Sukses

17 Manfaat Air Bagi Manusia dalam Kehidupan, Tak Melulu Sebagai Penghilang Dahaga

Manfaat air bagi manusia berperan penting untuk keberlangsungan hidup manusia, mulai dari penghilang dahaga, sumber energi, hingga pengembangbiakan ikan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air bagi manusia sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Air adalah salah satu unsur penyusun tubuh manusia. Dengan persentase sekitar 70% di dalam tubuh manusia, air menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan hidup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian air adalah cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau yang terdapat dan diperlukan dalam kehidupan manusia yang secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen.

Manfaat air bagi manusia berperan penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa air, sebab tubuh kita menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan, untuk membantu mengatur suhu tubuh dan mempertahankan fungsi tubuh lainnya. Tak hanya sebagai kesehatan, manfaat air bagi manusia juga digunakan untuk industri.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat air bagi manusia dalam kehidupan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Air Bagi Manusia dalam Kehidupan

1. Sebagai pelumas sendi

Manfaat air bagi manusia yang pertama yaitu untuk melumasi sendi. Tulang rawan, ditemukan di persendian dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Apabila mengalami dehidrasi jangka panjang akan dapat mengurangi kemampuan meredam guncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

2. Sebagai oksigen ke seluruh tubuh

Manfaat air bagi manusia yang selanjutnya yaitu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Darah terdiri atas lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

3. Membentuk air liur dan lendir

Manfaat air bagi manusia berperan penting sebagai bahan pembentukan air liur dan lendir. Air liur membantu kita mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, serta mata tetap lembap.

4. Melapisi otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Hal itu juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan penurunan fokus atau konsentrasi. Manfaat air bagi manusia dibutuhkan sebagai pencegahan supaya kerja otak tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Bagi Manusia dalam Kehidupan

5. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat air bagi manusia yang berikutnya yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Apabila tubuh dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini.

6. Jaga tekanan darah

Manfaat air bagi manusia berikutnya yaitu membantu menjaga tekanan darah. Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental, meningkatkan tekanan darah.

7. Mengatur suhu tubuh

Manfaat air bagi manusia yang tak kalah penting yaitu mengatur suhu tubuh. Hal ini karena air dapat tersimpan pada kulit manusia, yang nantinya akan berguna saat tubuh panas karena olahraga.

8. Membuat mineral dan nutrisi dapat diakses

Manfaat air bagi manusia yang lainnya adalah membantu membuat mineral dan nutrisi agar dapat diakses. Senyawa-senyawa tersebut larut dalam air, yang memungkinkannya mencapai berbagai bagian tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Air Bagi Manusia dalam Kehidupan

9. Membuang kotoran dalam tubuh

Manfaat air bagi manusia yang berikutnya adalah untuk membuang kotoran dalam tubuh. Air yang keluar dari tubuh akan berupa keringat, buang air kecil, dan buang air besar. Keringat mengatur suhu tubuh saat berolahraga atau dalam suhu hangat. Anda membutuhkan air untuk mengisi kembali cairan yang hilang dari keringat. Anda juga membutuhkan cukup air dalam sistem untuk memiliki tinja yang sehat dan menghindari sembelit. Ginjal juga membutuhkan air untuk menyaring limbah melalui buang air kecil. Asupan air yang cukup membantu ginjal bekerja lebih efisien dan membantu mencegah batu ginjal.

10. Tingkatkan kinerja selama aktivitas berat

Manfaat air bagi manusia yang berikutnya adalah meningkatkan kinerja selama aktivitas berat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam aktivitas yang berlangsung lebih dari 30 menit.

11. Sebagai hiburan

Dalam kegiatan sosial, manusia juga memerlukan air untuk lingkungannya. Misalnya untuk membersihkan sarana umum, hiasan kota, dan tempat rekreasi.

12. Penurunan berat badan

Manfaat air bagi manusia berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kenyang yang lama.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Bagi Manusia dalam Kehidupan

13. Sumber energi

Manfaat air bagi manusia tak melulu terkait kesehatan, namun juga untuk keperluan industri antara lain untuk pembangkit listrik tenaga air. Sumber energi yang memanfaatkan tenaga air ini bisa jadi alternatif sumber energi terbarukan selain gas bumi.

14. Keperluan rumah tangga

Manfaat air bagi manusia yang berikutnya adalah untuk keperluan rumah tangga. Beberapa kegiatan rumah tangga yang membutuhkan air adalah mandi, mencuci baju, mencuci piring, dan mengepel rumah.

15. Keperluan pertanian dan peternakan

Manfaat air bagi manusia yang lainnya adalah untuk menyiram lahan pertanian yang ditanami berbagai sumber makanan nabati. Contohnya untuk menanam sayur-sayuran dan umbi-umbian. Selain itu, hewan ternak yang merupakan sumber makanan hewani bagi manusia juga membutuhkan air untuk hidup. Contoh hewan ternak yang membutuhkan air antara lain ayam, sapi, domba, dan bebek.

16. Pengembangbiakan ikan

Manfaat air bagi manusia yang lainnya adalah untuk keperluan pengembangbiakan ikan. Sumber makanan hewani lainnya adalah ikan, udang, dan binatang air lainnya. Untuk membudidayakannya, maka penting untuk memiliki ketersediaan air yang cukup.

17. Mencegah dehidrasi

Manfaat air bagi manusia yang utama adalah mencegah terjadinya dehirasi pada tubuh. Tubuh kehilangan cairan ketika Anda melakukan olahraga berat, berkeringat di udara yang panas, atau tertular penyakit yang menyebabkan muntah atau diare. Apabila Anda kehilangan cairan karena salah satu alasan ini, penting untuk meningkatkan asupan cairan sehingga Anda dapat mengembalikan tingkat hidrasi alami tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.