Sukses

Profil PT Yakult Indonesia Persada, Beserta Sejarah dan Produknya

Liputan6.com, Jakarta PT Yakult Indonesia Persada merupakan perusahaan yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun tahun 1990 hingga kini. PT Yakult Indonesia Persada terkenal sebagai produsen dari produk yakult yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Yakult sendiri merupakan minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei strain yang dapat mencapai bagian usus dalam keadaan hidup, dan membantu melawan bakteri jahat serta menjaga kesehatan usus. PT Yakult Indonesia Persada merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang memegang lisensi produksi Yakult.

Menjadi produsen dari salah satu produk yang digemari masyarakat, PT Yakult Indonesia Persada terus berkembang, dan saat ini telah memiliki sejumlah cabang yang tersebar di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Lombok, Sulawesi, Kalimantan dan Sumbawa, dengan jumlah karyawan kurang lebih 6000 orang. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Yakult Indonesia Persada yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi yakult.co.id pada Kamis (8/12/2022). Tentang profil PT Yakult Indonesia Persada, sejarah berdirinya PT Yakult Indonesia Persada dan produk Yakult mereka yang terkenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Yakult Indonesia Persada

PT Yakult Indonesia Persada telah berdiri sejak 1991 berkantor Pusat di Jakarta dan pada tahun 2022 ini telah berusia lebih dari 31 tahun. PT Yakult Indonesia Persada adalah perusahaan PMA yang berasal dari Jepang.

PT Yakult Indonesia Persada fokus dalam memproduksi serta mendistribusikan Yakult, yaitu minuman susu fermentasi sebagai salah satu minuman keluarga yang baik untuk dikonsumsi setiap hari, karena membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Dr. Minoru Shirota, Pendiri Yakult, percaya akan pentingnya pencegahan sebelum sakit dan usus yang sehat membawa pada umur panjang. Beliau menganjurkan untuk menyebarkan kesehatan yang diinginkan setiap orang dengan harga terjangkau. Ide-ide Dr. Shirota ini disebut sebagai “Shirotaisme” dan menjadi dasar bagi kegiatan usaha Yakult.

Filosofi PT Yakult Indonesia Persada adalah memberikan kontribusi pada kesehatan dan kebahagiaan masyarakat dunia dengan memacu keunggulan dalam ilmu kehidupan secara umum dan penelitian serta pengalaman terutama dalam mikroorganisme.

  

Visi, Misi, Moto dan Tujuan PT Yakult Indonesia Persada

Moto Produk : Cintai Ususmu, Minum Yakult Setiap Hari

Visi : Mengeksplorasi kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia.

Misi : Sebagai Pelopor Probiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus.

Tujuan : 

1. Meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan.

2. Memberikan komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan mengintegrasikan semua aspek perusahaan.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Yakult Indonesia Persada

PT Yakult Indonesia Persada pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 1991. Namun sebelum itu produknya telah ditemukan di Jepang berpuluh-puluh tahun sebelumnya.  Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia kemudian mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. untuk memasarkan minuman ini. 

Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemoterapi irinotecan.

Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol terbesar di Jepang, Tokyo Yakult Swallows. Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Asia, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang. 

Melalui penggalian terhadap ilmu pengetahuan, Yakult terus berusaha menemukan cara baru untuk membuat hidup kita lebih sehat dan berkualitas. Untuk mendukung aktivitas ini pada tahun 1967 telah didirikan lembaga pusat Yakult untuk penelitian mikrobiologi (Yakult Central Institute for Microbiological Research) di Tokyo.

Institut ini telah menghasilkan sejumlah penelitian dengan hasil yang memuaskan. Beberapa penelitian juga telah disebarluaskan kepada masyarakat. Untuk usaha-usaha tersebut, institut ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan. 

Di institut ini, berlandaskan falsafah Shirota-ism, para peneliti mengabdi untuk mengeksplorasi kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia. Inilah visi Yakult terhadap "life science". Penelitian yang dilakukan di Yakult Central Institute meliputi :

1. Penelitian dan pengembangan produk-produk makanan.

2. Penelitian dan pengembangan produk kosmetik.

3. Penelitian dan pengembangan produk farmasi.

4. Penelitian bakteri usus.

5. Penelitian dan pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.

6. Penelitian bioteknologi.

7. Test keamanan untuk produk dan bahan baku.

PT.Yakult merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana Penanaman Modal Asing 100% dari Yakult Jepang. 

Awalnya pabrik Yakult berada di Jakarta. Akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa Pesawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tanah 50.000 m2 dan luas bangunan 12.925 m2.

PT Yakult Indonesia Persada adalah “Sebagai Pelopor Probiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus”. Dengan misi tersebut tujuan stratejiknya adalah dengan tetap memberikan komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan mengintegrasikan semua aspek perusahaan. 

Motto Yakult Indonesia adalah “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari.”

4 dari 4 halaman

Produk PT Yakult Indonesia Persada (Yakult)

Produk utama PT Yakult Indonesia Persada adalah minuman yakult. Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung lebih dari 6,5 miliar bakteri  L. casei Shirota strain ditiap botolnya. Bakteri Yakult termasuk ke dalam golongan bakteri yang terbukti aman bagi manusia, kuat dan tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, sehingga bisa sampai ke dalam usus kita dalam keadaan hidup dan terbukti bermanfaat untuk membantu menjaga pencernaan selalu baik.

Yakult terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi tanpa tambahan zat pengawet atau pewarna buatan. Bahan bakunya terdiri dari :

· Air

· Sukrosa

· Susu Skim Bubuk

· Dekstrosa

· Perisa Identik Alami

· Kultur Bakteri Asam Laktat (Bakteri L. casei shirota strain) 

 

Bakteri L. casei Shirota strain

Di dalam usus kita terdapat ratusan triliun bakteri. Ada 3 jenis bakteri di usus yaitu bakteri baik, bakteri jahat dan sebagian lagi bakteri petualang. Apabila bakteri jahat tumbuh berlebihan, proses pencernaan makanan akan terganggu sehingga dapat mengakibatkan masalah seperti diare dan sembelit. 

Bakteri petualang adalah bakteri yang akan mengikuti sifat bakteri yang paling banyak di dalam usus. Bakteri baik salah satunya adalah bakteri L.casei Shirota strain yang terdapat di dalam Yakult. Bakteri ini sudah diteliti dan dibuktikan manfaatnya melalui berbagai penelitian ilmiah. Kelompok bakteri baik ini akan merangsang pertumbuhan bakteri baik lainnya.

Bakteri L. casei Shirota strain akan membantu meningkatkan aktivitas bakteri baik yang terdapat di dalam usus dan menghasilkan asam laktat yang akan melindungi dinding usus, sehingga bakteri jahat sulit menempel di dinding usus. Dengan begitu pertumbuhan bakteri jahat dapat ditekan dan kondisi usus dapat terjaga dengan baik.

 

Produksi Yakult

PT Yakult Indonesia Persada menggunakan mesin otomatis dan sistem tertutup, yang merupakan standar bagi seluruh pabrik Yakult di penjuru dunia. Untuk menghasilkan produk yang aman dengan mutu terbaik, Yakult Indonesia menerapkan proses produksi sesuai standar ISO 22000:2018.

Demi menjamin proses produksi serta penanganan produk Yakult yang benar-benar higienis, kami menerapkan suatu standar prosedur operasi yang dibakukan. Sebagai contoh, pintu masuk karyawan dilengkapi dengan pembersih sepatu otomatis. 

Selain itu, pintu-pintu di ruang produksi hanya dapat dibuka apabila karyawan telah mensterilisasi kedua tangannya. Setelah itu, sebelum memasuki ruang produksi, karyawan kami harus melalui air shower yang berfungsi untuk membersihkan pakaian mereka dari kotoran yang menempel.

 

Cara Menyimpan Yakult

Yakult harus disimpan di dalam lemari pendingin pada suhu 0 - 10 derajat celcius agar bakteri L. casei Shirota strain tidak aktif di dalam botol, sehingga rasa Yakult tetap segar dan manfaatnya tetap maksimal. Yakult boleh diminum pada kondisi tidak dingin, bagi yang tidak terbiasa mengonsumsi minuman dingin.

 

Cara Mendapatkan Yakult

PT Yakult Indonesia Persada mempunyai 2 sistem distribusi, yaitu Yakult Lady dan Direct Sales. Produk Yakult bisa didapat di gerai terdekat, mini market, supermarket, serta pengantaran Yakult ke rumah pelanggan oleh Ibu Yakult Lady tanpa dipungut biaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS