Sukses

Struktur adalah Cara Sesuatu Disusun, Kenali Struktur dalam Teks Bahasa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Struktur adalah istilah yang mungkin sudah sering kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Istilah ini memang digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga tidak heran setiap orang cukup memahami maknanya.

Struktur adalah istilah yang merujuk pada bagaimana sesuatu disusun. Struktur berkaitan dengan sesuatu yang disusun dengan pola tertentu. Kata ini bisa memiliki beragam konteks, mulai dari struktur bangunan, mesin, bahkan struktur dalam penulisan.

Struktur dalam penulisan berkaitan dengan berbagai jenis teks yang dipelajari dalam bahasa Indonesia. Kamu tentunya perlu memahami struktur dari teks deskripsi, teksi narasi, teks prosedur, dan struktur dari jenis teks lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/12/2022) tentang struktur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Struktur adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Struktur adalah istilah yang merujuk pada sesuatu yang disusun dengan pola tertentu. Struktur adalah istilah yang merujuk pada bagiamana sesuatu disusun. Struktur berkaitan dengan sesuatu yang disusun dengan pola tertentu.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, struktur sering kali dipakai dalam penjelasan teks. Struktur dalam penulisan berkaitan dengan berbagai jenis teks yang dipelajari dalam bahasa Indonesia. Kamu tentunya perlu memahami struktur dari teks deskripsi, teksi narasi, teks prosedur, dan struktur dari jenis teks lainnya.

Stuktur dalam teks menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan, sehingga dapat memahaminya dengan lebih lengkap.

3 dari 4 halaman

Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Strukturnya

Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah suatu teks yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis teks ini bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan.

Struktur adalah suatu hal yang penting dalam penulisan teks deskripsi. Struktur teks deskripsi adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi/Pernyataan Umum. Identifikasi adalah bagian awal yang berisi tentang gambaran umum objek yang akan menjadi topik bahasan.

2. Deskripsi Bagian. Deskripsi bagian adalah struktur teks deskripsi yang berisi tentang gambaran yang lebih terperinci dan mengembangkan gagasan utama dari gambaran umum. Deskripsi bagian adalah bagian yang dapat memberikan efek emosional kepada pembaca melalui apa yang dipaparkan dalam teks, seolah-olah pembaca bisa melihat, mendengar, dan merasakan sendiri apa yang dibaca.

3. Penutup/Kesan.

 

Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Teks eksplanasi akan memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks ini berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses.

Struktur adalah suatu hal yang penting dalam penulisan teks eksplanasi. Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

- Pernyataan umum

Pernyataan umum berisi gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang suatu fakta yang bersifat umum. Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang topik utama.

- Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan inti dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan pernyataan umum. Deretan penjelasan dijelaskan fakta tentang proses terjadinya sesuatu dan sebab akibat sesuatu itu terjadi.

- Kesimpulan

Kesimpulan atau interpretasi berisi ringkasan penjelasan dari penulis. Bagian ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

4 dari 4 halaman

Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Strukturnya

Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisikan langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya, saat kamu membeli sebuah mesin printer, maka kamu harus mengetahui langkah-langkah dalam menggunakannya.

Struktur adalah suatu hal yang penting dalam penulisan teks prosedur. Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut:

- Tujuan

Pada bagian ini disajikan tujuan dibuatnya teks prosedur, sehingga pembaca dapat mengetahui untuk apa teks tersebut dibuat. Contohnya tertulis tujuannya adalah supaya pembaca dapat membuat takoyaki dengan cita rasa yang sangat lezat. Sehingga pembaca akan tertarik untuk mencobanya.

- Material

Pada bagian ini disajikan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menjalani langkah-langkah yang ada di teks prosedur tersebut. Sebenarnya, bagian material ini tidak dimiliki semua teks prosedur. Ada teks prosedur yang memang memerlukan bagian ini dan juga ada pula yang memang tidak memerlukannya.

- Langkah-Langkah

Selanjutnya, bagian utama dari struktur teks prosedur adalah bagian langkah-langkah. Hal tersebut dikarenakan di bagian inilah pembaca yang sama sekali tidak mengerti awalnya dalam melakukan suatu hal perlahan-lahan dibuat menjadi bisa dalam melakukan hal tersebut.

 

Teks Narasi

Teks narasi adalah teks yang tidak bersifat dialog, dan isinya merupakan suatu kisah sejarah, deretan peristiwa, dan sebagainya. Teks narasi adalah sebuah teks yang berisi runtutan peristiwa berdasarkan urutan waktu. Narasi dapat berupa rangkaian peristiwa dalam urutan kronologis atau kisah dengan kilas balik atau beberapa garis waktu. 

Struktur adalah suatu hal yang penting dalam penulisan teks narasi. Struktur teks narasi adalah sebagai berikut:

- Pengenalan: Bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh, latar belakang, dan suasana.

- Awal pertikaian (konflik): Bagian ini berisi mengenai masalah awal yang ditampilkan oleh pengarang.

- Klimaks: Bagian klimaks berisi pucuk pertikaian yang menggambarkan konflik utama atau juga inti cerita.

- Penyelesaian: Pada bagian penyelesaian penulis akan memberikan penyelesaian dari masalah yang terjadi dalam suatu cerita sekaligus mengindikasikan akhir kisah.

 

Teks Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta. Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Tujuan dari paragraf ini adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

Struktur adalah suatu hal yang penting dalam penulisan teks narasi. Struktur teks narasi adalah sebagai berikut:

- Pendahuluan

Pendahuluan bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.

- Tubuh argumen

Tubuh argumen ditujukan untuk membuktikan kebenaran yang disampaikan dalam argumen. Kebenaran yang disajikan dalam tubuh argumen harus dianalisis, disusun dan disajikan melalui observasi, eksperimen, penyusun fakta dan cara pikir yang logis.

- Kesimpulan atau ringkasan

Kesimpulan bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS