Sukses

9 Manfaat Asmaul Husna bagi Manusia, Tingkatkan Keimanan kepada Allah SWT

Liputan6.com, Jakarta Asmaul Husna senantiasa menjadi pengingat seluruh manusia tentang keagungan Allah SWT. Allah adalah pencipta alam semesta beserta isinya. Sebagai seorang hamba yang taat, sudah sewajarnya bagi kita semua untuk selalu bersyukur dan selalu mengikuti apa yang diperintahkan-Nya.

Asmaul Husna atau yang mungkin sudah Anda tahu, nama-nama Allah. Tidak hanya sekadar gelar atau nama belaka, tetapi dalam kenyataannya semua Asmaul Husna merupakan kebenaran tentang Allah SWT dan sifat-sifat-Nya. Anda mungkin sudah tidak asing dengan hal tersebut.

Manfaat Asmaul Husna tidak hanya menambah ketaatan kita kepada Allah, tetapi lebih banyak daripada itu. Manfaat Asmaul Husna yang lainnya, termasuk membawa ketenangan dalam hidup. Allah adalah alasan kita ada dan Allah adalah alasan atas semuanya.

Mendekat kepada-Nya adalah hal paling mulia yang bisa dilakukan oleh setiap hamba dan memuji-Nya adalah suatu keharusan setiap hamba. Asmaul Husna membantu manusia untuk mengerti itu.

Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tantang manfaat Asmaul Husna, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Asmaul Husna Bagi Mereka yang Mau Memahaminya

1. Penyempurna Do’a

Manfaat Asmaul Husna yang pertama bagi mereka yang mau menyebutnya adalah membuat doa lebih mudah untuk dikabulkan. Hal in sesuai dengan apa yang Allah katakan pada Q.S Al-Araf ayat 180 yang artinya

“Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohon lah kepada-Nya dengan menyebut AAsmaul Husna itu dan tinggalkan lah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan," (Q.S. Al-A’raf ayat 180)

Tidak hanya menghafal, kita juga perlu memahami makna yang terkandung di dalamnya, menyertakannya dalam doa lalu menyembah Allah dengan seluruh nama-nama tersebut. Salah satu contohnya adalah, salah satu Asmaul Husna adalah Ar-rahim yang berarti Maha Penyayang, maka senantiasa kita mengharapkan rahmat atau kasih sayang-Nya tanpa ragu sedikit pun.

2. Lebih Mengenal Allah SWT

Asmaul Husna juga menjadi salah satu cara agar manusia lebih mengenal Allah. Mengenal Allah melalui sifat-sifat yang dimiliki. Setiap Asmaul Husna memiliki makna mendalam dan menunjukkan sifat-sifat Allah SWT. Anda pun akan menyadari Allah Maha Besar dan hanya kepada Allah lah kita harus memohon pertolongan serta perlindungan.

Ini sesuai dengan apa yang Allah firmankan dalam Q.S Al-A’raf ayat 171 yang artinya

Dan (ingatlah) ketika Kami mengangkat gunung ke atas mereka, seolah-olah (gunung) itu adalah awan dan mereka yakin bahwa (gunung) itu akan menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka), “Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu dan selalu ingat (mengamalkan) apa yang ada di dalamnya agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa.”

3. Mendapat Ketenangan Hati

Manfaat Asmaul Husna yang bisa kita peroleh ketika kita mengingat dan menyebut nama-nama Allah tersebut yang berikutnya adalah mendapatkan ketenangan hati. Hal ini juga berkaitan dengan apa yang tercantum dalam Q.S Ar-Rad ayat 28 yang artinya 

“ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah."

Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. Manfaat Asmaul Husna juga dapat sebagai pengendali amarah dan berdoa agar terhindar dari amarah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Asmaul Husna Bagi Mereka yang Mau Memahaminya

4. Memperoleh Surga Allah

Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang juga menjanjikan surga bagi mereka yang mau untuk memahami asma Allah. Tidak hanya dihafal dan diucapkan, tetapi tentu juga memahaminya dan menerapkannya dalam kehidupan.

