Sukses

BAN PT Adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Ini Tugas dan Perannya

Liputan6.com, Jakarta BAN PT adalah istilah yang kerap dibicarakan terkait mengenai akreditasi kampus di Indonesia. BAN PT adalah singlatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi menjadi tolok ukur perguruan tinggi memiliki mutu pendidikan yang baik.

Akreditas merupakan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang dilakukan oleh BAN PT mewakili Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia atau Kemenristek RI dan dilakukan setiap lima tahun sekali.

Akreditasi dilakukan dan diupayakan oleh pemerintah untuk menjamin mutu pendidikan. Proses akreditasi perguruan tinggi umumnya dilakukan oleh BAN PT. Untuk itu bagi kamu yang ingin mencari tau, bisa mengetahui cara cek akreditasi kampus dan prodinya di BAN PT secara online.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai definisi BAN PT beserta cara cek akreditasi kampus dan prodinya di BAN PT yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Profil BAN PT

BAN PT adalah singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. BAN PT adalah satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi", dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Secara sederhana, BAN PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi adalah lembaga yang berwenang untuk memberikan penilaian akreditasi terhadap perguruan tinggi dan program studi atau prodi.

Dikutip dari laman BAN PT, visinya adalah untuk menjadi lembaga akreditasi perguruan tinggi yang independen, kredibel, dan akuntabel, serta diakui pada tataran global. Untuk mewujudkan hal tersebut, BAN-PT mengusung beberapa misi seperti membangun budaya mutu di pendidikan tinggi hingga mengembangkan lembaga akreditasi mandiri yang bermutu.

Dalam PP No. 60 tahun 1989 disebutkan bahwa BAN-PT merupakan badan yang mandiri (independen) yang diangkat dan melaporkan tugasnya pada Menteri Pendidikan Nasional.

Fungsi utama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menurut peraturan perundangan yang ada (UU No. 20 tahun 2003) PP No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003), pada dasarnya adalah: membantu Menteri Pendidikan Nasional dalam pelaksanaan salah satu kewajiban perundangannya, yaitu penilaian mutu perguruan tinggi, yaitu Perguruan Tinggi Negeri, Kedinasan, Keagamaan, dan Swasta.

3 dari 5 halaman

Tugas dan Peran BAN PT

Menurut UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, peran dan tugas BAN PT adalah sebagai berikut ini:

1. Mengembangkan sistem akreditasi nasional.

2. Melaksanakan akreditasi institusi.

3. Melaksanakan penilaian kelayakan prodi /PT baru bersama Ditjen Dikti.

4. Memberikan rekomendasi.

5. Evaluasi terhadap LAM.

6. Melaksanakan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Akreditasi Kampus di BAN PT Secara Online

Untuk mencari tahu apa kreditasi kampusmu, berikut ini terdapat beberapa cara cek akreditasi kampus di BAN PT secara online:

1. Cara cek akreditasi kampus atau perguruan tinggi di BAN PT secara online yang pertama adalah masuk ke situs https://www.banpt.or.id/

2. Cara cek akreditasi kampus atau perguruan tinggi di BAN PT secara online yang selanjutnya adalah pilih menu 'Data Akreditasi', lalu klik 'Institusi (terkini)'.

3. Setelahnya akan muncul kolom perguruan tinggi.

4. Selanjutnya, isi kolom kosong tersebut dengan nama perguruan tinggi yang ingin dicari.

5. Setelah itu, akan keluar hasil akreditasi kampus yang telah kamu masukkan, mulai dari peringkat universitas, nomor SK, tahun SK, wilayah, tanggal dan status kedaluwarsa.

5 dari 5 halaman

Cara Cek Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi di BAN PT Secara Online

Tak hanya bisa mengecek akreditasi kampus, namun juga dapat mengecek akreditasi program studi kampus di BAN PT. Berikut ini langkah-langkhanya:

1. Melalui Komputer maupun Laptop

a. Cara cek akreditasi program studi di BAN PT secara online melalui komputer maupun laptop yang pertama adalah masuk ke situs https://www.banpt.or.id/

b. Cara cek akreditasi program studi di BAN PT secara online melalui komputer maupun laptop yang berikutnya adalah pilih menu 'Data akreditasi', lalu klik 'Program Studi (terkini)'.

c. Setelahnya akan muncul kolom perguruan tinggi serta program studi.

d. Jika ingin mengecek dan membandingkan akreditasi prodi dengan universitas lain, cukup isi kolom program studi. Misalnya 'Antropologi'.

e. Sistem akan memproses data dan memberikan hasil semua universitas yang memiliki jurusan tersebut, lengkap dengan keterangan jenjang/strata, wilayah, No. SK, tahun SK, peringkat, tanggal dan status kedaluwarsa.

2. Melalui Ponsel

a. Cara cek akreditasi program studi di BAN PT secara online yang pertama adalah buka situs https://www.banpt.or.id/ pada browser yang tersedia di handphone

b. Cara cek akreditasi program studi di BAN PT secara online melalui ponsel yang berikutnya adalah pilih ikon hamburger menu (garis tiga) yang terdapat di pojok kanan atas situs.

c. Lalu klik menu 'Data Akreditasi'.

d. Selanjutnya, pilih submenu 'Program Studi (terkini)'.

e. Kemudian masukkan nama program studi pada kolom yang tersedia, sebagaimana langkah-langkah pada versi komputer untuk cek akreditasi prodi di atas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS