Sukses

9 Cara Menghilangkan Mual saat Hamil Muda, Pasti Ampuh dan Aman

Kumpulan cara menghilangkan mual saat hamil muda.

Liputan6.com, Jakarta - Cara menghilangkan mual saat hamil muda sangat penting diketahui. Ini siklus yang normal, mual atau nausea sangat berisiko dialami wanita di bulan pertama kehamilannya. Mual wanita hamil dipengaruhi produksi hormon estrogen berlebihan dan berisiko mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hormon estrogen yang banyak diproduksi saat hamil muda, memicu terjadinya peningkatan keasaman lambung terutama di pagi hari. Istilah medis menyebutnya morning sickness. Peningkatan keasaman lambung pun terjadi karena jeda makan malam dan makan pagi sangatlah panjang. Lalu bagaimana cara menghilangkan mual saat hamil muda ini?

Melansir dari University of Iowa Hospitals & Clinics dan Health Line, ada sembilan cara menghilangkan mual saat hamil muda yang bisa dicoba. Paling penting dari cara menghilangkan mual saat hamil adalah mengubah pola makan dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Selain itu, cara menghilangkan mual saat hamil muda bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan. Mulai dari mengonsumsi teh herbal, mengandalkan aromaterapi, dan mengalihkan fokus. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara menghilangkan mual saat hamil muda, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Mual saat Hamil Muda

University of Iowa Hospitals & Clinics merekomendasikan lima cara menghilangkan mula saat hamil muda, terutama dengan memperhatikan pola makan ibu hamil. Begini cara menghilangkan mual saat hamil muda yang dimaksudkan:

1. Makan Lebih Sedikit, Tetapi Lebih Sering

Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan merubah pola makan, makan lebih sedikit tetapi lebih sering. Alih-alih makan sarapan, makan siang, dan makan malam dalam jumlah besar, makanlah dengan porsi lebih kecil atau sedikit.

Kemudian mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan. Terlalu kenyang atau terlalu lapar inilah yang sebenarnya menjadi pemicu umum mual dan muntah pada kehamilan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari makan berlebihan!

2. Menghindari Sakit Maag

Apa lagi yang bisa dilakukan? Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan menghindari sakit maag atau penyebab sakit maag. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau mulas adalah pemicu umum mual dan muntah pada kehamilan.

Mual dan muntah memang perubahan kehamilan yang normal. Cara menghilangkan mual saat hamil muda yang dimaksudkan, menghindari makanan pedas, asam, dan konsumsi antasida yang dijual bebas (selalu konsultasikan dengan bidan).

3. Mengonsumsi Suplemen Makanan dan Obat Bebas

Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan mengonsumsi suplemen makanan dan beberapa obat bebas dengan pemantauan ahli. Beberapa wanita mengaku bebas dari gangguan mual dan muntah saat hamil muda dengan mengonsumsi suplemen makanan seperti jahe dan vitamin B6 (25 mg).

Kemudian, cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan konsumsi obat tidur yang dijual bebas seperti Doxylamine (tab tidur Unisom, 12.5 mg di pagi dan sore hari serta 25 mg sebelum tidur), ini telah dikenal ampuh mengatasi mual dan muntah.

Sekali lagi, cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan konsumsi obat dan suplemen harus dilakukan dengan pemantauan ahli, seperti bidan atau dokter pribadi.

4. Minum Banyak Air

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting bagi ibu hamil terpelas dari mual yang berisiko dialaminya. Cara menghilangkan mual saat hamil muda, direkomendasikan minum enam sampai delapan gelas per harinya.

American College of Obstetricians and Gynecologists, menjelaskan ibu hamil harus memenuhi cairan tubuh 8-12 gelas setiap hari. Ini karena cairan yang cukup bisa menurunkan risiko berbagai masalah di masa kehamilan termasuk mual.

5. Melakukan Konsultasi

Cara menghilangkan mual saat hamil muda paling penting adalah rutin melakukan konsultasi dengan bidan atau dokter pribadi. Wanita hamil, wajib segera memeriksakan diri ketika mual yang dialami sampai menimbulkan gejala dehidrasi. Seperti pusing dan jantung berdebar.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Mual saat Hamil Muda Lainnya

Apalagi yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan mual saat hamil muda? Health Line merekomendasikan beberapa cara menghilangkan mual dengan bahan alami, tanpa mengonsumsi obat.

Begini cara menghilangkan mual saat hamil muda yang dimaksudkan:

6. Aromaterapi Peppermint

Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan aromaterapi. Aromaterapi peppermint adalah alternatif yang bisa membantu mengurangi mual.

Dalam penelitian yang diungkapnya, aromaterapi peppermint mengurangi mual pada 57 persen kasus. Dalam studi lainnya, menggunakan inhaler yang mengandung minyak peppermint pada awal mual mengurangi gejala dalam dua menit pengobatan pada 79 persen kasus.

7. Bau Lemon

Bau jeruk, seperti yang berasal dari irisan lemon segar, dapat membantu mengurangi mual pada kehamilan. Dalam sebuah penelitian, 100 wanita hamil menghirup minyak esensial lemon atau minyak almond segera ketika merasa mual.

4 hari kemudian, mereka yang berada dalam kelompok lemon menilai mual mereka 9 persen lebih rendah daripada mereka yang diberi minyak almond.

Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan mengiris lemon atau menggaruk kulitnya. Ini dapat memulihkan karena membantu melepaskan minyak esensial ke udara. Botol minyak esensial lemon bisa menjadi alternatif praktis saat jauh dari rumah.

8. Teh Chamomile

Teh chamomile cukup populer digunakan sebagai obat mual rumahan. Beberapa penelitian telah melihat peran chamomile dalam meredakan mual, lebih banyak penelitian hanya diperlukan untuk memahami bagaimana teh Chamomile ampuh meredakannya.

Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan membuatnya menjadi teh. Buat teh chamomile sendiri dengan menuangkan satu cangkir air mendidih di atas satu sendok makan bunga chamomile kering atau segar. Tunggu setidaknya selama 5 menit dan saring.

9. Mengalihkan Fokus

Mengalihkan fokus bisa membantu wanita hamil menghilangkan mual yang dialaminya. Diungkap, semakin seseorang memikirkan mualnya, maka yang dirasakan akan semakin mual.

Cobalah cara menghilangkan mual saat hamil muda dengan mengalihkan perhatian seperti membaca buku atau menonton televisi. Jika gerakan tidak membuat wanita hamil yang mual merasa lebih buruk, lakukan pekerjaan rumah ringan atau berjalan-jalan perlahan.

Disarankan melakukan apa pun untuk mengalihkan pikiran dari perasaan mual ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.