Sukses

12 Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Atasi Batu Ginjal hingga Peradangan

manfaat seledri untuk kesehatan tubuh serta cara membeli dan menyimpannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat seledri untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya yang kaya dan baik untuk tubuh. Seledri yang memiliki nama Latin apium graveolens ini tidak hanya kaya nutrisi dan enak dikonsumsi, tetapi juga memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori

Terdapat banyak manfaat seledri untuk kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan fitonutrien dan memainkan peran penting dalam mengelola serta menyembuhkan banyak masalah kesehatan. Seledri juga dapat membantu mengurangi risiko kanker, peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan pencernaan. 

Manfaat seledri untuk kesehatan dapat diperoleh dengan mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Dikenal karena rasanya yang khas dan manfaatnya yang banyak, anda bisa menemukan banyak makanan dengan tambahan seledri didalamnya.

Memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (21/11/2022). Tentang manfaat seledri untuk kesehatan tubuh serta cara membeli dan menyimpannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

1. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat seledri untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko kanker. Seledri kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Ini mengandung dua flavonoid bioaktif yaitu apigenin dan luteolin, yang dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh. 

Apigenin adalah agen kemopreventif, dan sifat anti-karsinogeniknya menghancurkan radikal bebas dalam tubuh untuk mendorong kematian sel kanker. Ini juga mempromosikan autophagy, suatu proses di mana tubuh menghilangkan sel-sel disfungsional yang membantu mencegah penyakit.

Sifat antikanker luteolin menghambat proses proliferasi sel. Flavonoid dalam seledri ini berpotensi untuk mengobati kanker pankreas dan payudara. Seledri juga dikatakan memiliki polyacetylenes bioaktif. Senyawa pelindung kemo ini memiliki potensi untuk mencegah berbagai formasi kanker.

 

2. Menurunkan Peradangan

Seledri penuh dengan antioksidan fitonutrien yang memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harbin Medical University (China) menemukan bahwa sayuran ini juga merupakan sumber flavonoid yang penting. 

Studi lain yang dilakukan oleh Ohio State University menemukan bahwa jus seledri atau ekstrak seledri juga mengurangi aktivitas protein tertentu yang terkait dengan peradangan. Ekstrak biji seledri dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi.

Seledri juga mengandung senyawa yang disebut luteolin yang dapat mencegah peradangan pada sel otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas King Saud (Riyadh) pada tikus menunjukkan bahwa seledri dapat menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori, bakteri penyebab gastritis (radang selaput perut).

3 dari 6 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

3. Menurunkan Tingkat Tekanan Darah

Manfaat seledri untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Seledri ditemukan mengandung fitokimia yang disebut phthalates, yang melemaskan dinding arteri dan meningkatkan aliran darah. Seledri juga memperluas otot polos di pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Sebuah penelitian di Iran yang dilakukan pada tikus mengaitkan sifat antihipertensi seledri dengan fitokimia yang sama. Seledri juga kaya akan nitrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ulasan lain dari profil fitokimia ekstrak biji seledri juga menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, seledri sering disebut sebagai makanan “dingin” yang dapat menurunkan tekanan darah. Studi lain menemukan bahwa jus seledri segar yang dicampur dengan cuka diberikan kepada wanita hamil di Afrika Selatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Seledri biasanya diberikan sebagai agen anti-hipertensi dalam pengobatan tradisional. Ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di Iran menemukan bahwa ekstrak daun seledri dapat meningkatkan berbagai parameter kardiovaskular seperti kolesterol, trigliserida, dan LDL (kolesterol jahat).

 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat alami yang ditemukan dalam seledri menjadikannya makanan penting untuk sistem pencernaan. Serat larut dalam seledri difermentasi oleh bakteri di usus besar. Proses fermentasi ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang salah satunya (butirat) meningkatkan kesehatan saluran cerna. Seledri juga mengandung serat tidak larut dan dapat meningkatkan pergerakan usus.

4 dari 6 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

6. Mencegah Kehilangan Memori

Manfaat seledri untuk kesehatan yang berikutnya adalah dapat mengurangi risiko kehilangan memori. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas JiNan (Cina) menemukan bahwa ada hubungan antara luteolin (flavonoid yang ditemukan dalam seledri) dan penurunan tingkat kehilangan memori terkait usia. 

Luteolin menenangkan peradangan otak dan dapat membantu dalam pengobatan gangguan peradangan saraf. Dengan demikian, ini juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi saraf. Apigenin, flavonoid bioaktif yang ditemukan dalam seledri, diyakini membantu neurogenesis (pertumbuhan dan perkembangan sel saraf). 

 

7. Menurunkan Berat Badan

Seledri rendah kalori dan mengandung serat yang membuat anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat seledri yang tidak larut dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan. Kandungan air seledri yang tinggi juga dapat membantu penurunan berat badan. 

