Sukses

PTN Adalah Singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri, Pahami Perbedaannya dengan PTS

Liputan6.com, Jakarta PTN adalah singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri, yaitu perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah. PTN menjadi salah satu pilihan melanjutkan studi untuk siswa atau pelajar yang baru lulus dari SMA, MA, ataupun SMK.

PTN adalah istilah yang tentunya selalu dikaitkan dengan PTS. PTN adalah Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan PTS adalah Perguruan Tinggi Swasta. Beda dengan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta dikelola oleh pihak swasta atau lembaga non-pemerintah.

PTN adalah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Biasanya, PTN memiliki 3 jalur penerimaan, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri tergantung kebijakan masing-masing kampus.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/11/2022) tentang PTN adalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal PTN

PTN adalah singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri. PTN adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PTN adalah kampus milik pemerintah yang diwajibkan untuk menjaring calon mahasiswa dengan potensi akademik tinggi tetapi kurang mampu secara ekonomi, dan calon mahasiswa dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal untuk melanjutkan pendidikan di PTN tersebut. Kuota yang ditetapkan untuk kriteria tersebut pada PTN adalah paling sedikit 20% dari seluruh mahasiswa baru yang diterima dan tersebar pada semua program studi.

Berdasarkan data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, jumlah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia mencapai 122 kampus. PTN adalah perguruan tinggi yang biaya pendidikannya sudah dibantu dan disubsidi oleh negara, sehingga umumnya lebih rendah dari biaya pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

PTN adalah perguruan tinggi negeri yang bisa dalam bentuk Universitas, Institut, Politeknik, hingga Akademi. Contohnya yaitu Unviersitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Univerisatas Hasanuddin, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

PTN adalah perguruan tinggi yang melakukan penerimaan baru melalui 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri dengan mengacu pada kebijakan masing-masing kampus. SNMPTN adalah jalur seleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik. Sementara itu, SBMPTN merupakan jalur tes tulis berdasarkan hasil tes UTBK. Seleksi Mandiri menyesuaikan kebijakan dari masing-masing universitas, yang bisa melalui tes seleksi dan biaya pendaftaran berbeda.

Di Indonesia, beberapa contoh PTN terkenal di antaranya Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bogor, Unviersitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, hingga Universitas Brawijaya.

4 dari 4 halaman

Perbedaan PTN dan PTS

Sebelum menentukan untuk memilih perguruan tinggi negeri atau swasta, kamu tentunya perlu memahami perbedaannya terlebih dahulu. Melansir smadwiwarna.sch.id, perbedaan PTS dan PTN adalah sebagai berikut:

Pengelolaan

Perbedaan PTN dan PTS yang pertama yaitu dari segi pengelolaan.PTN adalah universitas negeri yang berarti adalah milik negara dan dibiayai oleh negara juga. Pengelolaan dan koordinasi PTN berada di tangan pemerintah atau negara melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal ini tentunya berbeda dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dikelola oleh pihak swasta. PTS biasanya dimiliki oleh lembaga atau organisasi besar, misalnya Muhammadiyah. Pengelolaan PTS melalui sebuah badan yang disebut Koordinator Perguruan Tinggi Swasta disingkat dengan Kopertis.

Jalur Penerimaan Calon Mahasiswa Baru

Perbedaan PTN dan PTS berikutnya yaitu pada jalur penerimaan mahasiswa baru. Jalur penerimaan mahasiswa PTN dilakukan melalui tiga cara yaitu SNMPTN, SBMPTN, serta Seleksi Mandiri.

Sementara itu, jalur penerimaan calon mahasiswa di PTS dilaksanakan melalui tes yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan masing-masing atau dapat dikatakan mirip dengan penerimaan mahasiswa PTN melalui jalur seleksi mandiri. Biasanya PTS melaksanakan tes seleksi mahasiswa baru dalam beberapa gelombang.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan adalah salah satu perbedaan PTN dan PTS yang mungkin sudah banyak diketahui.  Mungkin hampir semua orang sudah mengetahui bahwa biaya kuliah di PTS jauh lebih mahal karena tidak adanya subsidi biaya dari pemerintah.

Besarnya biaya pendidikan di PTS tergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Sementara pendidikan di PTN pada umumnya lebih murah meskipun untuk mahasiswa jalur mandiri bisa saja biayanya sama seperti masuk PTS. Biaya di PTN besarannya ditetapkan melalui pedoman yang dibuat oleh Kemendikbud. 

Fasilitas 

Perbedaan PTN dan PTS selanjutnya yaitu dari segi fasilitas. Fasilitas di PTN kepada anggaran yang dimiliki oleh negara, sehingga tidak mengherankan kalau fasilitasnya kadang terbatas dan tidak sebagus PTS. Walaupun ini kemungkinan hanya terjadi pada beberapa perguruan tinggi saja.

Pada PTS, Sama halnya dengan sekolah swasta yang dikelola oleh yayasan tertentu dan biayanya mahal, maka fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa pada umumnya juga lebih bagus sebagai penunjang pendidikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS