Sukses

15 Manfaat Okra Merah, Sayur Kaya Nutrisi yang Baik Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Okra yang dikenal juga dengan nama bendi adalah sejenis tanaman berbunga yang masuk dalam suku Malvaceae. Tanaman dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus Moench ini berasal dari Ethiopia dan kemudian menyebar luas ke beberapa wilayah Asia termasuk Indonesia. Sayur satu ini memang jarang ditemukan dalam olahan masakan Indonesia, namun manfaat okra merah ternyata sangat baik bagi kesehatan.

Dalam bahasa Inggris okra disebut lady’s finger karena bentuknya yang seperti jari. Ukurannya sama besar dengan cabai hijau besar, berbulu halus, dan rasanya renyah dengan tekstur mirip terong. Manfaat okra merah banyak dipakai dalam masakan Timur Tengah, negara Mediterania dan India. 

Selain warnanya yang berbeda, okra merah dan okra hijau memiliki perbedaan kandungan nutrisi. Serat Okra Merah merah lebih banyak dari pada okra hijau, akan tetapi kandungan flavonoidnya lebih rendah dibanding okra hijau. Berikut manfaat okra merah yang dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Okra Merah

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat okra merah yang pertama adalah untuk memelihara kesehatan pencernaan. Serat yang ada dalam okra cukup tinggi. Itulah mengapa okra merah dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Serat larut dalam okra meningkatkan pergerakan usus yang dapat melembutkan feses. Serat ini bertindak sebagai pencahar alami yang dapat membantu meredakan sembelit, sindrom iritasi usus besar, dan  gangguan pencernaan lain

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Okra merah menjadi salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti sudah diketahui, vitamin C dapat memperkuat sistem imun tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan  virus dan bakteri yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

3. Menjadi Sumber Multivitamin

Tidak hanya vitamin C, manfaat okra merah juga didapat dari kandungan nutrisi lain. Okra mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Terdapat vitamin C dan vitamin K1 yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah pembekuan darah. Ada pula serat, magnesium folat, vitamin A, dan vitamin B6. Dengan begitu, okra menjadi salah satu jenis makanan yang menjadi multivitamin alami.

4. Sumber Antioksidan 

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu menangkal kerusakan dari molekul berbahaya dari radikal bebas. Antioksidan utama dalam okra adalah polifenol, termasuk flavonoid dan isoquercetin, serta vitamin A dan vitamin C.

mengkonsumsi  makanan tinggi polifenol terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penggumpalan darah dan kerusakan oksidatif. Polifenol juga bermanfaat bagi kesehatan otak karena kemampuannya yang unik untuk melindungi otak dari peradangan, gejala penuaan, dan meningkatkan kognisi, pembelajaran, dan memori.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat okra merah lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat yang ada pada okra dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam darah dengan mengurangi jumlah kolesterol jahat. Menurunkannya kadar kolesterol dapat menghindarkan dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit stroke, dan penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Okra Merah

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol, serat dalam okra merah baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Pada penderita diabetes, serat dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu memperbaiki kadar gula darah.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Kandungan serat okra merah juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Okra mengandung banyak serat makanan dan rendah kalori, menjadikannya makanan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Memakan sayuran ini juga akan membuat kamu kenyang untuk waktu yang lama, sehingga meminimalkan keinginan untuk ngemil.

8. Meningkatkan Gairah Seksual 

Kandungan magnesium yang terdapat dapat okra merah dipercaya dapat membantu meningkatkan gairah seksual. Zat gizi tersebut juga dipercaya mampu mengatasi disfungsi ereksi. Manfaat okra merah satu ini tentu perlu dibarengi dengan pola hidup dan pola makanan sehat agar Anda mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

9. Baik untuk Ibu Hamil

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam okra merah, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, hingga folat dapat membawa manfaat pada ibu hamil. Nutrisi tersebut dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Folat dapat menurunkan risiko cacat lahir neurologis pada bayi baru lahir. Fosfor yang terdapat pada okra merah juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi ibu hamil serta janin.

10. Mengatasi Anemia

Mengkonsumsi sayur okra sangat membantu mencegah penyakit anemia. Anemia merupakan kondisi saat seseorang kekurangan sel darah merah. Penyakit anemia ini bisa membuat seseorang terasa lemas, pusing, mudah mengantuk hingga pingsan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam okra, bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, membantu menyembuhkan penyakit anemia dan memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Okra Merah

11. Memiliki Sifat Anti Kanker

Okra memiliki kandungan yang kaya akan protein seperti lektin. Kandungan ini bisa membantu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Antioksidan yang ditemukan dalam okra juha jauh lebih banyak daripada kebanyakan sayuran lainnya. Hal ini dapat menjaga tubuh aman dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh.

12. Mempercantik Kulit

Kandungan vitamin, serat, antioksidan dan nutrisi lain yang ada dalam sayur okra dapat membuat kulit tampak lebih awet muda dengan memperlambat proses penuaan. Karotenoid dalam okra merupakan komponen penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit, yang dapat membantu memulihkan kerusakan pada kulit.

13. Memperkuat Tulang

Mengonsumsi okra merah secara rutin dapat membantu menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan okra tinggi folat yang bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin K pada okra dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik.

14. Mengatasi Asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C dari sayuran ini, bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi mengatasi gejala asma secara aktif.

15. Menjaga kesehatan mata

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan beta karoten, lutein dan xanthin yang ada pada okra. Okra kaya beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS