Sukses

10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat

Kumpulan cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa dilakukan dengan cepat menggunakan perawatan rumahan saja. Bruntusan bukan masalah kulit wajah serius dan bruntusan ini tidak menular. Akan tetapi, bruntusan berisiko menimbulkan rasa gatal dan ruam.

Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat? Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, ada sepuluh cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa dicoba. Mulai dari menggunakan tea tree oil, es, masker kunyit, memperhatikan pola makan, hingga lebih aktif secara fisik.

Selain menerapkan perawatan rumahan, cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat pun penting untuk menghindari penyebabnya. Jaga kebersihan wajah karena penyebab bruntusan ini kotoran yang tersumbat di pori-pori. Jerawat, komedo, kulit kering, dan milia akan muncul, lalu menyebabkan bruntusan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sepuluh cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat, Selasa (25/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat

1. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat menggunakan tea tree oil sangat direkomendasikan. Mengapa tea tree oil akan berhasil? 

Health Line menjelaskan tea tree oil dikenal memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Inilah mengapa minyak pohon teh cocok sebagai obat rumah topikal untuk berbagai masalah di kulit wajah.

2. Probiotik

Ada hubungan erat antara kesehatan kulit dan kesehatan usus. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat dengan memperhatikan konsumsi makanan probiotik bisa dicoba.

Apa probiotik yang bisa dikonsumsi sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat? Health Line menyarankan untuk mendapatkan probiotik dengan makan yogurt, kimchi, sayuran, kefir, dan makanan lain yang dikatakan mengandung bakteri sehat.

3. Masker Kunyit

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat menggunakan masker kunyit. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga agak mengental untuk membuatnya menjadi masker terlebih dahulu.

Kemudian oleskan larutan bubuk kunyit ini ke area yang ditumbuhi jerawat batu. Biarkan kira-kira 45 menit, lalu bilas dengan air sampai wajah bersih. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat ini direkomendasikan Health Line dilakukan dua kali sehari.

4. Es

Cobalah cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat menggunakan es. Mengapa ini akan berhasil? Health Line menjelaskan es cukup efektif dalam mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan kemerahan.

Ini yang menjadikannya cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat dan berbagai masalah di kulit wajah lain. Praktik ini direkomendasikan tiga kali sehari.

5. Cuka

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat menggunakan cuka. Mengapa ini akan berhasil? Cuka dikenal memiliki sifat antibakteri yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat.

Health Line merekomendasikan menggunakan pembersih cuka putih encer pada kulit sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi bruntusan.

Pengenceran yang disarankan biasanya sekitar 2 tutup penuh cuka dicampur dengan sekitar 3 cangkir air murni. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mengoleskan cuka ke kulit. Ini karena cuka dapat menyebabkan iritasi.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat

6. Pola Makan

Pola makan sangat memengaruhi kesehatan kulit wajah. Health Line menyarankan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat, seperti menghindari konsumsi produk susu, termasuk susu, keju, yogurt. Lakukan diet ini selama 3 minggu, kemudian pantau kulit wajah.

Apabila dalam 3 minggu tidak ada bruntusan baru yang muncul, itu merupakan indikasi bahwa produk susu adalah pemicu atau penyebab bruntusan atau jerawat lain. Selain susu, ahli pun merekomendasikan untuk menghindari konsumsi gula rafinasi untuk pemulihan yang lebih cepat.

7. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka, ini baik untuk pemulihan wajah bruntusan.

L.O Orafidiya, dkk, dalam studi yang diterbitkan International Journal of Aromatherapy tahun 2004, menjelaskan semakin tinggi konsentrasi lidah buaya dalam lotion, maka semakin efektif dalam mengurangi jerawat termasuk bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat:

- Kerok gel dari daun lidah buaya atau produk gel lidah buaya (lidah buaya murni)

- Oleskan gel ke kulit wajah (bisa campur dengan perawatan jerawat lain)

- Paling tidak, terapkan sebanyak 1-2 kali per hari

8. Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis ampuh mengatasi masalah bruntusan di wajah. Studi tahun 2017 yang dipublikasikan National Institutes of Health, ditemukan ada kombinasi baik antara madu dan ekstrak kulit kayu manis.

Keduanya terbukti efektif menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat. Ini karena madu dan kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap P. acnes.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat:

- Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis

- Oleskan ke wajah bruntusan sebagai masker

- Biarkan selama 10-15 menit

- Bilas wajah sampai bersih sambil tepuk wajah dengan lembut hingga kering

9. Teh Hijau

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat menggunakan teh hijau. Senji Sakanaka, dkk dalam studi tahun 2000 menemukan teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal bisa membantu melawan peradangan dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) teh hijau cukup tinggi. Inilah yang menjadikannya ampuh menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat. Kandungan ini terbukti mampu melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit berjerawat.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat:

- Seduh teh hijau dengan air mendidih selama 3-4 menit, tunggu dingin

- Oleskan ke wajah di area bruntusan dengan kapas atau semprotkan

- Biarkan selama 10 menit atau semalaman

- Bilas wajah dengan air

- Direkomendasikan menerapkannya 1-2 kali sehari secara rutin

10. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat yang wajib dicoba. Chiu-Ling Yang dan Chung-Hey Chenmana melakukan studi pada tahun 2018, terbukti olahraga bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Kedua masalah ini sangat berdampak pada kesehatan kulit wajah, termasuk mengatasi atau menghilangkan masalah bruntusan.

Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan orang dewasa baiknya berolahraga atau melakukan dua jenis aktivitas fisik setiap minggu selama 150 menit. Misalnya, berjalan, berlari, mengangkat beban dan hiking.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.