Sukses

Filsafat adalah Ilmu Tentang Cara Berpikir, Kenali Juga Cabang-Cabangnya

Filsafat adalah ilmu pengetahuan tertua yang sampai saat ini masih relevan kondisi zaman.

Liputan6.com, Jakarta Filsafat adalah ilmu pengetahuan tertua yang sampai saat ini masih relevan kondisi zaman. Karakteristik filsafat yang implikatif dan universal menyebabkan ilmu filsafat dapat diterapkan secara luas di semua zaman.

Ketika mendengar kata filsafat, orang cenderung berpikir bahwa ilmu ini adalah ilmu abstrak dan sulit dipahami, padahal filsafat berangkat dari pertanyaan tentang kehidupan sehari-hari. Hanya saja pertanyaan yang ada di filsafat adalah pertanyaan kritis yang memang cenderung sulit untuk dipecahkan. 

Secara historis, filsafat mencakup inti dari segala pengetahuan. Pertanyaan yang dimunculkan oleh filsafat melahirkan berbagai ilmu pengetahuan yang ada saat ini. Contohnya, pertanyaan tentang alam semesta melahirkan ilmu fisika, pertanyaan tentang bagaimana menjalankan pemerintahan melahirkan ilmu politik, dan pertanyaan tentang cara hidup yang baik melahirkan pemahaman dan keyakinan.

Filsafat adalah pembelajaran yang mengkaji hakikat realitas dan keberadaan, tentang apa yang mungkin diketahui serta perilaku yang benar atau salah. Dengan kata lain, filsafat adalah bidang pemikiran manusia yang penting karena bertujuan mencapai makna hidup yang paling hakiki. Berikut ulasan tentang filsafat yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Filsafat Adalah: Pengertian dan Tujuan

Pengertian

Secara umum,filsafat dapat dimaknai sebagai ilmu tentang cara berfikir. Cara berpikir merupakan gear penggerak yang dapat memengaruhi bagaimana manusia menjalani hidupnya. Ilmu filsafat membantu manusia membuka cara berpikir dalam hidup. Cara berpikir ini lah yang digunakan untuk mencari jalan keluar sebuah masalah dan juga untuk berargumentasi. 

Filsafat biasanya dipelajari dari pemikiran-pemikiran para filsuf, tokoh, ilmuan, dan pemikir dari segala zaman di seluruh dunia. Filsafat juga dapat dipelajari dengan cara mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan.

Filsafat berasal dari bahasa Yunani philosophia yang berarti cinta kebijaksanaan. Artinya, filsafat adalah kajian mendasar dan umum tentang suatu persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. 

Sedangkan secara etimologi, filsafat dimaknai sebagai sebuah ilmu yang membahas tentang kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya. 

Tujuan Filsafat

1. Memberikan sudut pandang yang lebih luas dalam melihat sebuah persoalan. Sudut pandang yang luas akan menjauhkan manusia dari egosentrisme.

2. Mendorong para ilmuwan mengembangkan dan mendalami bidang ilmu keahliannya lebih jauh lagi. 

3. Membuat manusia menjadi lebih bijak dalam bertindak dan mengambil keputusan. 

4. Membantu manusia memahami perkembangan zaman yang bersifat mutlak.

5. Memunculkan sifat kritis pada dalam berfikir sehingga manusia terpicu untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

6. Memberi pemahaman tentang bagaimana alam semesta bekerja.

7. Membuat manusia jadi lebih bisa menilai berbagai macam hal di sekitarnya secara objektif. Dengan begitu, filsafat diharapkan bisa membuat manusia menjadi lebih terdidik.

8. Membuat manusia dapat mendalami pokok ilmu sampai ke cabang-cabangnya sehingga akan lebih mudah dalam memahami hakikat ilmu beserta sumber dan tujuannya.

8. Filsafat berguna bagi dunia pendidikan sebagai pedoman bagi siswa dan pengajar. Terutama untuk membedakan antara persoalan yang bersifat ilmiah dan tidak ilmiah.

3 dari 3 halaman

Filsafat Adalah: Cabang Ilmu

Cabang Ilmu Filsafat

1. Metafisika

Metafisika adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan proses analitis atas hakikat fundamental mengenai keberadaan dan realitas yang menyertainya. Kajian mengenai metafisika umumnya berporos pada pertanyaan mendasar mengenai keberadaan dan sifat-sifat yang meliputi realitas yang dikaji. Contohnya, pertanyaan tentang apa tujuan dari hidup?

2. Epistemologi

Epistemologi adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan hakikat atau teori pengetahuan. Dalam bidang filsafat, epistemologi meliputi pembahasan tentang asal mula, sumber, ruang lingkup, nilai validitas, dan kebenaran dari pengetahuan. Jadi dapat dikatakan bahwa epistemologi adalah “pembahasan tentang ilmu pengetahuan”

3. Metodologi

Metodologi merupakan cabang filsafat yang berupa ilmu-ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji. Metodologi tersusun dari cara-cara yang terstruktur untuk memperoleh ilmu.

4. Logika

Logika adalah cabang filsafat yang membahas penalaran. Penalaran adalah suatu corak pemikiran khas yang dimiliki manusia dari pengetahuan yang ada untuk memperoleh pengetahuan lainnya, terutama sebagai sarana dalam pemecahan suatu masalah.

5. Etika

Etika merupakan satu cabang filsafat berupa moral dan norma yang menjadi pedoman, baik bagi suatu individu maupun suatu kelompok, dalam mengatur tindakan atau perilaku. Moralitas adalah suatu himpunan ide mengenai hal-hal yang baik atau buruk pada perilaku manusia dan hal-hal yang benar atau salah pada tindakan manusia.

6. Estetika

Estetika merupakan cabang ilmu filsafat yang membahas keindahan. Estetika adalah ilmu yang membahas bagaimana keindahan dapat terbentuk, serta bagaimana dapat merasakannya.

7. Sejarah Filsafat

Sejarah filsafat adalah studi tentang periode tertentu, individu, atau aliran tertentu. Bidang ini masih berkaitan, tetapi tidak sama dengan filsafat sejarah. Sejarah filsafat merupakan bidang pengetahuan yang sangat luas dan merupakan cabang ketujuh dari filsafat sistematis dan membahas perkembangan filsafat dari masa yang paling permulaan sampai sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.