Sukses

14 Manfaat Buah Jambu Biji dan Daunnya Bagi Kesehatan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah jambu biji dapat dengan mudah didapatkan karena buah maupun pohon jambu biji mudah ditemukan di mana-mana.

Liputan6.com, Jakarta Jambu biji atau guava merupakan jenis buah tropis yang banyak dibudidayakan di negara tropi seperti Indonesia. Buah jambu memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Varian jambu biji berdaging putih memiliki padat dan crunchy saat digigit. Sedangkan jambu biji merah memiliki daging yang lebih lembut dan kerap diolah menjadi jus yang nikmat.

Selain rasanya yang nikmat manfaat buah jambu biji juga baik bagi kesehatan. Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibanding jeruk. Kandungan vitamin C pada buah jambu biji bahkan dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh sekitar 206%. Tidak hanya buah, daun jambu biji juga memiliki berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan. 

Manfaat buah jambu biji dapat dengan mudah didapatkan karena buah maupun pohon jambu biji mudah ditemukan di mana-mana. Berikut manfaat buah jambu biji dan daunnya bagi kesehatan yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah jambu yang pertama adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu membantu memperkuat pasukan imun di dalam tubuh untuk melawan radikal bebas, virus, dan bakteri yang menyebabkan gangguan kesehatan. 

Jambu biji juga mengandung vitamin A, B, K, dan E, yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan zat besi pada jambu biji  melengkapi vitamin C dalam memberi perlindungan terhadap penyakit, seperti flu dan infeksi virus lainnya. 

2. Mempercepat Proses Penyembuhan

Mengonsumsi buah jambu dapat mempercepat proses penyembuhan. Vitamin A, B, C, K, E serta mineral yang terkandung dalam buah jambu biji mampu mempercepat proses pembentukan sel baru untuk menggantikan sel lama yang rusak saat sakit.

3. Melancarkan Pencernaan

Jambu adalah buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Mengkonsumsi atu buah jambu biji dapat memenuhi sekitar 12 persen asupan serat yang direkomendasikan setiap hari. Asupan serat yang cukup dapat mencegah terjadinya sembelit, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. 

4. Mengatasi Masalah Pencernaan 

Jika buah jambu biji dapat melancarkan pencernaan, manfaat daun jambu biji berkhasiat mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan muntaber. Ekstrak daun jambu biji terbukti manjur mengurangi intensitas buang air besar sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare dan muntaber.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji dan Daunnya

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mnafaat buah jambu biji menjadi salah satu jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Rutin mengonsumsi jambu biji dapat membantu mengontrol kadar gula darah. 

Kandungan tanin dan kalsium pada daun jambu biji juga terbukti membantu meningkatkan kinerja hormon insulin yang bertugas mengatur kadar gula dalam darah. Penelitian yang dilakukan oleh PSIK STIKES Ngudi Waluyo Ungaran membuktikan, mengkonsumsi air rebusan daun jambu biji dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C pada jambu biji membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada munculnya penyakit jantung. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin juga membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium tubuh, sehingga bisa mengatur tekanan darah pada pengidap hipertensi. 

7. Mencegah Kanker

Manfaat buah jambu biji selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Kandungan likopen, quercetin, vitamin C dan polifenol pada buah jambu biji bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralisir radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. 

8. Menurunkan Berat Badan

Jambu biji memiliki serat yang tinggi dan rendah kalori. Dua hal ini menjadikan buah jambu biji cocok dikonsumsi sebagai salah satu menu diet yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji

9. Menjaga Kesehatan Mata

Selain vitamin C, manfaat buah jambu biji juga mengandung vitamin A cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan dan kornea mata. Rutin mengkonsumsi buah jambu biji dapat mencegah penurunan penglihatan, serta membantu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula.

10. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Manfaat daun jambu biji memiliki kandungan flavonoid yang akan menghambat pertumbuhan bakteri. Secara spesifik, flavonoid pada daun jambu biji dapat membuhuh bakteri Streptococcus mutans yang kerap menyebabkan gigi berlubang.

Mengonsumsi air rebusan daun jambu biji juga dapat mengatasi peradangan di sekitar mulut. Flavonoid akan menghambat pembentukan enzim siklooksigenase yang dapat menyebabkan peradangan di mulut.

11. Meringankan Nyeri Menstruasi

Air Rebusan daun jambu biji dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Nyeri yang terjadi saat menstruasi disebabkan kram perut, flavonoid pada daun jambu biji dapat mengurangi intensitas kram perut yang terjadi saat menstruasi.

12. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan vitamin dan mineral pada buah jambu biji dapat meningkatkan kinerja otak. Vitamin B dan kalium dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke otak. Kedua zat gizi ini bisa meningkatkan fungsi kognitif, termasuk konsentrasi dan daya ingat.

13. Mencegah Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid merupakan gangguan pada kelenjar tiroid yang kadang menyebabkan pembengkakan di area leher atau kerap disebut penyakit gondok. Buah jambu biji mengandung mineral tembaga serta serat yang membantu mengatur, melindungi, serta meningkatkan fungsi kelenjar tiroid.

14. Menyehatkan Kulit

Manfaat buah jambu biji selanjutnya adalah menyehatkan kulit. Kandungan antioksidan, seperti betakaroten dan likopen pada buah jambu biji membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Jambu biji juga mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen yang mampu menjaga elastisitas kulit. Nutrisi ini dapat memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, serta mengencangkan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.