Sukses

Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan dan Iklan Produk

Simak contoh teks persuasif singkat yang diadaptasi dari iklan produk dan iklan layanan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang pasti pernah terpapar iklan, baik iklan di televisi, radio, layanan streaming, maupun media sosial. Dari banyaknya iklan tersebut, kita bisa menemukan contoh teks persuasif.

Selain dari iklan, contoh teks persuasif juga banyak ditemukan dalam banyak penyuluhan baik itu tentang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya.

Lalu apa itu teks persuasif? Secara sederhana, teks persuasif adalah teks yang memiliki tujuan untuk mengajak, mengimbau, atau meminta pendengar, pembaca, atau audiens untuk melakukan sesuatu.

Kata-kata dalam iklan dan yang disampaikan dalam sebuah penyuluhan merupakan sebagian kecil dari contoh teks persuasif. Lebih dari itu ada banyak lagi contoh teks persuasif yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih memahami apa itu teks persuasif, berikut pengertian, struktur, dan contoh teks persuasif, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Persuasif

Teks persuasif adalah teks yang berisi paparan berdaya bujuk, berdaya ajak, ataupun berdaya imbau. Paragraf persuasif bertujuan untuk membangkitkan ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti imbauan implisit maupun eksplisit yang dilontarkan penulis.

Imbauan implisit adalah ajakan yang dilakukan secara tersirat, terkandung halus, dan tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan. Sedangkan, imbauan eksplisit adalah ajakan yang dilakukan secara gamblang, tegas, terus terang, tidak berbelit-belit sehingga orang menangkap maksudnya dengan mudah dan tidak mempunyai gambaran yang kabur atau salah.

Sementara itu menurut Muhammad Yunus dan Suparno, teks persuasif adalah karangan yang ditujukan untuk memengaruhi sikap dan pendapat pembaca mengenai sesuatu hal yang disampaikan penulisnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa paragraf persuasif adalah teks apa pun di mana tujuan utamanya adalah untuk menyajikan sudut pandang dan berupaya membujuk pembaca.

3 dari 6 halaman

Struktur Teks Persuasif

Seperti halnya jenis teks lainnya, teks persuasif ditulis dalam bentuk atau struktur tertentu. Umumnya struktur teks persuasif terdiri atas pengenalan isu, rangkaian argumen, ajakan, dan penegasan.

Pengenalan isu

Pengenalan isu ini berupa pengantar atau awalan pada teks di paragraf pertama, yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan menjadi pembahasan teks persuasif.

Argumen

Di bagian selanjutnya terdapat argumen. Argumen ini berisi tentang pendapat atau teori mengenai isu yang telah diangkat sebelumnya. Jika teks persuasif digunakan dalam iklan, biasanya bagian ini juga bisa digunakan untuk memaparkan keunggulan produk dibandingkan produk lain serupa.

Ajakan

Paragraf ini berisi pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan ini dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks. Jika teks persuasif merupakan sebuah iklan, bagian ini bisa digunakan untuk mengajak calon pelanggan untuk membeli, berlangganan, atau mengikuti akun media sosial.

Penegasan Kembali

Penegasan kembali ini bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya. Tujuannya agar audiens semakin yakin.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Teks Persuasif

Teks persuasif merupakan jenis teks yang berbeda dari jenis teks lainnya. Hal yang membedakan teks persuasif dengan teks lainnya dapat dilihat dari ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri teks persuasif adalah sebagai berikut.

1. Berisi Data dan Fakta

Ciri-ciri teks persuasif yang pertama adalah berisi data dan fakta. Hal ini disebabkan karena tujuan utama dari teks persuasif sendiri adalah untuk memengaruhi pembaca. Jadi, data dan fakta tersebut sangat penting perannya sebagai alasan-alasan yang kuat dalam mendukung isi dari tulisan.

2. Argumen Harus Meyakinkan Pembaca

Salah satu tujuan dari teks persuasif adalah untuk meyakinkan pembaca. Teks ini berusaha meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis. Oleh karena itu, tulisan ini biasanya menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif (jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu).

3. Berisi Kata-Kata Bujukan

Pengertian teks persuasif sendiri adalah sebuah teks yang bersifat membujuk, tentunya isinya juga adalah kata-kata bujukan. Teks ini banyak menggunakan kata-kata bujukan dan kata kerja imperatif seperti ayo, mari, lakukanlah, penting, harus, sepantasnya, jadikanlah, hendaknya, waspadalah, dan lain-lain.

Selain itu, teks persuasif biasanya juga menggunakan kata-kata teknis atau istilah yang berkaitan dengan topik yang dibahas.

4. Menghindari Konflik

Teks persuasif juga memiliki ciri-ciri lainnya, yaitu menghindari konflik. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan pembaca. Pendapat ataupun fakta digunakan dalam teks persuasif bertujuan untuk memengaruhi pembaca supaya mengikuti ajakan-ajakannya.

Demikian adalah struktur dan ciri-ciri teks persuasif. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas berikut adalah sejumlah contoh teks persuasif untuk berbagai tujuan.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Tema Kesehatan

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi, mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit, karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah disekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi, maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Hal itu berlaku sebaliknya, apabila enggan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Iklan Susu

Padatnya aktivitas anak seharian ternyata membutuhkan energi yang sama dengan energi yang dibutuhkan untuk lari maraton. Lengkapi sarapannya dengan susu sehat. Susu sehat memiliki rasa yang nikmat yang didukung dengan nutrisi tambahan berupa vitamin dan mineral. Lengkapi sarapan dengan susu sehat!

Contoh Teks Persuasif Iklan Provider Seluler

Memenuhi kebutuhan internet keluarga memang sulit. Masing-masing punya kebutuhan yang berbeda, dan harus mengisi pulsa satu-satu. Namun sekarang memenuhi kebutuhan internet keluarga jadi lebih mudah setelah ada paket internet keluarga. Cukup satu paket untuk semua anggota keluarga. Aktifkan paketnya sekarang juga!

Contoh Teks Persuasif Iklan Layanan Masyarakat

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Penularan virus corona masih menghantui. Lebih dari dua juta masyarakat terkonfirmasi positifi covid-19. Masih ada ratusan ribu kasus aktif. Lindungi diri, keluarga, dan orang sekitar. Jangan kendor, tetap gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, dan kurangi mobilitas. Ayo cegah penyebaran covid-19 dengan taat prokes!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.