Sukses

PT Pelni adalah Perusahaan di Bidang Transportasi Kapal Laut Milik Negara

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelni adalah perusahaan di bidang jasa transportasi kapal laut milik negara. PT Pelni dikenal pula dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) yang sudah didirikan sejak 28 April 1952.

Melansir dari situs website resminya PELNI, meski dikenal sebagai jasa transportasi kapal laut, dalam perkembangannya PT Pelni adalah perusahaan yang juga melayani angkutan/muatan kontainer, keagenan kapal, dan paket wisata bahari.

Fasilitas dan layanan yang disediakan, berupa armada kapal yang dirancang untuk menjamin standar keselamatan dan kenyamanan bagi pelanggan dan kru laut, didukung oleh SDM yang profesional dan sangat mengutamakan kepuasan pelanggan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang PT Pelni, visi dan misi PT Pelni, hingga jasa logistik yang ditawarkan, Selasa (29/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

PT Pelni adalah Perusahaan di Bidang Transportasi Kapal Laut

Perusahaan di bidang jasa transportasi ini awal mula berdirinya sebenarnya didasarkan pada Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum tanggal 5 September 1950 yang isinya mendirikan Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-kapal (PEPUSKA).

Yayasan PEPUSKA didirikan atas penolakan pemerintah Belanda atas permintaan Indonesia untuk mengubah status maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di Indonesia, N.V. K.P.M (Koninklijke Paketvaart Matschappij) menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Akhirnya pada 28 April 1952 itu, Yayasan PEPUSKA dibubarkan dan didirikanlah secara resmi PT Pelni yang didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. M2/1/2 tanggal 28 April 1952.

Melansir dari situs website resminya PELNI, meski dikenal sebagai jasa transportasi kapal laut, dalam perkembangannya PT Pelni adalah perusahaan yang juga melayani angkutan/muatan kontainer. Kemudian, memiliki layanan Keagenan Kapal, dan memberikan layanan paket wisata bahari ke pulau-pulau penuh pesona di Indonesia.

PT Pelni adalah perusahaan pelayaran milik negara yang secara khusus mengoperasikan armada kapal penumpang, kapal ferry cepat, dan armada kapal barang. Diterangkan, PT Pelni menjadi perusahan yang melayani rute perjalanan domestik dan menyinggahi lebih dari 94 pelabuhan di seluruh pelosok Nusantara.

Apa saja fasilitas dan layanan yang disediakan oleh armada kapal dari PT Pelni?

Fasilitas dan layanan yang disediakan, berupa armada kapal yang dirancang untuk menjamin standar keselamatan dan kenyamanan bagi pelanggan dan kru laut, didukung oleh SDM yang profesional dan sangat mengutamakan kepuasan pelanggan.

 

3 dari 4 halaman

Visi dan Misi PT Pelni yang Perlu Diketahui

Visi PT Pelni adalah sebagai berikut:

“Menjadi Perusahaan Pelayaran dan Logistik Maritim Terkemuka di Asia Tenggara.”

Kemudian, misi PT Pelni adalah sebagai berikut:

1. Menjamin aksesibilitas masyarakat dengan mengelola angkutan laut untuk menunjang terwujudnya Wawasan Nusantara.

2. Mengelola dan mengembangkan usaha logistik maritim di Indonesia dan Asia Tenggara.

3. Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, digitalisasi proses bisnis, dan pengembangan sumber daya manusia untuk mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan.

4. Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pemangku kepentingan dengan menerapkan prinsip good corporate governance.

5. Berkontribusi positif terhadap negara dan karyawan, serta berperan aktif dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat.

Selain visi dan misi, ketahui pula nilai-nilai yang dianut oleh PT Pelni dalam menjalankan usahanya sebagai berikut:

1. AMANAH

Memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan.

2. KOMPETEN

Terus belajar dan mengembangkan kapasitas.

3. HARMONIS

Saling peduli dan menghargai perbedaan.

4. LOYAL

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

5. ADAPTIF

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.

6. KOLABORATIF

Membangun kerja sama yang sinergi.

4 dari 4 halaman

Jasa Logistik PT Pelni dan Penjelasan Lengkapnya

Jasa logistik PT Pelni adalah berupa pelayanan pengangkutan paket barang, dry/refeer container, general cargo, kendaraan maupun penyewaan kapal angkutan komersial.

Penunjang bisnis jasa logistik, masih melansir dari sumber website yang sama, saat ini PT PELNI memiliki 26 kapal penumpang; 5 kapal barang Tol Laut; 1 kapal ternak; dan 7 kapal barang komersial.

- Angkutan Barang Komersial

1. Red Pack

Jasa logistik red pack adalah berupa jasa pengiriman paket barang dengan kapal PELNI hingga ke tangan penerima dengan batasan dimensi 100x50x50cm atau berat maksimal 120kg. 

2. Dry Container

Jasa logistik dry container adalah berupa jasa pengiriman muatan ke seluruh pelabuhan singgah kapal PELNI menggunakan container dengan pilihan kapasitas 10 dan 20 TEUs.

3. Reefer Container

Jasa logistik reefer container adalah berupa jasa pengiriman muatan beku ke seluruh pelabuhan singgah kapal PELNI menggunakan reefer container dengan pilihan kapasitas 10 dan 20 TEUs. 

4. General Cargo

Jasa logistik general cargo adalah berupa jasa pengangkutan muatan curah ke seluruh pelabuhan singgah kapal PELNI. 

5. Angkutan Kendaraan

Jasa logistik angkutan kendarakan adalah berupa jasa pengiriman angkutan kendaraan, baik roda dua, empat maupun truk menggunakan kapal PELNI tipe 3 in 1 ke pelabuhan-pelabuhan yang disinggahi. 

- Sewa Kapal Barang Komersial

PT PELNI memiliki 7 (tujuh) kapal barang komersial yang dapat disewa oleh pihak lain dengan skema kerja sama (1) Voyage Charter; (2) Time Charter. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS