Sukses

Senam Ritmik adalah Gerakan dengan Iringan Musik, Begini Cara Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dimaksud dengan senam ritmik? Senam ritmik adalah kombinasi gerakan olahraga dasar yang dilakukan dengan mengikuti alunan musik. Senam ritmik sama dengan senam irama.

Dalam modul berjudul Senam Ritmik oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), senam ritmik adalah senam yang dilakukan dengan alat-alat yang dipegang (hand aparatus) seperti bola, tali, pita, simpai, dan gada.

Pada umumnya, senam ritmik bisa dilakukan tanpa alat dan menggunakan alat. Seiring perkembangan zaman, senam ritmik bersifat kompetitif dan berganti nama menjadi senam ritmik modern.

Agar lebih memahami materi ini, simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang senam ritmik dan cara melakukan senam ritmik, Rabu (30/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Senam Ritmik adalah Kombinasi Gerakan dengan Iringan Musik

Senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama atau iringan musik. Gerakan senam ritmik dilakukan dengan mengikuti setiap irama musik yang mengiringinya, ini berupa gerakan dasar saja.

Dalam modul berjudul Senam Ritmik oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), senam ritmik adalah senam yang dilakukan dengan alat-alat yang dipegang (hand aparatus) seperti bola, tali, pita, simpai, dan gada.

Irama yang digunakan untuk senam ritmik adalah lagu-lagu berbirama 3/4 atau 6/8 seperti lagu Desaku atau Kelinciku. Pada awalnya, senam ritmik adalah gerakan kalestenik (latihan bebas) yang bersifat lamban dengan iringan musik yang dilakukan secara massal.

Kini senam ritmik disebut sebagai senam ritmik modern (modern rhythmic gymnastics) karena sifatnya yang lebih kompetitif. Sejak saat itulah, senam ritmik menghilang dari ruang lingkup pendidikan jasmani di sekolah.

Dalam buku berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan oleh Moh. Gilang, fungsi senam ritmik adalah paling utama menyalurkan rasa seni atau menikmati keindahannya, sekaligus membina atau meningkatkan seni gerak.

Ini pengertian senam ritmik menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Senam Ritmik Menurut Khadafi dan Sutrisno

Pengertian senam ritmik adalah bentuk latihan fisik yang menggunakan gerakan sistematis dan terencana agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai.

2. Pengertian Senam Ritmik Menurut Menurut Margono

Pengertian senam ritmik adalah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana, telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis.

3. Pengertian Senam Ritmik Menurut Muhajir

Pengertian senam ritmik adalah sebuah aktivitas utama yang digunakan untuk pengembangan komponen gerak dan komponen fisik.

4. Pengertian Senam Ritmik Menurut Imam Hidayat dalam Hendra Agusta

Pengertian senam ritmik adalah bentuk latihan tubuh yang telah didesain dan dipilih secara sengaja, terencana dan sadar dilakukan untuk disusun dengan sistematis sehingga dapat digunakan untuk menanamkan nilai mental spiritual, meningkatkan kesegaran jasmani dan mengembangkan keterampilan.

5. Pengertian Senam Ritmik Menurut Mahendra

Pengertian senam ritmik adalah bentuk aktivitas yang dimanfaatkan dalam pengembangan kemampuan gerak (motorability) dan komponen fisik.

6. Pengertian Senam Ritmik Menurut Madijono

Pengertian senam ritmik adalah bentuk latihan jasmani yang dilakukan dengan gerakan fisik yang teratur, sistematis dan terencana sehingga dapat memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh.

7. Pengertian Senam Ritmik Menurut Peter H. Werner

Pengertian senam ritmik adalah bentuk latihan tubuh menggunakan lantai dan alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan kelincahan, daya tahan tubuh, kontrol diri, kekuatan, koordinasi dan kelenturan tubuh.

3 dari 3 halaman

Cara Melakukan Senam Ritmik dan Penjelasannya

Cara melakukan senam ritmik adalah harus memenuhi unsur-unsur senam ritmik. Apa saja unsur-unsur yang diperlukan untuk melakukan senam ritmik? Senam ritmik mengharuskan komponen gerak dan komponen fisik terjaga.

Dalam modul berjudul PJOK Kelas VIII (2020) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), unsur-unsur yang diperlukan dari senam ritmik adalah kelenturan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, dan ketepatan dengan irama.

Ada enam jenis gerakan senam ritmik yang perlu diketahui. Ini penjelasan enam jenis gerakan senam ritmik yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Gerakan Tanpa Alat

Gerakan senam ritmik tanpa alat adalah menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

2. Gerakan dengan Tali

Senam ritmik menggunakan tali adalah berupa gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka delapan (8).

3. Gerakan dengan Simpai

Senam ritmik menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

4. Gerakan dengan Bola

Senam ritmik menggunakan bola, umumnya menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.

5. Gerakan dengan Tongkat

Senam ritmik menggunakan tongkat, dilakukan dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

6. Gerakan dengan Pita

Senam ritmik menggunakan pita, dilakukan dengan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

Secara umum ada tiga macam aliran senam ritmik yang perlu diketahui. Ini penjelasan macam-macam aliran senam ritmik dalam buku berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan oleh Asep Kurnia:

1. Senam Ritmik Aliran Seni Sandiwara

Senam ritmik aliran seni sandiwara dipelopori oleh Delsartes. Aliran senam ritmik ini berasal dari sandiwara yang dilakukan dengan penyampaian suatu rangkaian cerita bersamaan gerak yang diiringi musik.

2. Senam Ritmik Aliran Seni Musik

Senam ritmik aliran seni musik dipelopori oleh Jacques Dalcrose. Aliran senam ritmik ini menuangkan pesan dalam lagu melalui bentuk gerakan.

3. Senam Ritmik Aliran Seni Tari

Senam ritmik aliran seni tari dipelopori oleh Rudolf Van Laban. Senam ritmik aliran ini mengutamakan keindahan gerak dan keserasian antara gerakan dengan irama yang dituangkan dalam bentuk cerita.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS