Sukses

Contoh Laporan Kunjungan Industri SMK, Ketahui Format Penulisan dan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Laporan kunjungan industri merupakan bentuk karya tulis yang dibuat setelah melakukan kunjungan industri di sebuah perusahaan. Contoh laporan kunjungan industri SMK secara umum berisi tentang profil perusahaan yang dikunjungi, serta kegiatan siswa selama berkunjung di perusahaan tersebut.

Secara format atau bentuk, contoh laporan kunjungan industri SMK memiliki format yang mirip dengan laporan penelitian atau laporan hasil pengamatan. Yang membedakan contoh laporan kunjungan industri SMK dengan jenis laporan lain ada di beberapa bagian, terutama profil perusahaan, pelaksanaan kunjungan, manfaat kunjungan, dan kegiatan apa saja yang dilakukan siswa selama kunjungan.

Contoh laporan kunjungan industri SMK biasanya dibuat dalam bentuk seperti makalah, di mana ada halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan,isi laporan, dan penutup. Di bagian akhir laporan, siswa juga dapat menambahkan lampiran, berupa foto-foto yang menunjukkan kegiatan siswa selama kunjungan.

Untuk lebih memahami apa itu laporan kunjungan industri, berikut adalah pengertian kunjungan industri dan manfaatnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kunjungan Industri

Seperti dikutip dari laman SMK Tridaya Jakarta, Kunjungan Industri (KI) atau Visit Industrial merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan untuk melihat secara langsung suasana/kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.

Adapun tujuan dari Kunjungan Industri antara lain adalah untuk memberikan wawasan kepada siswa mengenai kemajuan teknologi yang berkembang di perusahaan/industri yang demikian pesat, sehingga siswa tidak tertinggal dan buta teknologi terkini (canggih) yang sudah diterapkan pada perusahaan/industri baik di skala nasional maupun internasional.

Selain itu, Kunjungan Industri juga bertujuan untuk menyiapkan para siswa untuk dapat menghadapi era globalisasi yang menuntut siswa memiliki SDM yang berkualitas, serta memiliki kemampuan (Skill) Dan kemampuan untuk menjadi tenaga kerja yang profesional.

Dari kegiatan Kunjungan Industri, siswa diharapkan dapat mengambil manfaat berupa dorongan semangat dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) disekolah; pengalaman langsung kepada siswa tentang dunia kerja yang sebenarnya pada lingkungan dunia industri; serta informasi tentang ketenaga kerjaan yang akan bermanfaat pada saat setelah siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan.

3 dari 4 halaman

Format Laporan Kunjungan Industri

Setelah melakukan kegiatan Kunjungan Industri, biasanya siswa akan diminta untuk membuat laporan kunjungan industri untuk menceritakan pengalamannya selama kunjungan. Untuk dapat membuat laporan kunjungan industri, siswa tentunya harus memahami format penulisan laporan kunjungan industri.

Melihat contoh laporan kunjungan industri SMK, juga bisa membantu memberikan pemahaman tentang cara menulis laporan kunjungan industri. Namun sebenarnya, cara menulis laporan kunjungan industri tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan cara menulis laporan kunjungan industri hampir sama seperti menulis jenis laporan lainnya.

Di luar halaman judul, pengesahan, kata pengantar, daftar isi dan lampiran, laporan kunjungan industri sebenarnya hanya terdiri dari tiga bagian, yakni pendahuluan, isi laporan, dan penutup.

1. Halaman Judul

Seperti namanya, halaman judul berisi judul laporan kunjungan industri. Selain itu, cantumkan juga nama perusahaan dan alamat perusahaan yang dikunjungi. Di bawah judul, sematkan lambang institusi, dalam hal ini lambang sekolah tempat siswa yang bersangkutan belajar. Setelah itu, nama siswa dan nomor induk siswa. Semua huruf dicetak dengan huruf kapital. Komposisi huruf dan tata letak masing-masing bagian diatur secara simetris, rapi, dan serasi. Ukuran huruf yang digunakan adalah 12-16.

2. Halaman Pengesahan

Halaman pengesahan berisi bahwa laporan kunjungan industri telah diketahui pembimbing dan kepala sekolah. Pada halaman ini umumnya berisi tanda tangan dari penulis, guru pembimbing, dan kepala sekolah.

3. Kata Pengantar

Seperti namanya, kata pengantar merupakan kata-kata dari penulis sendiri yang menggambarkan tentang bagaimana laporan ditulis. Kata pengantar biasanya juga berisi ucapan terima kasih terhadap pihak-pihak yang dianggap telah berkontribusi bagi kelancaran penulis dalam menyelesaikan laporan kunjungan industri.