Seledri juga mengatur metabolisme lipid. Bisa juga dikonsumsi dengan sayuran lain yang memiliki kepadatan energi lebih tinggi. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa seledri, yang kaya air, dapat menurunkan kepadatan energi bahan lain yang dipasangkan dengannya. Ini dapat meningkatkan penurunan berat badan.

 

8. Membantu Pengobatan Diabetes

Manfaat seledri untuk kesehatan yang berikutnya adalah membantu pengobatan diabetes. Seledri mengandung antioksidan yang disebut flavon, yang telah dipelajari perannya dalam menurunkan kadar gula darah. Beberapa ahli percaya bahwa vitamin K dalam seledri mungkin memiliki sifat antidiabetes. 

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa mengonsumsi seledri dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Diabetes juga dapat diperparah oleh Helicobacter pylori, bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan. Karena seledri memiliki kemampuan untuk melawan bakteri ini, seledri juga dapat membantu dalam hal ini. 

5 dari 6 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

9. Membantu Mengobati Vitiligo

Vitiligo adalah kondisi di mana kulit kehilangan pigmennya di area tertentu sehingga menyebabkan bercak putih. Sesuai penelitian yang dilakukan di Polandia, furanocoumarins yang ditemukan dalam seledri dapat membantu pengobatan vitiligo.

Secara umum, tumbuhan seledri menawarkan hidrasi pada kulit dan mungkin telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati vitiligo. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian ilmiah untuk memahami manfaat seledri ini.

 

10. Dapat Mengobati Batu Ginjal

Manfaat seledri untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengobati batu ginjal. Minyak atsiri seledri mengandung luteolin dan senyawa penting lainnya yang dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. 

Selanjutnya, salah satu flavonoid utama dalam seledri, yaitu apigenin dapat memecah kristal kalsium yang ditemukan pada batu ginjal. Namun, penelitian jangka panjang lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat seledri ini pada manusia.

 

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seledri mengandung vitamin C yang tinggi. Nutrisi ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh . Antioksidan dalam seledri juga bisa berperan dalam meningkatkan kekebalan anda. Telah ditemukan bahwa banyak sel sistem kekebalan bergantung pada vitamin C untuk fungsi optimal dan pencegahan penyakit. Suplementasi vitamin C juga diketahui dapat meningkatkan konsentrasi imunoglobulin dalam darah, yang merupakan senyawa kunci dari sistem kekebalan tubuh.

 

12. Meningkatkan Kesehatan Sendi

Manfaat seledri untuk kesehatan yang terkahir adalah meningkatkan kesehatan sendi. Biji seledri dan ekstrak terkait memiliki sifat anti-rematik yang berguna untuk mengobati nyeri sendi dan asam urat. Nyeri sendi biasanya terjadi akibat penumpukan asam urat. 

Satu studi menunjukkan bahwa sifat diuretik seledri dapat membantu ekskresi asam urat yang berpotensi mengobati nyeri sendi. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh University College (Irlandia), minyak biji seledri merupakan sumber sedanolide yang baik. Senyawa ini dapat digunakan untuk mengobati masalah peradangan seperti asam urat dan rematik.

6 dari 6 halaman

Cara Membeli dan Menyimpan Seledri

Cara Membeli dan Menyimpan Seledri

Untuk mendapatkan manfaat seledri untuk kesehatan yang maksimal, konsumsi seledri yang masih segar dan dalam kondisi baik menjadi hal yang perlu diperhatikan. Memilih seledri yang tepat dan menyimpannya dengan benar dapat membantu anda memaksimalkan manfaatnya.

Cara Membeli Seledri yang Baik

- Pastikan anda harus memilih seledri yang garing dan mudah patah saat dicabut. Itu juga harus ringan dan kompak dan tidak memiliki batang yang melebar.

- Daunnya harus pucat hingga hijau cerah. Mereka tidak boleh memiliki bercak coklat atau kuning. Anda dapat memisahkan batang dan memeriksa perubahan warna menjadi hitam atau cokelat.

- Pastikan seledri tidak memiliki batang biji (batang biji menunjukkan rasa pahit). Batang biji berada di tempat batang kecil dan lembut di tengah seledri.

 

Cara Penyimpanan Seledri yang Baik

Anda bisa menyimpan seledri dalam air. Mangkuk kaca besar atau wadah plastik tertutup bisa digunakan. Pastikan anda menggunakan bungkus plastik pada mangkuk kaca untuk menutupnya. Kumpulkan pasokan air segar yang bersih.

Pilih seledri yang batangnya lurus dan kaku. Buang batangnya dan kupas daunnya. Potong batang menjadi dua dan masukkan ke dalam wadah atau mangkuk kaca. Isi wadah dengan air. Pastikan untuk menutup tutupnya dan sisihkan. Ingatlah untuk mengganti air secara teratur atau setiap hari alternatif.

Anda juga bisa membungkus seledri dengan rapat menggunakan aluminium foil. Anda kemudian dapat menempatkan seledri yang dibungkus di dalam lemari es. Anda dapat menggunakan kembali foil yang sama untuk beberapa tandan seledri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.