Sukses

14 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Atasi Penuaan

Kandungan dan manfaat buah kedondong bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah kedondong tidaklah sedikit. Di balik rasa asamnya yang khas, buah kedondong tidak hanya baik untuk menyegarkan tubuh, namun juga menjaga berbagai sistem tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan. Buah kedondong merupakan salah satu buah yang dapat dengan mudah ditemukan di Asia.

Buah kedondong merupakan buah tropis yang umumnya dikonsumsi sebagai lalapan, rujak dan campuran es buah. Mengandung banyak nutrisi dan vitamin, manfaat buah kedondong sangat baik untuk menyehatkan tubuh. Mulai dari menyehatkan jantung hingga kulit.

Manfaat buah kedondong bagi kesehatan juga didapat dari kandungannya yang kaya akan serat dan air, dimana dua kandungan ini sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Mengingat rasanya yang juga enak, mengonsumsi kedondong menjadi salah satu alternatif favorit yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat buah kedondong? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022) kandungan dan manfaat buah kedondong bagi kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Buah Kedondong

Buah kedondong memiliki nama latin Spondias dulcis  (syn. Spondias cytherea), umumnya dikenal juga sebagai buah ambarella, adalah pohon khatulistiwa atau tropis, dengan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki banyak lubang berserat. 

Buah ini memiliki banyak nama lain di seluruh dunia, salah satunya adalah kedondong di Indonesia, buah panjang di antara penduduk Cina di Singapura, apel cyther di Trinidad dan Tobago, Dominika, Guadeloupe, dan Martinique, plum Juni di Bermuda dan Jamaika. Dan masih banyak lagi.

Terkenal karena mengandung banyak nutrisi, setidaknya di dalam 100g buah kedondong, terkandung sekitar 40 kalori dan beragam nutrisi sebagai berikut:

- 0,1 g lemak

- 2,8 mg zat besi

- 15 mg kalsium

- 65 mg fosfor

- 230 IU vitamin A

- 1 g protein dan serat

- 12 g karbohidrat

- 30 mg vitamin C

Tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin diatas, buah kedondong juga mengandung vitamin B serta antioksidan flavonoid dan polifenol. Hal ini membuah buah kedondong juga akhirnya mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antikanker.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kedondong

1. Meningkatkan Fungsi Jantung

Manfaat buah kedondong yang pertama adalah meningkatkan fungsi jantung. Kaya akan antioksidan glikosida jantung. Senyawa tanaman ini membantu menjaga tingkat tekanan darah normal, sehingga mencegah risiko hipertensi atau hipotensi. Mereka juga memungkinkan kelancaran aliran nutrisi melalui pembuluh darah, mencegah penyumbatan kolesterol LDL buruk di arteri, sehingga secara efektif menjaga penyakit jantung.

 

2.  Meningkatkan Imunitas

Kaya akan kandungan vitamin C, Kedondong sangat baik untuk menjaga mekanisme pertahanan dalam tubuh. Makan buah kedondong dapat membantu sintesis sel darah putih yang sehat, yang mana hal ini diperlukan untuk memerangi serangan dari infeksi di dalam tubuh. Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi dalam aliran darah, yang penting untuk sintesis sel darah merah yang sehat serta mencegah anemia dan kelelahan.

 

3. Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Kedondong kata akan antioksidan bermanfaat seperti flavonoid, terpenoid dan tanin. Ini bekerja secara sinergis untuk mendorong pencernaan yang mudah, selain mengobati sejumlah keluhan gastrointestinal umum seperti kembung, gangguan pencernaan dan perut kembung. Waktu terbaik untuk makan kedondong adalah sebelum sarapan atau makan siang yang berat, untuk membantu mengaktifkan cairan lambung di perut dan memfasilitasi asimilasi makanan yang lancar.

 

4. Meningkatkan Penglihatan

Memiliki jumlah vitamin A yang berlimpah, buah kedondong dapat dikonsumsi secara teratur sebagai bagian dari diet untuk membantu meningkatkan penglihatan yang sehat pada anak-anak dan orang dewasa. Mengolahnya menjadi jus, menambahkan beberapa irisan ke salad atau langsung makan buah kedondong secara teratur, dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan masalah penglihatan lainnya di tahun-tahun berikutnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kedondong

5. Memerangi Infeksi Kulit

Manfaat buah kedondong yang selanjutnya adalah mengatasi infeksi kulit. Antimikroba dalam buah ambarella mengatasi kondisi kulit umum seperti kekeringan, psoriasis, rosacea dan lecet dan luka lainnya. Selain itu, antioksidan dalam kedondong juga merangsang sintesis kolagen, sehingga memperlambat penuaan dan mengurangi kerutan serta garis-garis halus.

 

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Kalsium dan fosfor dalam buah ambarella menjaga tulang tetap sehat dengan menyediakan jaringan keras untuk dukungan dan mobilitas. Kalsium memperkuat enamel pada gigi untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh mengunyah, menggiling, dan suhu ekstrim.

 

7. Mencegah penuaan dini 

Kedondong memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan akibat radikal bebas, racun, atau polutan. Dimana telah diketahui bahwa radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

 

8. Mengontrol kadar kolesterol

Selain anti penuaan, vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong juga membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin berimplikasi pada kadar kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Jadi buah kedondong ini bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol anda.

 

9. Meningkatkan daya tahan. 

Buah kedondong mengandung gula yang disimpan sebagai sukrosa. Kebanyakan atlet membutuhkan karbohidrat alami ini dalam diet mereka untuk bertindak sebagai sumber bahan bakar cepat selama pelatihan latihan ketahanan. Dengan mengonsumsi buah kedondong yang mengandung gula, daya tahan tubuh pun akan meningkat walau melakukan aktivitas yang berat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kedondong

10. Mengatasi anemia 

Kandungan zat besi dalam 100 gram kedondong hingga 30 miligram, dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, ternyata buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta mencegah anemia.

 

11. Sebagai antioksidan 

Berkat kandungan Vitamin A yang tinggi maka buah kedondong dapat berperan sebagai  antioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Tentunya kedua jenis vitamin ini sangat aktif sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas dari oksidasi tubuh maupun polusi dari luar.

 

12. Mengobati batuk

Kedondong sangat efektif dalam menyembuhkan batuk. Parut 3 buah kedondong, lalu peras dan tambahkan sejumput garam ke dalam jus dan konsumsi tiga kali sehari. Anda juga dapat menggunakan ekstrak dari daunnya untuk mengobati batuk. Rebus 3-4 lembar daun segar pohon Spondias dulcis dalam dua gelas air. Biarkan selama beberapa menit. Saring ramuan tersebut dan minumlah. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya.

 

13. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kedondong rendah lemak, karbohidrat dan tinggi serat makanan. Meskipun buahnya rendah kalori, buah ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi, ini adalah buah yang ideal untuk menurunkan berat badan. Kandungan air pada buah memberikan rasa kenyang dan juga mencegah makan berlebihan.

 

14. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat buah kedondong yang terakhir adalah meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini memiliki vitamin C yang baik yang membantu dalam perbaikan jaringan dan memberi nutrisi pada kulit. Ini meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kecantikan kulit. Kedondong juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.