4. Daftar Isi

Daftar isi memberi gambaran umum tentang keseluruhan isi laporan kunjungan industri SMK. Dalam daftar isi dicantumkan halaman-halaman bagian awal yang mempunyai nomor yang ditulis dengan angka romawi kecil.

5. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian pertama atau bab satu dalam contoh laporan kunjungan industri SMK. Pendahuluan laporan kunjungan industri biasanya terdiri dari tiga bagian, yakni latar belakang, manfaat kunjungan industri, serta waktu dan tempat dilaksanakannya kunjungan industri.

a. Latar Belakang

Latar belakang merupakan uraian alasan mengapa kunjungan industri dilakukan. Bagian ini juga memaparkan tentang tujuan dari dilaksanakannya kunjungan industri. Di sini, siswa juga dapat mencantumkan profil singkat dari perusahaan yang dikunjungi.

b. Manfaat Kunjungan Industri

Bagian ini berisi tentang pemaparan tentang manfaat apa saja yang dirasakan siswa selama kunjungan industri. Itu bisa menjadi pengalaman, ilmu pengetahuan yang tidak diberikan di sekolah, dan pemahaman tentang bagaimana sebuah industri dijalankan.

c. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Bagian ini berisi tentang penjelasan di mana kunjungan industri dilaksanakan. Di bagian ini siswa atau penulis dapat mencantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, hari dan tangga kapan kunjungan dilakukan.

6. Isi Laporan

Isi laporan merupakan bagian inti dari contoh laporan kunjungan industri SMK. Isi laporan biasanya terdiri dari dari beberapa bagian, yakni ulasan tentang kegiatan perusahaan, grafik penjualan, produk, jumlah karyawan, dan budaya perusahaan.

7. Penutup

Bagian penutup biasanya terdiri dari dua bagian, yakni kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah gambaran singkat dari keseluruhan contoh laporan kunjungan industri SMK. Sedangkan saran berisi tentang poin-poin yang bisa ditambahkan atau diperbaiki dalam kegiatan kunjungan industri berikutnya.

8. Lampiran

Lampiran dapat diisi dengan foto-foto yang menggambarkan kegiatan siswa selama melakukan kunjungan industri.

4 dari 4 halaman

Contoh Laporan Kunjungan Industri SMK

Mengamati contoh laporan kunjungan industri SMK bisa jadi memberikan pemahaman mengenai struktur dan cara membuat laporan kunjungan industri. Berikut adalah satu contoh laporan kunjungan industri SMK seperti yang dikutip dari SMK Nasional Berbah Sleman;

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Kegiatan Kunjungan IndustriDi PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR

Tanggal :…………………………….

 

 

 

Pembimbing Laporan                Penulis

 

………………………                         ………………………

Mengesakan

Kepala Sekolah

 

Dwi Ahmadi,S.Pd

 

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Laporan Kunjungan Industri ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan laporan ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki laporan kunjungan industri ini.

Akhir kata kami berharap semoga laporan kunjungan industri tentang PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.

 

Yogyakarta,…………

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

BAB I

PENDAHULUAN

A. TUJUAN KUNJUNGAN INDUSTRI

Dengan menyelenggarakan kegiatan kunjungan industri ini, bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa terhadap sebuah perusahaan agar nantinya siswa bisa mengetahui hal-hal yang ada di dalam sebuah perusahaan.Contohnya di perusahaan PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR ini, kita dapat tahu tentang perusahaan apakah itu dan memproduksi apakah itu, baik atau tidakkah perusahaan itu dibanding perusahaan perusahaan yang lainya.

B. MANFAAT KUNJUNGAN INDUSTRI

Siswa dapat mengerti dengan jelas apa-apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan di kalau nantinya siswa berminat ingin bekerja di perusahaan tersebut dengan melakukan kegiatan kunjungan industri.

C. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KUNJUNGAN INDUSTRI

Waktu kegiatan pelaksanaan kunjungan industri di PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR pada hari Rabu, 25 maret 2015 pukul 09.00-11.30 WIB. Dan tempat pelaksanaan di gedung perusahaan PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR di Jl Raya Bekasi Km.21, Pulogadung Jakarta Timur 13920. yang tepatnya di Training Center Room yang terdapat di dalam perusahaan Pt. Mitsubishi Kramayudha Motor, yang kemudian dilanjutkan pada pengamatan praktik kerja karyawan Pt. Mitsubishi Kramayudha Motor.

