Sukses

22 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Umum Terjadi, Telat Haid dan Morning Sickness

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri hamil muda sering tak disadari oleh kebanyakan wanita, dikarenakan rasa sakit yang muncul seperti kram perut, juga dialami saat menstruasi. Adanya tanda utama kehamilan yang paling umum terjadi adalah siklus menstruasi secara dua periode berturut-turut terlambat. 

Namun, ada juga beberapa wanita yang tidak mendapatkan siklus menstruasi karena perubahan hormon, mengonsumsi pil KB, pola hidup yang tidak sehat, serta mengalami tekanan mental. Oleh karena itu, ciri-ciri hamil muda tak hanya berpatokan kepada siklus menstruasi, namun bisa terjadi karena faktor lainnya seperti morning sickness, perubahan suasana hati yang cepat, hingga payudara yang mengalami perubahan juga menjadi sensitif. 

Ciri-ciri hamil muda juga bervariasi, sehingga tak semua wanita mengalami gejala yang sama. Seorang wanita mungkin mengalami setiap gejala umum, namun hanya sebagian kecil. Untuk lebih mendapatkan hasil yang pasti dan jelas, maka Anda bisa melakukan tes secara mandiri, atau bahkan mendatangi layanan kesehatan untuk hasil yang lebih jelas.

Berikut ini ciri-ciri hamil muda yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda

1. Telat Datang Bulan

Ciri-ciri hamil muda yang sering dialami oleh kebanyakan wanita, adalah siklus mestruasi yang telat. Saat Anda telat datang bulan, akan besar kemungkinan siklus menstruasi telat empat minggu setelah proses pembuahan. Setelah implantasi selesai, maka tubuh akan memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG) di mana hormon ini, membantu tubuh menjaga kehamilan. Saat itulah, maka ovarium akan berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan, yang umumnya dikenal dengan menstruasi.

2. Morning Sickness

Ciri-ciri hamil muda selanjutnya yang sering dialami oleh kebanyakan ibu hamil adalah morning sickness, di mana wanita akan merasa mual saat pagi hari. Umumnya bagi wanita, ini adalah suatu tanda kehamilan yang paling awal. Morning sickness bahkan bisa terjadi pada 80 persen dari semua wanita hamil.

3. Meriang

Ciri-ciri hamil muda selanjutnya adalah kondisi tubuh yang meriang, serta memicu sakit kepala, kembung, hingga hidung tersumbat. Meriang memiliki kaitan erat dengan gejolak hormon yang dialami oleh tubuh. Tidak hanya sakit kepala, adanya perubahan hormon selama awal kehamilan, biasanya memicu perut menjadi kembung. Kembung yang dirasakan mirip dengan kembung selama masa menstruasi disertai sembelit.

4. Payudara Terasa Sensitif

Ciri-ciri hamil muda juga bisa diketahui karena ukuran payudara yang semakin besar, disertai rasa sensitif jika disentuh. Tanda kehamilan, biasanya Anda akan merasakan payudara lebih mudah sensitif dari biasanya. Ini biasanya juga terjadi pada saat sebelum memasuki siklus menstruasi. Namun saat payudara terasa sensitif, tidak hanya bisa dijadikan patokan mendeteksi tanda awal kehamilan, sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan lanjut untuk memastikannya. 

 

 

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda

5. Mengalami Flek

Ciri-ciri hamil muda juga bisa ditandai dengan munculnya flek, di mana kondisi ini terjadi karena efek dari proses pembuahan. Flek ini akan muncul saat hari ke 10 hingga 14 saat terjadinya proses pembuahan, sehingga frekuensi flek yang muncul tidak terlalu banyak dan hanya beberapa tetes darah. Durasi waktu terjadinya flek tidak lebih dari 3 hari, karena itu Anda perlu melakukan pemeriksaan mandiri di rumah untuk memastikan, atau kunjungi layanan kesehatan. 

6. Keputihan Banyak

Ciri-ciri hamil muda juga bisa muncul keputihan, namun lebih banyak dari biasanya. Keputihan bisa menjadi ciri hamil namun dalam kondisi sehat, sehingga Anda tak perlu khawatir secara berlebihan. Perlu Anda ketahui bahwa keputihan yang sehat memiliki warna yang khas seperti susu, hingga cairan keputihannya tidak encer. Keputihan ini akan Anda alami semakin banyak, ketika mendekati proses persalinan.

7. Heartburn

Ciri-ciri hamil muda yang bisa Anda alami, adalah heartburn yang terjadi karena hormon selama kehamilan. Kondisi ini berlangsung diantara katup perut dan kerongkongan, sehingga daerah ini akan menjadi rileks selama kehamilan yang menyebabkan mulas. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini maka Anda harus menjaga pola makan setiap harinya. Selalu hindari minuman yang mengandung soda, buah jeruk, dan makanan pedas lainnya. 

8. Mood Swing

Ciri-ciri hamil muda yang sering terjadi dan cukup populer dikalangan ibu hamil adalah perubahan suasana hati. Anda tak perlu khawatir, karena kondisi ini tak berdampak buruk bagi kesehatan janin, namun dapat mempermainkan emosi wanita. Wanita akan merasa luar biasa emosional, baik itu bahagia, marah, atau bahkan sering merasa sedih. 

 

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda

9. Merasakan Kram Perut

Ciri-ciri hamil muda yang juga terjadi ketika Anda sedang mengandung adalah perut yang terasa kram. Kondisi ini biasanya terjadi pada area perut, dan rasa sakitnya mirip dengan wanita yang sedang mengalami menstruasi. Karena mirip dengan menstruasi, maka kebanyakan wanita tidak menyadarinya. Namun jika ragu, maka Anda bisa mengunjungi layanan kesehatan untuk memastikannya. 

10. Merasakan Mual

Ciri-ciri hamil muda yang umum terjadi adalah mual, di mana hal ini menjadi wajar karena dipicu oleh hormon. Rasa mual ini bisa terjadi setelah tiga minggu dari proses pembuahan, dan bahkan memiliki gejala yang ringan hingga berat. Tak hanya dialami oleh wanita yang hamil muda, namun saat berada di trimester akhir, rasa mual sering terjadi namun tak separah saat awal kehamilan. 

11. Nafsu Makan Berubah

Ciri-ciri hamil muda yang muncul adalah nafsu makan yang berubah, di mana saat mengandung minggu pertama, maka perubahan nafsu makan bisa terjadi, baik itu mengalami peningkatan, penurunan, atau bahkan tidak selera makan. Perubahan nafsu makan, sering terjadi karena morning sickness. Namun hal ini tak menjadi patokan, sehingga mengunjungi layanan kesehatan atau melakukan tes mandiri adalah metode yang tepat. 

 

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda

Selain itu, ada juga beberapa ciri-ciri hamil muda yang dialami wanita, ketika sedang mengandung adalah:

- Ciri-ciri hamil muda juga dapat memicu suhu tubuh menjadi meningkat, atau yang dikenal dengan suhu tubuh basal

- Ciri-ciri hamil muda, juga membuat Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah karena ligamen yang longgar. 

- Selanjutnya payudara juga terasa lebih penuh, atau lebih berat dari biasanya, di mana areola menjadi lebih gelap dari biasanya. 

- Gampang merasa sensitif, juga mengalami ngidam.

- Ciri-ciri hamil muda selanjutnya, Anda akan merasa sesak napas, dikarenakan gejolak hormon progesterone yang menstimulasi otak. 

- Mudah mengalami nyeri dari punggung hingga bagian perut.

- Menjadi cepat lelah, karena perubahan hormon yang terjadi saat berada dalam masa kehamilan. 

- Ciri-ciri hamil muda selanjutnya yang bisa Anda alami adalah mudah merasakan pusing, karena tekanan darah yang rendah saat awal kehamilan. 

- Ciri-ciri hamil muda berikutnya yang bisa dialami saat awal kehamilan, mudah sakit kepala karena hormon yang memicu kadar gula dalam darah rendah.

-Ciri-ciri hamil muda selanjutnya juga membuat produksi urine jadi meningkat, sehingga Anda menjadi sering buang air kecil saat awal kehamilan.

- Ciri-ciri hamil muda selanjutnya yang bisa dialami adalah mudah merasa haus, yang biasanya muncul bersamaan dengan perubahan nafsu makan. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS