Sukses

18 Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami dan Mudah, Jaga Komitmen

Cara melangsingkan tubuh menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Cara melangsingkan tubuh menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Selain sebagai upaya menjaga penampilan cara melangsingkan tubuh juga penting untuk menjaga kesehatan.

Proporsi badan yang terlalu gemuk juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Tubuh yang gemuk dapat menghambat aktivitas karena pergerakan yang dapat dilakukan menjadi terbatas. Itulah pentingnya cara melangsingkan tubuh untuk menjaga proporsi tubuh tetap proporsional.

Lemak memang diperlukan oleh tubuh sebagai penghasil kalori tertinggi, cadangan energi, membantu melarutkan vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, lemak berperan sebagai pelindung organ di dalam tubuh yaitu sebagai bantalan lemak. Namun, ketika jumlahnya terlalu banyak lemak malah akan mengganggu kinerja organ yang ia selimuti. Berikut beberapa cara melangsingkan tubuh dengan cepat yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melangsingkan Tubuh

1. Kurangi Asupan Kalori 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melangsingkan tubuh adalah mengurangi asupan kalori. Lemak yang menyebabkan tubuh tampak gemuk merupakan cadangan energi yang disimpan di dalam tubuh. Cadangan energi yang tidak terpakai akan tertimbun dan membuat tubuh membesar. Mengurangi asupan kalori dapat mendorong pembakaran lemak terjadi lebih banyak.

2. Mengatur pola Makan, Jangan Lewatkan Sarapan

Memang benar jika ingin mengurangi jumlah lemak yang ada di tubuh hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi asupan makan. Namun, hal ini tidak boleh membuat jam makan jadi berantakan. Memiliki jam makan rutin tiga kali sehari di jam yang sama setiap hari akan membuat metabolisme menjadi lebih baik dan pembakaran lemak maksimal. Hal ini akan membantu membantu proses mengecilkan perut.

Sarapan di pagi hari penting dalam proses mengecilkan perut. Studi membuktikan sarapan mampu mengontrol porsi makan saat makan siang. Seorang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki keinginan untuk ngemil diantara jam sarapan menuju makan siang. Selain itu, seorang yang tidak sarapan di pagi hari cenderung mengkonsumsi kalori berlebih saat makan siang.

Tentu saja makanan yang dipilih untuk sarapan perlu diperhatikan kandungan nutrisinya. Hindari menu sarapan yang mengandung lemak jenuh. Perbanyak asupan protein, serat, dan air.

3. Makan dengan Piring yang Kecil

Menggunakan piring yang kecil untuk makan terbukti ampuh mengurangi jumlah porsi makan. Menggunakan piring yang kecil menjadi cara melangsingkan tubuh yang efektif untuk membantu mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

4. Konsumsi Lebih Banyak Air

Minum air terbukti mampu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan. Minum setengah liter air 30 menit sebelum jam makan membuktikan minum air putih sebelum makan mampu mengurangi asupan kalori. Air yang dimaksud di sini adalah air putih atau air mineral dan air alami yang ada pada makanan seperti sayur dan buah-buahan. Bukan minuman bersoda atau minuman kemasan dengan kandungan gula yang tinggi lainnya.

Sebuah penelitian dilakukan pada sejumlah orang dewasa untuk minum air putih 30 menit sebelum jam makan. Hasilnya, setelah 12 minggu berat badan peserta mampu turun hingga 44% lebih banyak daripada mereka yang tidak menerapkan cara mengecilkan perut dengan cepat ini.

5. Perbanyak Asupan Protein

Protein memiliki efek meningkatkan perasaan kenyang yang akan membantu mengurangi konsumsi kalori. Hal ini terjadi karena protein meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan, yaitu GLP-1, peptide YY, dan Cholecystokinin. Protein juga menekan hormon lapar bernama Ghrelin. Protein juga membantu pembakaran kalori menjadi lebih banyak dan membantu pembentukan otot.

6. Perbanyak Asupan Serat

Makanan dengan asupan serat tinggi akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Serat larut akan berubah menjadi gel saat bersentuhan dengan air, gel yang terbentuk dapat meningkatkan penyerapan nutrisi makanan dan mampu memperlambat pengosongan perut. Itulah mengapa mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat menjadi cara mengecilkan perut.

3 dari 4 halaman

Cara Melangsingkan Tubuh

7. Mengurangi Asupan Sodium

Sodium yang ada pada garam memiliki sifat mengikat air dalam tubuh yang akan membuat tubuh tampak lebih besar. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersodium tinggi akan berpengaruh pada bertambahnya lingkar perut. Untuk melangsingkan tubuh, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi asupan sodium.

8. Kurangi Konsumsi Gula

Gula merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia, namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan terjadinya timbunan lemak di perut. Apalagi jika gula yang dikonsumsi adalah fruktosa atau jenis gula sederhana yang memiliki resiko lebih tinggi menyebabkan terjadinya resistensi hormon leptin.

Hormon leptin adalah hormon yang mengatur rasa lapar. Jika resistensi hormon leptin terjadi, seseorang akan terus merasa lapar dan mendorong orang tersebut makan lebih banyak dari kebutuhan tubuhnya. Apabila hal ini terjadi, berat badan akan naik dan perut semakin buncit.

9. Membatasi Makanan Olahan 

Cara melangsingkan tubuh selanjutnya adalah membatasi konsumsi makanan olahan. Makanan olahan seperti kue, makanan cepat saji, dan pasta memang nikmat, tapi makanan olahan dapat menyebabkan naiknya berat badan yang kemudian berdampak pada perut yang membesar. Makanan yang telah melalui banyak proses pengolahan telah kehilangan sebagian besar nutrisi alami yang dimilikinya. 

Kemudian yang tersisa hanya gula dan karbohidrat nya saja.Makanan olahan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi dapat mendorong keinginan makan semakin tinggi. 

10. Hindari Konsumsi Alkohol

Berbagai jenis alkohol seperti bir, wine, dan whiskey memiliki jumlah kalori yang tinggi namun rendah nutrisi. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan selain dapat memberatkan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan obesitas.

11. Tidur Cukup dan Teratur

Orang dewasa setidaknya membutuhkan 8 jam waktu tidur. Jam tidur yang kurang dan tidak teratur dapat mengganggu hormon yang ada di dalam tubuh, termasuk hormon pengatur nafsu makan Ghrelin. Jam tidur teratur juga dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh dan dapat memaksimalkan pembakaran lemak di tubuh termasuk di perut.

12. Makan Secara Perlahan

Otak manusia memerlukan waktu untuk memproses informasi dari sistem pencernaan bahwa ia sudah cukup makan atau kenyang. Orang yang mengunyah makan dengan cepat cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak daripada yang mengunyah secara lambat. Mengunyah makanan secara perlahan dapat menurunkan jumlah asupan makanan yang dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

Cara Melangsingkan Tubuh

Olahraga

Olahraga menjadi hal yang penting pada cara mengecilkan perut dengan cepat. Aktivitas olahraga mendorong terjadinya pembakaran lemak di perut. Berikut pilihan jenis olahraga untuk mengecilkan perut dengan cepat.

13. Kardio

Kardio menjadi salah satu jenis olahraga yang efektif untuk mengecilkan perut. Anad bisa melakukan senam aerobik, jogging, atau berjalan kaki. Untuk pemuda, sebaiknya pilih olahraga yang ringan untuk meminimalisir resiko cedera. 

Berjalan kaki ke sekolah atau kantor dapat menjadi opsi olahraga yang menyenangkan. Berjalan kaki terbukti mampu membakar tumpukan lemak sekaligus melatih otot perut bagian bawah. Dengan begitu perut akan mengecil dan lebih kencang.

14. Berenang

Benang juga menjadi olahraga favorit untuk mengecilkan perut. Saat melakukan aktivitas berenang, semua otot tubuh bergerak. Hal inilah yang membantu mendorong terjadinya pembakaran lemak di seluruh bagian tubuh. Selain mengecilkan perut, rutin berenang dapat membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik. 

15. Plank

Plank juga menjadi jenis olahraga yang banyak dipilih untuk mengecilkan perut. Meski bukan jenis olahraga yang memerlukan banyak gerakan, plank terbukti mampu membuat perut, paha dan lengan mengecil dan kencang. 

16. Tentukan Target

Menentukan tergen jumlah berat badan atau lingkar tubuh yang berkurang dapat membantu memacu semangat untuk terus menjalankan gaya hidup sehat. Hal ini akanb membantu proses melangsingkan tubuh.

17. Jaga Motivasi

Dalam proses melangsingkan tubuh hal yang tidak kalah penting adalah menjaga komitmen untuk menjalankan diet yang sudah dipilih. Godaan untuk makan makanan olahan dan berhenti berolahraga dapat menggagalkan Cara melangsingkan tubuh yang sedang dijalani 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.