Sukses

9 Manfaat Marmer bagi Kehidupan, Banyak Digunakan untuk Keperluan Konstruksi

Marmer telah banyak dikenal sebagai salah satu bahan konstruksi dan dekorasi terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Hilmi S.Salem dalam jurnal Environmental Science and Pollution Research miliknya pada tahun 2021 menyebutkan bahwa marmer awalnya merupakan batuan kapur alami yang terdiri dari mineral karbonat (kalsit, aragonit dan dolomit. Marmer adalah batuan metamorf yang berasal dari proses metamorfisme di bawah tekanan suhu tinggi yang mengubah batuan sedimen, batu kapur menjadi batuan metamorf, yaitu marmer. Marmer biasanya memiliki warna putih hingga abu-abu muda, terkadang kebiruan, abu-abu gelap, merah muda atau kekuningan.

Lebih lanjut lagi Hilmi S.Salem menjelaskan bahwa marmer menjadi salah satu jenis batu yang memiliki beberapa manfaat atau kegunaan. Salah satu manfaat marmer karena warnanya yang indah dan mengkilap adalah digunakan untuk keperluan konstruksi dan dekorasi. Selain itu, sifatnya yang baik, seperti daya tahan, daya tarik dan ekonomi membuat marmer digunakan dalam konstruksi bangunan.

Manfaat marmer tersebut dibuktikan dengan banyaknya bangunan ikonik yang telah berdiri selama berabad-abad yang dibuat menggunakan batu marmer. Beberapa bangunan yang menggunakan marmer dalam konstruksinya, termasuk Taj Mahal (India), Parthenon (Yunani) dan US’ Supreme Court (USA).

Tidak hanya digunakan untuk keperluan konstruksi, tetapi juga untuk pertanian, farmasi dsb. Berikut Liputan6.com lansir tentang manfaat marmer dari ilmugeografi.com dan berbagai sumber lainnya, Kamis (3/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Marmer bagi Kehidupan

1. Bahan Konstruksi dan Dekorasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya tentang manfaat marmer sebagai bahan konstruksi dan dekorasi, marmer memiliki tampilan klasik dan elegan yang disukai banyak orang. Bahkan marmer juga digunakan untuk bagian belakang beberapa merek jam tangan mewah.

Selain digunakan pada berbagai bangunan ikonik, termasuk Taj Maha, patung dan monumen lainnya, marmer juga digunakan dalam pembangunan rel kereta api dan jalan beraspal. Tidak hanya tampilannya yang luar biasa, semakin banyak orang yang menggunakan marmer juga karena marmer yang memiliki sifat mudah dibersihkan,tahan lama, tahan panas dan tahan api.  

2. Bahan Dasar Pembuatan Beragam Furniture

Marmer memiliki tekstur yang lebih lembut daripada granit, sehingga lebih mudah untuk membentuk tepinya. Manfaat marmer yang memiliki sifat lunak menjadikannya jenis batu yang dipilih untuk membuat berbagai macam furniture. Batu marmer juga memiliki sifat cepat menyerap cat. Beberapa jenis furniture yang biasa dibuat dari marmer, seperti meja, kursi, jendela, guci, perapian dsb.

3. Bahan Pembersih Rumah

Tidak hanya cocok sebagai bahan membuat perabotan rumah, marmer juga dapat digunakan untuk membersihkan rumah. Batu marmer mengandung kalsit sehingga tidak jarang digunakan sebagai bahan dalam pembuatan cairan pembersih kamar mandi atau dapur. Manfaat marmer sebagai bahan pembersih rumah juga disebabkan karena sifatnya yang lembut dan tidak menyebabkan goresan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Marmer

4. Pembuatan Batu Nisan

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi batu alam cantik yang untuk membuat batu nisan, maka Anda dapat mencoba dengan batu marmer. Ya, manfaat marmer yang selanjutnya adalah sebagai bahan pembuatan batu marmer. Selain karena tampilannya yang indah, batu marmer memiliki keunggulan lain, termasuk mudah dipahat, tahan lama dan tahan terhadap cuaca (hujan).

5. Pupuk

Batu menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat pupuk. Batu marmer menjadi salah satu batu yang dimaksud. Manfaat marmer sehingga digunakan sebagai pupuk karena marmer akan mengeluarkan karbondioksida ketika dipanaskan dan nantinya hanya menyisakan kalsiumoksida atau dikenal dengan zat kapur. Zat kapur dapat membantu mengurangi keasaman tanah sehingga marmer dapat digunakan untuk membuat pupuk pertanian dan digunakan bersama pupuk lainnya.

6. Pewarna

Manfaat marmer yang selanjutnya diperoleh dari marmer putih. Marmer putih tidak jarang digunakan untuk memproduksi kapur sirih. Kapur sirih ini digunakan sebagai pigmen, brighter,  pengisi dalam cat dsb.

4 dari 4 halaman

Manfaat Marmer bagi Kehidupan

7. Tambahan pada Pakan Ternak

Batu marmer digunakan sebagai tambahan dalam pakan untuk hewan ternak karena kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Meskipun mungkin terdengar sedikit bagi Anda atau orang awam, tetapi Anda dapat mencampurkan sumber kalsium yang satu ini dengan pakan ternak. Hewan ternak tersebut, termasuk ayam penghasil telur dan sapi penghasil susu. Biasanya batu marmer ini diolah menjadi suplemen yang tinggi akan kalsium dengan tekstur lembut.

8. Penetral Asam

Kalsium bikarbonat yang ada di dalam marmer membuatnya dimanfaatkan sebagai penetral asam. Disebutkan bahwa batu marmer menjadi salah satu batu yang sangat mungkin menetralkan asam. Bubuk marmer, hasil dari kemurnian tinggi diproses lebih lanjut sampai siap digunakan sebagai penetral asam. Beberapa kadar asam yang bisa dinetralkan oleh marmer ini, termasuk asam tanah, asam sungai, asam industri kimia dsb.

9. Terapi Penyakit Tertentu

Manfaat marmer untuk terapi penyakit tertentu karena batu marmer dapat menjadi dekogestan kuat untuk meredakan pembengkakan serta melancarkan peredaran darah. Batu marmer ini juga dapat dipadukan dengan berbagai batu-batu panas untuk mengurangi vasodilatasi dan juga penyempitan organ tubuh serta nantinya dapat membuat nutrisi dalam tubuh tersebar.

Nah, demikian manfaat batu marmer bagi kehidupan. Penggunaan lebih lanjut pada pakan ternak atau yang terkait dengan kesehatan lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu kepada yang ahli di bidangnya.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.