BAB II

ISI LAPORAN

A. KEGIATAN PERUSAHAAN

PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing merupakan perusahaan yang memproduksi komponen-komponen untuk kendaraan, baik itu komponen untuk badan kendaraan maupun komponen untuk mesin kendaraan. Oleh karena itu, dalam kegiatannya terbagi menjadi dua bagian yang masing-masing menghasilkan produk yang berlainan. Adapun bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Stamping Factory

Pabrik ini memproduksi komponen-komponen untuk badan dan rangka kendaraan, dimana kegiatannya adalah mengelola lempengan logam dari pemotongan, pengepresan, sampai perakitan untuk menghasilkan kendaraan yang berkualitas tinggi. Adapun komponen yang dihasilkan antara lain: 1) Body kendaraan. 3) Steering. 5) Exhaust Pipe 2) Chassis. 4) Fuel Tank. 6) Muffler.

2. Engine Factory

Pabrik ini memproduksi berbagai macam komponen untuk mesin kendaraan. Selain itu, pabrik ini merakit komponen-komponen mesin baik itu komponen lokal maupun dari luar menjadi satu mesin yang siap pakai dengan kualitas tinggi. Adapun komponen yang dihasilkan antara lain: 1) Cylinder Head. 5) Cam Shaft. 2) Crank Shaft. 6) Transmission Case. 3) Cylinder Back. 7) Extension Housing. 4) Connecting Rod.

PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing memproduksi komponen-komponen tersebut berdasarkan jumlah pesanan yang diterima dari distributor tunggal kendaraan Mitsubishi di Indonesia, yang dipegang oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) yang didirikan pada tanggal 27 April 1973. Produksi yang dihasilkan oleh PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing didistribusikan ke PT. Krama Yudha Ratu Motor (KRM) untuk jenis T120SS, L300, dan truk.

PT. KRM didirikan pada tanggal 2 Juni 1973, sedangkan untuk jenis Galant, Lancer, dan Kuda diproduksi di luar negeri dengan anggapan bahwa, di Indonesia banyak sekali perusahaan otomotif yang memproduksi mobil komersial, sehingga pihak Mitsubishi lebih memfokuskan kepada produksi mobil niaga. Ketiga perusahaan tersebut tergabung dalam Krama Yudha Group, yang dalam menjalankan usaha dan kegiatannya saling berkaitan dan saling membantu antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain.

B. GRAFIK PENJUALAN PT MITSUBISHI KRAMA YUDHA MOTOR

C. PRODUK PT MITSUBISHI KRAMA YUDHA MOTOR

Berikut ini adalah beberapa produk yang diproduksi di PT MITSUBISHI KRAMA YUDHA MOTOR:

D. JUMLAH KARYAWAN

Perusahaan PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR adalah salah satu perusahaan yang terkemuka di Indonesia.Sampai sekarang karyawan di perusahaan tersebut semakin bertambah, seiring berkembangnya teknologi.Hingga sekarang total keseluruhan karyawan di PT. MITSUBISHI KRAMAYUDHA MOTOR kurang lebih sampai 770 orang. Dan sampai sekarang masih terus bertambah dari seluruh calon karyawan susulan dari lulusan D3 dan S1 dari seluruh Indonesia.

E. BUDAYA INDUSTRI YANG DITERAPKAN

Budaya industry yang selalu diterapkan di perusahaan PT. KAYABA INDONESIA di antara lain:

1. Semua karyawan diwajibkan hadir tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

2. Menggunakan seragam kerja praktik, topi, serta penutup telinga.

3. Melaksanakan semua job kerja yang telah disediakan dengan waktu tertentu.

4. Jalan di jalur hijau yang telah disediakan.

5. Melaksanakan pekerjaan dengan cepat dan efektif.

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Dengan melakukan kegiatan Kunjungan Industri ini, kita dapat tahu Seperti apa perusahaan besar yang ada di Indonesia itu? Dan kita dapat tahu bagaimana cara untuk masuk ke dalam sebuah perusahaan tersebut? Selain itu, kegiatan ini mendukung siswa untuk lebih aktif di setiap kegiatan yang tidak ada dalam perusahaan. Dan di sisi lain kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk rekreasi, supaya tidak jenuh saat kegiatan kunjungan industri berlangsung.

B. SARAN-SARAN

Semoga dengan adanya kegiatan kunjungan industri di PT.KYB INDONESIA dapat memberikan manfaat bagi seluruh siswa SMK BTB JUWANA, juga bagi PERUSAHAAN itu sendiri. Dan semoga kegiatan ini dapat membuat siswa untuk lebih maju di dalam teori kejuruan, agar dapat berguna di kedepanya.

LAMPIRAN

(di isi foto-foto dan lain-lain)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS