Sukses

5 Potret Perjalanan Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Pertama Cetak Gol di 5 Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain pertama yang mencetak gol di 5 piala dunia berbeda. Mulai dari ajang Piala Dunia tahun 2006 di Jerman, hingga tahun 2022 di Qatar. Saat bergabung dengan Portugal, Cristiano Ronaldo berumur 18 Tahun dan saat umurnya menginjak 21 tahun, Ronaldo dipanggil untuk bergabung karena berstatus sebagai pencetak gol terbanyak kedua di bawah tim asuhan Luiz Felipe Scolar.

Tak hanya itu saja, gelaran Piala Dunia yang berlangsung setelah 20 tahun berjalan, membuat Ronaldo membuktikan kerja kerasnya untuk tetap menjaga karier sebagai bintang sepak bola. Berbagai prestasi berhasil diperoleh saat bergabung bersama Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan bahkan Juventus.

Banyak orang yang menyebut bahwa Cristiano Ronaldo sebagai dewa baru dari sepak bola, dan bahkan kerja kerasnya saat mencetak gol di Piala Dunia tahun 2018, membuat bintang lapangan ini selevel dengan Uwe Seeler, Pele, dan Miroslav Klose. Adapun kemenangan Portugal atas Ghana dalam duel matchday 1 Grup H Piala Dunia 2022, tak tanggung-tanggung Ronaldo menorehkan rekor istimewa dengan golnya tersebut.

Kemenangan dan prestasi yang diukir oleh Cristiano Ronaldo ini, juga turut dibagikannya lewat laman instagram pribadi yang memiliki 500 juta lebih followers, dengan caption

"Mencetak gol di 5 Piala Dunia adalah pencapaian yang tidak pernah berani saya impikan, tetapi juga bukti bahwa tidak ada yang mustahil. Kebanggaan yang saya rasakan mewakili Portugal hanya sebanding dengan kegembiraan yang saya rasakan di setiap gol yang saya cetak untuk negara saya, diterjemahkan ke dalam kemenangan yang didedikasikan untuk rakyat kami. Ayo pergi! Ini baru saja dimulai!" Tulisnya dalam bahasa Portugis. 

Berikut ini potret Cristiano Ronaldo yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Piala Dunia 2006 di Jerman

Cristiano Ronaldo pada usia 18 tahun sudah dipanggil masuk timnas Portugal, dan setelah dua tahun kemudian, Portugal menyertakan namanya untuk ikut berlaga di Piala Dunia 2006 di Jerman. Turnamen ini, negara Portugal berada di Grup D yang kemudian bersaing dengan Meksiko, Angola dan Iran. Setelah pertandingan kedua berlangsung melawan Iran, Ronaldo kemudian mencetak gol pertama untuk Portugal.

3 dari 6 halaman

Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan

Ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Ronaldo juga ikut serta, dengan mencetak total dua gol. Satu ke gawang Korea Utara dan satu ke gawang Ghana.

 

4 dari 6 halaman

Piala Dunia 2014 di Brasil

Piala Dunia 2014, mengantarkan Portugal melakukan play-off melawan Swedia, di mana Ronaldo mencetak empat gol dalam dua leg. Namun dalam beberapa kesempatan, bintang lapangan ini absen latihan, karena mengalami cedera lutut yang tak kunjung sembuh. Hal ini membuat kekalahan terburuk bagi Portugal di Piala Dunia, di mana skornya menjadi 4-0 saat bertanding dengan jerman.

5 dari 6 halaman

Piala Dunia 2018 di Rusia

Cristiano Ronaldo adalah pemain Portugal pertama, sejak edisi 1996 lalu yang bisa mencetak empat gol sempurna dalam satu edisi Piala Dunia. Di mana gol dilakukan secara sempurna oleh Ronaldo, lewat kaki kanan, kaki kiri, sundulan, tendangan bebas langsung, dan penalti. 

6 dari 6 halaman

Piala Dunia 2022 di Qatar

Tak hanya berhasil mencetak gol dalam ajang Piala Dunia sebelumnya, Tahun ini Cristiano Ronaldo mencetak salah satu gol kemenangan Portugal atas Ghana. Ronaldo tentu menorehkan rekor istimewa dengan golnya tersebut, setelah babak kedua. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS