Sukses

18 Tempat Wisata di Sumedang Paling Favorit, Hits dan Instagramable

Tempat wisata di Sumedang yang indah, wajib dikunjungi bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Sumedang adalah sebuah Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Barat. Selain memiliki kuliner yang enak, tempat wisata di Sumedang juga layak dikunjungi saat Anda ingin menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan bersama keluarga. Anda juga bisa mengeksplor keindahan alam di beberapa tempat wisata, baik itu curug, gunung, museum, hingga desa wisata yang indah juga menawan.

Wilayahnya yang didominasi oleh pegunungan dan sedikit dataran rendah, membuat banyak Tempat wisata di Sumedang yang berhawa sejuk juga asri. Oleh karena itu, Kota Sumedang menjadi alternatif yang cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga. Pihak pengelola wisata juga menyediakan fasilitas yang memadai, sehingga pengunjung tak akan kesusahan saat ingin mengeksplor wisata di Sumedang.

Tempat wisata di Sumedang selain memiliki fasilitas yang memadai, suasana alam yang masih sangat asri menjadikan destinasi wisatanya cocok untuk melepas penat. Namun bagi Anda yang menyukai aktivitas memacu adrenalin, maka wisata di Sumedang adalah pilihan terbaik. 

Berikut ini tempat wisata di Sumedang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Sumedang

1. Curug Gorobog

Curug Gerobog terletak di Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tempat ini memiliki akses selama 24 jam, sehingga pengunjung bisa mampir ke sini kapanpun. Tempat wisata ini memiliki keindahan yang sangat eksotis, dengan tiga aliran air terjun di antara lebatnya pepohonan di sekitarnya. Keberadaan Curug Gorobog yang berada di kaki Gunung Goong, membuat udara di sekitar curug terasa sangat sejuk, aliran airnya juga sangat jernih. 

2. Curug Ciputrawangi

 Destinasi wisata ini, akan sangat cocok menjadi tempat untuk rehat sejenak dari banyaknya aktivitas sehari-hari. Terletak di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang, Jawa Barat membuat siapapun memiliki akses masuk ke tempat ini. Lokasinya yang b erada di kaki Gunung Tampomas, menjadikan spot terbaik para pendaki untuk beristirahat sejenak sambil menghilangkan dahaga.

3. Curug Sabuk

Curug Sabuk atau yang dikenal dengan Curug Cilengkrang adalah sebuah curug yang berada persis di lereng Gunung Ceremai dengan ketinggian sekitar 20 meter. Memiliki air terjun yang mengalir lurus di atas sebuah tebing batu, curug ini juga penuh dengan tumbuhan yang masih lebat di kiri dan kanannya. Curug ini masih jarang dikunjungi, sehingga saat berada di sini, pemandangan asri akan memanjakan mata juga pikiran. 

4. Curug Buhud

Curug Buhud, atau ada pula yang menyebutnya Curug Buhud. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat keindahan alam yang tak terkira, eksotis juga menawan. Curug ini juga memiliki bentuk yang melebar ke samping, sehingga secara sekilas akan terlihat seperti Niagara Falls. Curug ini juga memiliki lebar sekitar 30 meter lebih dan tingginya sekitar 6 meter. Di sekitarnya terdapat bebatuan dengan bentuk beragam serta posisi yang tak beraturan, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai latar foto. 

5. Air Terjun Kembar Curug Cinulang

Terletak di Cicalengka Sindangwangi, Sindulang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, membuat destinasi wisata ini, sebagai tempat favorit wisatawan karena memiliki 2 air terjun yang mengalir berdampingan. Area di sekitar air terjun ini juga masih sangat tenang, dihiasi oleh pemandangan alam yang dapat menenangkan hati. 

6. Arung Jeram Pangcalikan

Tempat wisata di Sumedang yang sangat cocok bagi pengunjung, yang suka dengan aktivitas memacu adrenalin adalah Arung Jeram Pangcalikan. Tempat ini memiliki lokasi di Sungai Cipeles, Desa Citepus, Sumedang, Jawa Barat. Saat berada di sini, pengunjung bisa untuk mencoba wahana yang cocok untuk memacu adrenalin yaitu arum jeram. Pengunjung akan diajak untuk merasakan suasana petualangan melewati arus deras sungai cipelas dengan pemandangan indah di sekelilingnya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Sumedang

7. Wisata Mata Air Sirah Cipelang

Tempat wisata di Sumedang yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Mata Air Sirah Cipelang. Tempat ini memiliki bentuk kolam, di mana air kolamnya berasal dari mata air sebuah bukit yang memiliki pepohonan yang rimbun. Wisata Mata Air Sirah Cipelang adalah sebuah kolam mata air alami yang dapat dimanfaatkan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air dengan suasana alam yang sejuk. Terletak di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, membuat pengunjung akan mudah untuk mengakses tempat ini. 

8.  Mata Air Cikandung

Tak jauh berbeda dengan wisata sebelumnya, tempat ini berbentuk kolam penampungan dari sebuah mata air yang berasal dari pohon-pohon besar yang berada di balik bebatuan besar. Kolam penampungan dari Mata Air Cikandung tak begitu besar, namun saat berada di sini, pengunjung akan disuguhkan air kolam yang sangat bening bahkan kita dapat melihat apa yang ada di dalam kolam tersebut. Tempat wisata indah dan menawan ini, terletak di Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

9. Wisata Air Gajah Depa

Tempat wisata indah ini, memiliki konsep waterpark, yang disuguhi dengan berbagai macam wahana air seperti water ball, water capsule, hand boat spiral slide hingga spill bucket. Bagi pengunjung yang ingin ke sini, lokasinya tepat berada di Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

10. Nangorak Camp

Bagi pengunjung wisata, tersedia paket kegiatan lengkap yang bisa digunakan oleh pengunjung. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai, baik itu ketika memancing, camping di alam terbuka, beternak hingga menanam. Wisata ini memiliki lokasi tepat di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

11. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Tempat wisata di Sumedang ini selain memiliki pemandangan alam yang indah, saat berada di sini pengunjung dapat terbang dengan paralayang dengan kecepatan hingga 930 mdpl dan melihat indahnya pemandangan Kota Sumedang. Tempat ini berlokasi di Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

12. Balong Geulis

Tempat wisata di Sumedang yang terbaru juga instagramable adalah Balong Geulis, dengan nuansa tempat yang menawarkan konsep berenang di atas awan dengan dikelilingi keindahan alam sumedang. Selain itu area Balong Geulis juga memiliki banyak spot foto sehingga bisa mempercantik feeds instagram Anda. Tempat ini terletak di Dusun Cibubur, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Sumedang

13. Waduk Jatigede

Uniknya lagi, waduk ini adalah bendungan terbesar ke dua di Indonesia. Sejak mulai dioperasikan sejak tahun 2017 lalu, Waduk Jatigede menjadi destinasi wisata alam yang paling diminati, meskipun harus ada pengorbanan dari beberapa wilayah yang harus ditenggelamkan. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat sisa-sisa bangunan dari daerah yang ditenggelamkan ketika surut. Wisata ini berlokasi tepat di Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

14. Perkebunan Teh Margawindu

Tempat ini terletak di Citengah Sumedang Jawa Barat, sehingga pengunjung membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Sumedang. Saat berada di sini, maka hamparan pemandangan hijau perkebunan teh yang membentang luas, dapat pengunjung nikmati guna menyegarkan pikiran. 

15. Taman Hutan Raya Gunung Kunci

Wisata Sumedang ini, membuat pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang menawan, juga sekalian ikut menjelajahi situs sejarah berupa bunker yang pernah digunakan sebagai penjara untuk tawanan perang. Tempat wisata ini terletak di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

16. Puncak Damar Baros

Saat berada di sini, maka pengunjung dapat menikmati pemandangan indah berupa waduk yang dikelilingi oleh perbukitan yang memanjakan mata. Selain itu pengunjung juga bisa melihat area camping di sekitar waduk. Destinasi ini berlokasi di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

17. Kampung Ciherang

Tempat wisata di Sumedang yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Kampung Ciherang, di mana ketika Anda berkunjung ke sini, maka bisa menyaksikan pesona alam indah juga hutan pinus di sekelilingnya. Setelah terkenal di media sosial, Kampung Ciherang kerap dipadati pengunjung. Tempat ini terletak di Cijambu, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. 

18. Gunung Kunci

Tempat wisata di Sumedang yang cukup populer juga terkenal adalah Gunung Kunci. Tempat dengan kawasan bukit kecil ini, memiliki lokasi yang tak jauh dari Alun-alun Kota Sumedang. Tepatnya berjarak kurang lebih 250 meter sebelah barat alun-alun. Tempat ini dulunya adalah benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda, di mana terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsinya masing-masing. Pengunjung yang datang juga bisa melihat peninggalan sejarah yang indah juga memesona. Tempat wisata ini berlokasi di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.