Sukses

18 Jenis-Jenis Kucing Peliharaan dan Perkiraan Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Ingin memelihara kucing? Ada delapan belas jenis-jenis kucing peliharaan yang berbulu tebal, berbadan besar, hingga bertubuh mungil yang wajib diketahui. Kucing-kucing ini dibanderol dengan harga yang bervariasi.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, jenis-jenis kucing peliharaan tersebut adalah Anggora, domestik, British Longhair, Munchkin, Maine Coon, Ragamuffin, Russian Blue, British Shorthair, hingga Siam. Pilihlah kucing dari karakteristiknya.

Ragam harga kucing peliharaan ini sesuai dengan jenis-jenis kucingnya, semakin langka dan unik maka akan semakin mahal harganya. Dibanderol dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga puluhan juta Rupiah. Seperti apa jenis-jenis kucing peliharaan yang dimaksudkan?

Berikut Liputan6.com ulas tentang delapan belas jenis-jenis kucing peliharaan dan harganya, Jumat (28/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

1. Anggora

Anggora adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Kucing ini berasal dari Turki yang mirip dengan kucing Persia. Ini salsah satu ras kucing tertua di dunia.

Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga. Ciri khas salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini adalah bulunya yang panjang, tubuh panjang, ramping, langsing, dan elegan.

Cakar yang dimiliki jenis kucing anggora Turki, panjang, halus, dan ujungnya berbentuk bulat atau lonjong. Sementara bagian kaki belakang lebih panjang daripada kaki bagian depannya. Ciri khas bulunya lembut, halus, dan mengambang.

Harganya salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibanderol dari Rp 8.000.000 sampai Rp 12.000.000.

2. Domestik

Kucing domestik adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Kucing domestik sama dengan kucing kampung yang paling mudah ditemui di jalanan. Ketika tidak dipelihara, kucing ini biasanya akan berkeliaran di sekitar pemukiman warga atau di pasar tradisional.

3. British Longhair

British longhair adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Jenis kucing ini masih berkerabat dengan salah satu jenis-jenis kucing peliharaan British shorthair.

British Longhair merupakan persilangan antara British shorthair dan kucing Persia. Ciri khas salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini adalah bulunya yang tebal dan panjang, kepala relatif besar, dan mata yang besar dan bulat.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 9.000.000 sampai Rp 14.000.000.

4. Munchkin

Munchkin adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Ini kucing yang akan tetap mungil meskipun pertumbuhannya sudah maksimal. Karakteristik salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini sangat kentara dengan bentuk kaki yang pendek dan mungil.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibanderol mulai dari Rp 5.000.000. Sedangkan untuk jenis campuran mulai dari Rp 900.000.

5. Maine Coon

Maine coon adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan besar dengan bulu panjang. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter dengan bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg.

Maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Ekornya panjang dengan bulu yang lebat. Bulunya seperti mantel karena tebal dan membuatnya tahan terhadap air.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan bulu lebat ini cocok dipelihara di iklim dingin karena bulu yang dimilikinya sudah sangat menghangatkan. Maine Coon termasuk salah satu jenis-jenis kucing peliharaan terbesar di dunia. Ada sekitar 75 kombinasi warna berbeda dan mata khas yang dimilikinya berwarna coklat dan biru.

Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian dengan banyak "mengeong" untuk meresponsnya. Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini bisa tinggal dengan salah satu jenis-jenis kucing peliharaan lain, bahkan anjing sekalipun.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 4.000.000 sampai Rp 15.000.000.

6. Ragamuffin

Ragamuffin adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Ini hasil persilangan antara salah satu jenis-jenis kucing peliharaan Ragdoll dengan Persian, Himalayan, dan kucing berbulu panjang lain.

