Sukses

3 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Tidak hanya memiliki lebih banyak Vitamin C daripada jeruk, jambu biji juga kaya akan antioksidan lain.

Liputan6.com, Jakarta - Jambu biji adalah buah tropis yang tumbuh di tempat yang kering atau lembap. Baik buah berdaging dari tanaman jambu biji maupun daunnya dapat dimakan, dengan buah yang paling sering dimakan sebagai camilan dan daunnya biasanya direbus menjadi teh herbal. 

Dari segi tekstur, jambu biji mirip dengan pir, tetapi sedikit lebih renyah. Buah ini memiliki rasa manis sedikit sepet. 

Namun, mengutip WebMed, camilan manis ini ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu nutrisi utama yang ditemukan dalam jambu biji adalah serat. Serat telah terbukti membantu pencernaan. Hal ini dapat mencegah diare dan sembelit. 

Studi juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengurangi intensitas dan durasi diare. Orang dengan gangguan pencernaan tertentu, termasuk sindrom iritasi usus besar, dapat mengambil manfaat dari menambahkan jambu biji ke dalam makanan mereka. 

 

3 dari 4 halaman

2. Meringankan Kram Menstruasi

Kram menstruasi dapat berkisar dalam tingkat keparahan, dari ringan hingga melemahkan. Wanita yang mengalami kram yang menyakitkan mungkin ingin mencoba daun jambu biji. Satu studi menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji lebih efektif daripada obat penghilang rasa sakit dalam mengatasi kram menstruasi.

3. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jambu biji penuh dengan Vitamin C, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa Vitamin C dapat mengurangi durasi pilek dan melawan bakteri.

 

Reporter: Lianna leticia

4 dari 4 halaman

Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.