberikan akses kesehatan yang lebih baik bagi ribuan orang dengan dukungan dokter pejuang masa kini. Melalui layanan platform digital terintegrasi yang diciptakan, setiap orang bisa melakukan konsultasi online dengan dokter dari berbagai spesialisasi, mendapatkan resep yang tepat, menggunakan beragam tools kesehatan seperti alat cek risiko diabetes dan kanker, kesuburan, Indeks Massa Tubuh, program kehamilan, serta alergi berbasis teknologi.

PT Kalbe Farma terus berinovasi untuk menjadikan KlikDokter sebagai platform berbasis teknologi dengan beragam solusi melalui puluhan layanan yang bisa menjawab semua masalah kesehatan keluarga Indonesia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS