Sukses

7 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terbuat dari Bambu, dari Angklung Hingga Saluang

Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu di antaranya adalah angklung hingga saluang.

Liputan6.com, Jakarta Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu perlu kamu kenali. Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, maka dari itu terdapat juga banyak alat musik asli dari berbagai daerah. Alat musik tradisional ini biasanya dimainkan saat ada festival maupun upacara adat.

Musik tradisional adalah musik yang berkembang secara turun menurun pada suatu daerah. Musik tradisional adalah musik yang hidup pada masyarakat secara turun temurun di indonesia, dipertahankan sebagai sarana hiburan.

Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu di antaranya adalah angklung hingga saluang. Biasanya, alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi  tarian, sebagai hiburan, sebagai komunikasi, untuk upacara budaya, hingga menjadi sarana mengekpresikan diri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022) tentang alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terbuat dari Bambu

Angklung

Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu yang pertama yaitu angklung. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat. Nama angklung tentunya sudah sangat familier di Nusantara. Bahkan, Angklung sebagai alat musik tradisional Indonesia sudah dikenal hingga mancanegara.

Alat musik ini dibuat dari bilah bambu yang disusun sedemikian rupa dan dibunyikan dengan cara digoyangkan dengan tangan. Setelah digoyang atau digetarkan, maka bunyi akan keluar yang disebabkan oleh benturan badan pipa bambu. Bunyi yang bergetar menghasilkan susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Untuk mendapatkan nada yang harmonis, angklung harus dimainkan oleh banyak orang. Sebab satu angklung hanya mewakili satu tangga nada saja. Meskipun berasal dari Jawa Barat tetapi ada banyak jenis angklung di Indoneisa, seperti Angklung Bali, Angklung Banyuwangi, Angklung Gubrag dan lain-lain.

Saluang

Selain angklung, alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu selanjutnya adalah Saluang. Saluang adalah alat musik tradisional khas suku Minangkabau di Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau bambu talang. Bambu talang dipercaya bisa mengeluarkan suara yang lebih bagus dan merdu.

Saluang termasuk golongan seruling, tapi pembuatannya lebih sederhana. Cukup dengan membuat empat lubang pada bambu talang. Sama seperti seruling pada umumnya, cara memainkannya adalah dengan ditiup.

3 dari 4 halaman

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terbuat dari Bambu

Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu berikutnya. Sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berupa dawai dan dimainkan dengan cara dipetik. Berdasarkan struktur nada sasando dibedakan menjadi dua jenis, yakni sasando gong dan sasando biola.

Sekilas jenis suara yang dikeluarkan sasando mirip dengan gitar, biola, harpa, dan alat musik dawai lainnya. Hal unik dari sasando adalah bagian utamanya berbentuk tabung panjang dari bilah bambu. Lalu, melingkar diberi ganjalan dari atas ke bawah dan ada senar yang direntangkan di tabung. Tabung sasando ini ditaruh dalam sebuah wadah yang terbuat dari semacam anyaman daun lontar yang dibuat seperti kipas. Wadah ini merupakan tempat resonansi sasando.

Rindik

Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu lainnya adalah Rindik. Rindik sendiri memiliki arti tertata rapi dengan celah yang sedikit. Alat musik tradisional Indonesia ini berasal dari bali dan nadanya berdasarkan laras slendro. Biasanya, Rindik digunakan pada upacara perkawinan ataupun acara pertunjukan Joged Bumbung, yang diiringi oleh 10-20 orang memainkan gamelan.

4 dari 4 halaman

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terbuat dari Bambu

Celempung

Celempung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Alat musik ini juga dilengkapi dengan senar. Cara memainkan celempung adalah dengan dipukul menggunakan alat pemukul yang dinamakan tarenteng. Celempung sendiri digunakan sebagai pengatur irama lagu dalam sebuah orkestra yang diberi nama Celempungan.

Basek atau Bambu Gesek

Alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu selanjutnya adalah Basek atau Bambu Gesek. Basek terbuat dari bambu wulung dan berasal dari Depok. Alat musik tradisional Indonesia ini dimainkan dengan cara digesek dan memiliki bentuk yang mirip dengan biola. Basek terdiri dari tiga senar dan nada yang dihasilkan berbeda dengan biola.

Gamolan

Gamolan adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu, yang sekilas mirip gamelan. Cara memainkan alat musik tradisional dari Lampung ini yaitu dengan dipukul. Gamolan kuno memiliki delapan bilah bambu yang sejajar di atas satu bongkahan bulat bambu yang mewakili delapan tangga nada do re mi fa so la si do.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.