Misalnya saja, Allah yang menciptakan semua memiliki rasa sayang yang luar biasa ke semua hamba-Nya tanpa terkecuali, maka tidak pantas bagi kita yang hanya manusia biasa jika tidak bisa menyayangi sesama makhluk dan membeda-bedakannya. Janji Allah ini disampaikan dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda

“Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama, 100 kurang satu, barang siapa memahaminya akan masuk surga," (HR Al-Bukhari no. 2736 dan Muslim no. 6/2677).

5. Menjauhi Kekufuran

Ketika kita semakin mengenal Allah dengan baik dengan mempelajari Asmaul Husna, maka manfaat Asmaul Husna ini adalah membuat kita semakin dekat dengan Allah dan menjauhi kekufuran. Seperti yang kita tahu bahwa kekufuran, kafir adalah beberapa dari sifat manusia yang tidak disenangi oleh Allah.

6. Meningkatkan dan Memperkuat Keimanan

Tentu saja manfaat Asmaul Husna juga berkaitan dengan keimanan seseorang. Asmaul Husna bisa menjadi “charge” iman bagi kita semua. Manusia yang tidak lepas dari kesalahan, maka mengingat Allah dan sifat-sifatnya adalah salah satu upaya untuk kembali ke jalan-Nya.

Ini karena, semakin kita benar-benar mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan, maka semakin sadar pula kita akan kebesaran Allah SWT. Kita akan semakin paham bahwa manusia bukanlah apa-apa dan hanya butiran debu di alam semesta. Hal ini juga nantinya akan membuat kita semakin taat, mencegah dari bersikap sombong, dsb.

Dengan Asmaul Husna juga kita dapat semakin paham bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang harus kita sembah seperti yang ada dalam Q.S Al-Hasyr ayat 23 yang artinya

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Maha Raja yang Maha Suci, Maha Sejahtera, Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Maha Perkasa, Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

4 dari 4 halaman

Manfaat Asmaul Husna Bagi Mereka yang Mau Memahaminya

7. Mengingat Dosa dan Bertaubat

Dengan  mengetahui dan mengamalkan Asmaul Husna, setiap muslim pasti mengingat dosa-dosa yang dipunya. Dosa-dosa tersebut masih akan tercatat dan mungkin akan merugikan setiap muslim di akhirat sebelum Allah memberikan ampunan-Nya.

Oleh karena itu, memohon ampun kepada Allah dan mengenali sifat-sifat atau asmanya akan membuat kita sadar bahwa selalu ada kesempatan dan waktu untuk bertaubat sampai sebelum kita meninggal. Allah juga akan selalu membukakan kesempatan bagi semua hamba-hamba-Nya untuk mendapatkan ampunan tersebut.

8. Takut Mendapat Siksaan di Akhirat

Setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia di dunia saat ini akan minta pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Siksaan yang  akan diberikan tentu akan sangat menyiksa dan tidak ada kenikmatan di dalamnya bagi orang-orang yang melanggar perintah-Nya. Oleh karena itu, Asmaul Husna akan menunjukkan betapa besarnya kuasa Allah.

Hanya kepada Allah lah manusia dapat memohon ampun dan terhindar dari siksa neraka. Jika tidak ingin mendapatkan kemudahan, maka sebagai hamba kita harus menjalankan apa yang diperintahkan-Nya dalam hidup seperti pada Q.S Az-Zariyat ayat 51 yang artinya

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”.

9.  Lebih Termotivasi

Manfaat Asmaul Husna bagi kehidupan manusia juga bisa menjadi sebuah motivasi. Semua arti nama-nama Allah dapat membuat Anda menjadi orang yang termotivasi untuk menjalani kehidupan ini dan kehidupan selanjutnya.

Ini akan berdampak pada kita agar lebih dekat kepada Allah SWT dan menyadari kebenaran akan hidup di dunia yang sementara. Hal ini contohnya bisa dilakukan dengan selalu melakukan perbuatan baik setiap hari kepada orang lain dan memberikan motivasi positif bagi mereka.

Allah juga telah memerintahkan hal ini kepada kita semua melalui Q.S Al-Hasyr ayat 18 yang artinya

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Nah, demikian berbagai manfaat Asmaul Husna jika dipahami, diingat dan dijadikan motivasi untuk menjalani kehidupan baik di dunia. Mengikuti apa yang Allah perintahkan adalah satu-satunya jalan menuju keselamatan.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS