Sukses

PT Indofood Adalah Perusahaan Industri Pangan, Ini Sejarah dan Produknya

PT Indofood dikenal pula sebagai PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indofood adalah jenis perusahaan yang gerak utamanya di industri pengolahan makanan. Terutama di bidang produk makanan, produk minuman, dan produk olahan lainnya (seperti minyak goreng, gandum, tepung, dan seterusnya).  

Produsen pengolahan makanan yang berbasis di Jakarta, Indonesia ini dikenal pula dengan sebutan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Melansir dari Career Universitas Islam Sultan Agung, PT Indofood didirikan sejak 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT Panganjaya Intikusuma.

Pergantian nama perusahaan dari PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, dilakukan pada 5 Februari 1994. Nama perusahaan di bidang pengolahan makanan ini berganti beberapa kali dalam hitungan tahun.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang PT Indofood, sejarah berdiri PT Indofood, visi PT Indofood, misi PT Indofood, dan produk PT Indofood, Selasa (29/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Indofood dari Tahun ke Tahun

Begini sejarah berdirinya PT Indofood dari tahun ke tahun yang dipaparkan Universitas Krinadwipayana (Unkris):

1. 1968

PT Lima Satu Sankyu (selanjutnya berubah nama menjadi PT Supermi Indonesia) didirikan, pertama kali memproduksi Supermi sbg mi instan pertama di Indonesia. Pada tahun yang sama PT Sanmaru Foods Manufacturing Co Ltd (PT Sanmaru) didirikan.

2. 1972

PT Sanmaru mulai memproduksi Indomie.

3. 1982

PT Sarimi Asli Jaya didirikan dan mulai memproduksi Sarimi.

4. 1984

PT Sarimi Asli Jaya diakuisisi oleh PT Sanmaru.

5. 1986

PT Supermi Indonesia diakuisisi oleh PT Sarimi Asli Jaya dan PT Sanmaru.

6. 1987

PT Sanmaru meluncurkan mi instan dalam struktur cup bermerek Pop Mie.

7. 1989

PT Sanmaru mengakuisi PT Sari Pangan Nusantara, yang memproduksi makanan bayi bermerek SUN.

8. 1990

PT Sanmaru membentuk perusahaan patungan dengan PepsiCo, Inc yang memiliki merek FritoLay dan mulai memproduksi makanan ringan seperti Chitato, Chiki, Cheetos, Jetz, Lay's, dan Qtela.

9. 1990

Indofood didirikan oleh Sudono Salim dengan nama PT Panganjaya Intikusuma.

10. 1993

PT Panganjaya Intikusuma dan PT Sanmaru membentuk perseroan dengan nama PT Indomie Sukses Makmur Tbk.

11. 1994

PT Panganjaya Intikusuma berubah nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

12. 1995

Mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari.

13. 1997

Mengakuisisi 80% saham perusahaan yang melakukan usaha di bidang perkebunan, agribisnis serta distribusi.

14. 2005

PT Indosentra Pelangi sbg produsen bumbu, kecap dan sambal bermerek Indofood membentuk perusahaan patungan dengan Nestlé, mengakuisisi perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.

15. 2006

Mengakuisisi 55,0% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd.

16. 2007

Mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan menempatkan saham baru.

17. 2008

Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd. yang memiliki secara efektif 68,57% saham di PT Indolakto, suatu perusahaan dairy terkemuka.

18. 2009

Memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan PT. Indofood CBP Sukses Makmur dan pemekaran kegiatan usaha mi instan dan bumbu yang disertai dengan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP), yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP.

19. 2010

Mendudukkan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan banyak kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP dan melakukan Penawaran Saham Perdana yang dilanjutkan dengan pencatatan saham ICBP di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010. Peningkatan kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar 10% menjadi pemilik 100%.

20. 2011

Pada bulan Januari 2011, PT. Indofood CBP Sukses Makmur, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur dan PT Ciptakemas Kekal digabung sepenuhnya dengan status perusahaan buka (Tbk.) menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. PT Salim Ivomas Pratama (SIMP), anak perusahaan langsung dan tidak langsung Perseroan, melakukan IPO disertai dengan pencatatan saham di BEI pada 9 Juni 2011.

21. 2013

Mendudukkan akuisisi PT Pepsi-Cola Indobeverages, perusahaan yang memproduksi minuman ringan bermerek Pepsi, 7 Up dan sbgnya. Akuisisi ini dilakukan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur, yang masing-masing adalah 51% dan 49% dimiliki oleh ICBP.

3 dari 4 halaman

Visi dan Misi PT Indofood yang Perlu Diketahui

PT Indofood adalah perusahaan perintis makanan yang kesuksesannya tidak perlu diragukan lagi. PT Indofood menjadi perusahaan yang bergerak di bidang pangan asli Indonesia yang sudah melakukan ekspor ke Australia, Asia, dan Eropa.

Melansir dari situs website resmi Indofood, visi PT Indofood adalah menjadi “A Total Food Solutions Company” yang berarti telah bertransformasi untuk melakukan berbagai kegiatan operasional meliputi seluruh tahapan proses produksi makanan.

Mulai dari melakukan produksi dan pengolahan bahan baku untuk menjadikannya produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. Kemudian, misi PT Indofood adalah sebagai berikut:

1. memberikan solusi berkelanjutan untuk kebutuhan pangan.

2. terus meningkatkan karyawan, proses, dan teknologi yang dimiliki.

3. berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan.

4. terus meningkatkan nilai-nilai pemangku kepentingan. 

Apa nilai-nilai yang dianut oleh PT Indofood dalam menjalankan bisnisnya di industri pangan? Ditegaskan, nilai atau value yang dianut oleh PT Indofood adalah sebagai berikut:

“With discipline as the basis of our way of life; We conduct our business with integrity; We treat our stakeholders with respect; and together we unite to strive for excellence and continuous innovation.”

Artinya:

“Dengan disiplin sebagai dasar cara hidup kami; Kami menjalankan bisnis kami dengan integritas; Kami memperlakukan para pemangku kepentingan kami dengan hormat; dan bersama-sama kita bersatu untuk mengupayakan keunggulan dan inovasi berkelanjutan.”

 

4 dari 4 halaman

Daftar Produk PT Indofood yang Populer

PT Indofood adalah perusahaan di industri pangan yang kini memiliki total empat grup bisnis yang strategis, yaitu Consumer Branded Products, Bogasari, Agribusiness, dan Distribusi. Ini daftar produk PT Indofood yang dipaparkan Universitas Krinadwipayana (Unkris):

- Makanan

1. Indomie

2. Pop Mie

3. Sarimi

4. Supermi

5. Sakura

6. Mie Telur Cap 3 Ayam

7. Pop Bihun

8. Cheetos (lisensi dari PepsiCo)

9. Chiki

10. Jet-Z

11. Lay's (lisensi dari PepsiCo)

12. Chitato

13. Qtela

14. Wonderland

15. Trenz

16. Bim-Bim

17. Indomilk

18. Cap Enaak

19. Indoeskrim

20. Freiss

21. Ichi Ocha

22. Orchid Butter

23. Kecap Indofood

24. Sambal Indofood

25. Promina

26. SUN

27. Bumbu Kaldu Indofood

28. Bumbu Instan Indofood

29. Bumbu Racik Indofood

- Bogasari

30. Cakra Kembar Emas

31. Cakra Kembar

32. Kunci Biru

33. Segitiga Biru

34. Lencana Merah

35. La Fonte

- Minyak goreng dan lemak

36. Bimoli

37. Simas Palmia

38. Happy Salad Oil

39. Amanda

40. Delima

41. Palmia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.