Ragamuffin terkenal karena kepribadiannya yang ramah dan bulunya yang mirip bulu kelinci yang tebal. Ragamuffin adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan yang ramah, baik, sangat jinak, manis, lembut, dan penyayang.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini memang hampir mirip dengan Ragdoll. Satu-satunya perbedaan yang dimiliki Ragamuffin ada pada warna dan pola bulunya. Bulunya tidak seketat Ragdoll. Kucing ini memiliki perawakan yang cukup kuat, berat, dan berotot.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan jantannya bisa memiliki berat 12 hingga 20 pon. Sementara betinanya 8 hingga 15 pon. Kucing ini memiliki cakar yang bulat dengan jumbai lebat. Moncongnya agak bulat, pipinya penuh, dan dagunya kuat. Ekornya sedikit meruncing dan bulunya lembut.

Kucing ini cocok dijadikan peliharaan keluarga karena perangainya yang tenang. Sabar dan tidak temperamen. Bahkan salah satu jenis-jenis kucing peliharaan Ragamuffin tidak mengenal orang asing sama sekali. Semua tamu yang asing akan disambutnya dengan senang hati.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol sekitar Rp 12.000.000.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

7. Russian Blue

Kucing Russian Blue adalah salah satu salah satu jenis-jenis kucing peliharaan dan paling mahal di dunia. Hal ini lantaran kucing ini memiliki habitat asli di daerah pelabuhan Arkhangelsk, Rusia.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini memiliki karakteristik berupa bulunya yang berwarna perak biru dengan mata berwarna hijau cerah. Selain itu, berbeda dengan kucing persia, kucing jenis ini memiliki bulu yang cenderung pendek.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibaderol sekitar Rp 39.000.000. Sedangkan harga campuran dibanderol mulai dari Rp 900.000.

8. Himalaya

Kucing himalaya adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Kucing ini hasil persilangan antara salah satu jenis-jenis kucing peliharaan persia dengan kucing siam. Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia.

Seperti kucing siam, salah satu jenis-jenis kucing peliharaan adalah kucing peliharaan yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.

Untuk bisa memelihara salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini, pastikan memilih yang sehat. Kucing himalaya yang sehat bertubuh kekar, berkaki pendek, bulunya panjang lembut, kepalanya bulat lebar, dan matanya bulat dengan warna biru.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 650.000 sampai Rp 3.000.000.

9. Bengal

Bengal adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan yang mirip dengan macan tutul. Kucing bengal masih satu keluarga dengan macan tutul, tetapi tak perlu khawatir karena kucing ini cenderung jinak dan sangat ramah ketika dipelihara.

Ciri khas utama dari salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini adalah bulunya yang memiliki corak seperti macan tutul. Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibaderol mulai dari Rp10.000.000, sedangkan untuk jenis campuran berkisar mulai dari Rp2.500.000.

10. Norwegian Forest

Norwegian Forest adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan yang berasal dari Norwegia. Kucing ini juga termasuk salah satu jenis-jenis kucing peliharaan tertua yang ada di dunia.

Dari tampilannya, Norwegian Forest mirip degan Maine Coon. Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini memiliki bulu yang panjang dan lebat serta perawakan yang besar. Kucing ini umumnya ramah, cerdas, dan umumnya baik dengan orang lain.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 13.750.000 sampai Rp 18.000.000.

11. Turkish Van

Turkish Van adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Ini jenis ras kucing besar yang dikenal memiliki corak bulu yang khas, yaitu putih dengan warna cokelat di sekitar ekor dan kepalanya.

Turkish Van juga dapat tumbuh hingga berbobot 4 sampai 7 kilogram. Menurut cerita yang beredar, Turkish Van adalah ras kucing yang ikut serta di dalam kapal Nabi Nuh.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 2.000.000 sampai Rp 2.800.000.

12. Ragdoll

Ragdoll adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan berbadan besar dengan bulu yang lebat. Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini pertama dikembangkan sejak 1960-an di Amerika Serikat. Ragdoll adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guinness World Records.

Ragdoll sangat cantik dan manis. Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini memiliki warna yang cukup banyak. Mulai dari warna biru, coklat tua, coklat, ungu, merah, dan krem. Mata yang dimiliki kucing ini berwarna biru dan ciri khas wajahnya nampak selalu tersenyum.

Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang. Untuk memelihara kucing Ragdoll, kamu harus menyediakan tempat yang cukup luas karena kucing Ragdoll senang permain dan berpetualang.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan bulu lebat ini harganya dibandrol dari Rp 3.500.000 sampai Rp 10.000.000.

 

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

13. Chausie

Ras kucing besar ini memiliki tubuh atletis dengan kaki panjan dan telinga yang lebar. Chausie adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Ini kucing hasil campuran antara kucing hutan dan kucing domestik. Chausie memiliki berat badan mencapai 3 hingga 7 kilogram.

Corak atau pola bulu yang terdapat di tubuh Chausie cukup beragam. Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini ada yang memiliki bulu berwarna coklat, hitam pekat, dan juga keabu-abuan atau keputih-putihan.

Bulunya ini sangat pendek namun mempunyai tekstur yang lembut seperti sutera. Sifat salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini tak kenal takut kerap membuatnya terlihat ganas dan agresif. Padahal, Chausie sebenarnya adalah kucing yang ramah dan bersahabat.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 14.000.000 sampai Rp 35.000.000.

14. American Bobtail

American bobtail adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Kucing jenis ini memiliki ciri ekor yang sangat pendek. Tak heran, jika mereka mendapat julukan 'bobtail'.

Meski begitu, salah satu jenis-jenis kucing peliharaan american bobtail ini memiliki ukuran yang lebih besar dari kucing biasanya. Kucing ini memiliki berat sekitar 3 sampai 7 kilogram. Ciri lain yang dimilikinya adalah mereka sangat lincah dan suka beraktivitas.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 9.000.000 sampai Rp 10.000.000.

15. British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan yang memiliki ukuran tubuh sedang sampai besar dengan berat badan sekitar 4–8 kg.

Kucing ini mempunyai bentuk kepala bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh. Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini memiliki berbagai variasi warna, yaitu gold, copper, odd-eyes, dan blue.

Di samping itu, salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini memiliki ciri khas bulu pendek yang sangat lebat. Biasanya, kucing ini harganya dibandrol dari Rp 10.000.000 sampai Rp 30.000.000.

16. Savannah

Savannah adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Kucing jenis ini memiliki penampilan mirip seperti cheetah. Savannah biasanya memiliki berat berkisar antara 6 hingga 13 kilogram. Panjang tubuhnya pun sekitar 40 sampai 46 sentimeter. Ukuran tersebut tentu jauh lebih besar dari kucing biasa.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan seperti Savannah merupakan hasil campuran antara kucing domestik Persia dan kucing besar (serval) Afrika. Tak heran, penampilannya pun mirip dengan kucing hutan. Kucing savannah memiliki sikap yang hampir mirip seperti anjing. Selain itu, mereka juga dikenal setia dengan pemiliknya.

Namun, kesetiaannya ini terkadang diartikan sebagai kewaspadaan dengan orang lain. Oleh karena itu, disarankan menyosialisasikan kucing savannah dengan orang lain atau hewan lain agar lebih mudah beradaptasi.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 300.000.000 sampai Rp 356.400.000.

17. Siberian

Siberian adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Siberian sering dijuliki sebagai kucing nasional dari Rusia karena sudah ada sejak seribu tahun lalu.

Penampilan siberian cat bisa dibilang sangat gagah dengan bulu lembut dan lebatnya. Berat tubuhnya bisa mencapai 4 hingga 7 kilogram. Sedangkan panjang tubuh salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini pun berkisar antara 40 sampai 60 sentimeter.

Harga salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibandrol dari Rp 14.000.000 sampai Rp 28.000.000.

18. Siam

Kucing siam adalah salah satu jenis-jenis kucing peliharaan. Ini  ras oriental yang biasa ditemukan di Thailand. Kucing ini memiliki corak yang unik yakni dengan mata biru, titik gelap dibagian wajah, tubuh ramping, ekor panjang, dan bulunya pendek.

Salah satu jenis-jenis kucing peliharaan ini dibagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu kucing siam tradisional, kucing siam klasik, dan kucing siam modern. Harganya sendiri bisa berkisar mulai ratusan hingga jutaan rupiah. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS