Sukses

6 Contoh Gambar Flora yang Mudah dan Simpel untuk Anak-Anak, Lengkap Tekniknya

Liputan6.com, Jakarta Contoh gambar flora menjadi salah satu kegiatan dasar yang banyak diminati dan dicari oleh anak-anak. Gambar flora adalah menggambar yang menjadikan tanaman atau buna menjadi objek yang hendak digambar.

Contoh gambar flora ada beragam, mulai dari mawar, tulip, bunga matahari, dan masih banyak yang lainnya. Contoh gambar flora dapat dengan mudah digambar menggunakan teknik-teknik yang simpel.

Contoh gambar flora juga cocok untuk anak SD. Biasanya pada pembelajaran dini, menggambar flora adalah salah satu materi yang paling sering diberikan kepada anak-anak. Hal ini sebagai perkenalan pada flora dalam kehidupan nyata.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh gambar flora untuk anak-anak yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menggambar Objek Flora

Dikutip dari Sumber Belajar Kemdikbud, menggambar flora (tumbuh-tumbuhan) dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman, keindahan, dan keunikan objek flora yang ada di lingkungan sekitar kita. Bagian-bagian flora dapat dijadikan sebagai objek gambar misalnya, bagian daun, kelopak, bunga dan buahnya. Bagian-bagian objek flora ini dapat digambar secara terpisah ataupun digabung menjadi satu rangkaian.

Dalam proses menggambar flora memiliki teknik yang berbeda-beda walaupun sama-sama jenis bunga, sama-sama jenis pohon atau daun. Perbedaan ini disebabkan karakteristik kelopak bunga, karakteristik bentuk batang dan daun yang berbeda-beda.

Dengan menggambar flora untuk anak-anak, maka secara tidak langsung mengenalkan flora dan melatih daya ingat, daya tangkap, dan daya imajinasinya. Selain mengenalkan bentuk atau jenis dari flora, orang tua ataupun guru perlu menjelaskan secara perlahan arti dari flora.

Mengutip dari laman ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, flora berasal dari bahasa Latin yang berarti dewi bunga. Oleh sebab itu, flora dapat diartikan sebagai hal yang berhubungan dengan bunga atau kelompok tanaman asli di ekosistem suatu wilayah. Untuk mengenalkan flora dengan mudah kepada anak-anak, biasanya diberikan contoh gambar flora.

3 dari 4 halaman

Contoh Gambar Flora

1. Bunga Mawar

Bunga mawar menjadi salah satu bunga yang paling sering dijadikan sebagai inspirasi untuk menggambar. Tak terkecuali bagi mereka para pelukis profesional. Jika dilihat secara sekilas, mawar memang terlihat sulit untuk digambar. Namun ternyata, menggambar bunga mawar tidak sesulit yang dibayangkan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggambar lingkaran di bagian tengah. Kemudian, gambarlah bentuk oval di bagian sisinya secara tak beraturan yang nantinya akan digunakan sebagai kelopak bunga.

2. Bunga Matahari

Contoh gambar flora yang satu ini sangat mudah untuk ditiru bagi para pemula. Garis dan bentuknya dapat dibuat secara sederhana. Sangat cocok bagi kamu bahkan untuk anak-anak yang baru belajar menggambar dan menginginkan gambar simple namun tetap menarik.

3. Bunga Tulip

Contoh gambar flora yang satu ini sangat mudah untuk ditiru. Pasalnya, bentuk kelopak dan daunnya sangat sederhana. Selain itu, juga tidak terlalu banyak warna yang digunakan. Meski terlihat sederhana, namun terdapat teknik pewarnaan yang perlu kamu perhatikan ketika menggambar tulip putih. Sebaiknya, gunakanlah teknik gradasi pada gambar untuk menciptakan kesan yang lebih nyata. 

 

4 dari 4 halaman

Contoh Gambar Flora

4. Bunga Sakura

Contoh gambar flora ini sangat mudah dibuat karena tidak menekankan garis yang berlebihan. Kamu hanya perlu menggambar sketsa bunga sakura dengan mudah seperti contoh gambar flora bunga sakura asli.

5. Bunga Dahlia

Contoh gambar flora yang berikutnya adalah bunga dahlia. Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini. Bunga ini termasuk perdu berumbi yang sifatnya tahunan, berbunga di musim panas sampai musim gugur. Contoh gambar flora bunga dahlia banyak diminati karena memiliki sketsa kelopak dan daun yang mudah untuk ditiru.

6. Pohon Kelapa

Contoh gambar flora yang lainnya adalah pohon kelapa termasuk salah satu gambar flora yang sangat diminati oleh anak-anak, karena memiliki bentuk pohon dan daun yang sederhana. Berikut ini langkah-langkahnya:

a. Buatlah dua buah garis sejajar yang sedikit melengkung dan pada ujung bagian atasnya dan jaraknya mengecil.

b. Kemudian buatlah lingkaran-lingkaran kecil yang berkelompok pada kedua ujung garis bagian atas untuk membentuk sketsa buah kelapa.

c. Setelah itu, buatlah beberapa garis lengkung yang menjalar keluar atau menjari untuk menggambar batang daun kelapa.

d. Dari garis-garis lengkung batang, buatlah garis sejajar yang saling berlawanan arah dan saling berhimpit hingga memenuhi setiap batangnya.

e. Buatlah garis-garis di antara garis sejajar pada nomer 1 untuk membuat ruas-ruas batang.

f. Tambahkan beberapa gambar rerumputan dan batu-batu kecil pada pangkal batang pohon untuk memberi kesan tampak asli.

g. Dan langkah terakhir adalah mewarnai gambar pohon kelapa. Untuk kayunya, bisa menggunakan warna coklat atau hitam. Kemudian daunnya berwarna hijau tua dan buahnya berwarna kuning atau hijau muda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS